x

Liverpool Mau Renovasi Anfield Fans Siap-siap Menangis di Bursa Transfer

Sabtu, 15 Juli 2023 20:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Proyek Liverpool untuk peremajaan stadion mereka, Anfield, sedikit banyak diperkirakan bakal mempengaruhi bujet di bursa transfer musim panas 2023.

INDOSPORT.COM - Proyek Liverpool untuk peremajaan stadion mereka, Anfield, sedikit banyak diperkirakan bakal mempengaruhi bujet di bursa transfer musim panas 2023.

Dilaporkan oleh Liverpool Echo, Fenway Sports Group (FSG) selaku pemilik The Reds telah mengalokasikan 80 juta Pounds atau lebih dari 1 triliun Rupiah untuk renovasi tribun.

Rencananya Anfield akan diberi tambahan kapasitas dari yang tadinya 53.000 menjadi sekitar 61.000 penonton yang bakal rampung dalam waktu dekat.

Ini adalah kali kedua FSG merogoh kantong mereka dalam-dalam demi mendongkrak volume pengunjung Anfield.

Pada 2016 lalu perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga sudah mengeluarkan 120 juta Pounds untuk memberikan area tribun utama tambahan 9000 tempat duduk.

Baca Juga

Seringkali perawatan infrastruktur dianggap sebagai ancaman pada dana bursa transfer sebuah klub namun fans Liverpool tidak perlu cemas.

Masih dari Liverpool Echo, FSG melakukan renovasi justru untuk menambah pemasukan untuk klub. Semakin banyak tiket yang bisa dicetak, semakin banyak pula cuan yang dapat dipanen.

Baca Juga

Penambahan kualitas servis yang juga masuk dalam anggaran pembenahan Anfield diharapkan bisa membuat laba Liverpool meroket. FSG mentargetkan sebanyak 100 juta Pounds bisa diraup sepanjang 2023/2024 mendatang hanya dari bisnis stadion.

FSG memang royal perihal peremajaan stadion dalam sepak terjang mereka di dunia olahraga. Klub lain yang berada di bawah naungan firma tersebut seperti Boston Red Sox (bisbol) dan Pittsburgh Penguins (hoki es) juga mendapat perlakuan yang sama.

Red Sox dan Penguins juga mendapatkan jatah sejumlah renovasi dalam kurun dua dekade terakhir yang bertujuan menambah kapasitas dan juga fasilitas.

Baca Juga

1. Liverpool Masih Royal di Pasar Pemain

Pemain baru Liverpool, Alexis Mac Allister. (Foto: liverpoolfc.com)

Satu lagi alasan yang membuat fans Liverpool semakin tenang dengan proyek pembenahan Anfield adalah bagaimana Si Merah masih bisa bebas belanja di butrsa transfer kali ini.

Hanya sekitar dua pekan setelah pasar pemain resmi dibuka mereka sudah meresmikan kedatangan dua gelandang kaliber top, Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai.

Mac Allister direkrut dari Brighton & Hove Albion seharga 35 juta Pounds sementara Szoboszlai diangkut dari RB Leipzig usai klausul rilisnya yang berharga 60 juta Pounds ditebus.

Pembelian mereka membuat Liverpool menjadi klub Liga Inggris terboros sejauh ini di bursa transfer musim panas 2023.

Hanya Tottenham Hotspur yang sudah mengeluarkan lebih banyak biaya untuk mendatangkan pemain dengan total belanja 120 juta Pounds.

Baca Juga

Akan tetapi belum ada tanda-tanda jika Liverpool puas dengan kedatangan Mac Allister dan Szoboszlai saja.

Manajer Jurgen Klopp ditenggarai masih mengincar lebih banyak pemain mengingat memang ada sejumlah pos yang perlu ditambal.

Baca Juga

Di lini belakang ada nama Levi Colwill yang jadi bidikan setelah musim lalu tampil oke sebagai pinjaman bersama Brighton dari Chelsea.

Untuk lini sentral masih ada Moises Caicedo yang diharapkan bisa mendarat apabila Jordan Henderson dan Fabinho jadi pergi.

Barisan penyerang juga mungkin bisa kedatangan awak baru. Liverpool masih jauh dari kata selesai di bursa transfer tanpa terhalang biaya pembenahan Anfield.

Rekap Bursa Transfer Liverpool

Berikut rekap lengkap bursa transfer Liverpool untuk menghadapi musim 2023-2024:

Pemain Masuk:

    Alexis Mac Allister (dari Brighton)
    Sepp van den Berg (kontrak pinjaman di FC Schalke 04 berakhir)
    Dominik Szoboszlai (dari RB Leipzig)

Pemain Keluar:

    Naby Keita (ke Werder Bremen, gratis)
    Roberto Firmino (tanpa klub)
    Alex Oxlade-Chamberlain (tanpa klub)
    James Milner (tanpa klub)
    Arthur Melo (kontrak pinjaman berakhir dan kembali ke Juventus)
    Fabio Carvalho (Dipinjamkan ke RB Leipzig).

* Sampai Sabtu (15/07/23)

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolAnfield StadiumLiga Inggris

Berita Terkini