x

Ada Persib dan PSM di Balik Kemenangan Asnawi Bersama Jeonnam Dragons

Senin, 17 Juli 2023 14:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

INDOSPORT.COM - Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam tampil 90 menit saat Jeonnam Dragons menang atas pemuncak klasemen sementara Liga 2 Korea Selatan, Gyeongnam FC di pekan ke-20 K-League 2, Minggu (17/07/23).

Pada laga kemarin sore di markas lawan, Asnawi turun sebagai starter sejak menit awal. Dia ditempatkan sebagai bek tengah, alih-alih sebagai bek kanan yang merupakan spesialisnya. 

Jeonnam unggul cepat di babak pertama lewat gol Ha Nam di menit ke-4, memanfaatkan umpan Valdívia. Pada menit ke-31, giliran Valdívia yang catatkan nama di papan skor usai maksimalkan umpan Ha Nam. Skor 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang. 

Pada laga tersebut, Asnawi mendapatkan kartu kuning pada menit ke-87. Itu akibat pelanggaran ke pemain lawan.

Menariknya, ada 'peran' dua klub Indonesia yakni Persib Bandung dan PSM Makassar di balik kemenangan Jeonnam Dragons atas Gyeongnam FC.

Baca Juga

Tapi, itu bukan dalam artian yang sebenarnya, melainkan kehadiran suporter asal Indonesia yang hadir di Changwon Football Center untuk mendukung Asnawi. 

Asnawi pun menyempatkan diri berfoto dengan para suporter tersebut. Dimana terdapat bendera kebangsaaan Indonesi, Merah Putih di pagar tribun.

Baca Juga

"Diam. Alhamdulillah +3 Point," tulis Asnawi di akun Instagramnya. 

Pada dua laga sebelumnya, Asnawi tidak masuk starting XI. Pada pekan ke-18, dia tak dimainkan sama sekali, sedangkan pekan ke-19, eks pemain PSM Makassar itu masuk menit ke-88.

Bagi Asnawi Mangkulam, ini merupakan pertandingan ke-12 sepanjang musim 22/23 untuk Jeonnam Dragons.

Dari total pertandingan tersebut, pemain 23 tahun itu mampu menorehkan dua assists, satu kartu kuning serta satu kartu merah.

Baca Juga

1. Asnawi Diincar Klub Liga 1 Korea

Asnawi Mangkualam bergabung ke klub Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Sementara itu, dengan kemenangan kemarin sore, Jeonnam Dragons merangsek naik ke peringkat tujuh klasemen sementara Liga 2 Korea Selatan dengan raihan 28 poin.

Jeonnam Dragons kini hanya berjarak lima angka dari Bucheon FC 1995 yang menempati urutan kelima atau batas akhir untuk bisa tampil di babak play off promosi K-League.

Setelah menghadapi Gyeongnam FC, pada pertandingan berikutnya Jeonnam Dragons akan menghadapi Ansan Greeners di Stadion Gangyang Football, Rabu (19/07/23).

Laga tersebut akan jadi emosional dan ajang reuni karena Ansan Greeners merupakan mantan klub Asnawi. Dia pertama kali datang ke Korea Selatan pada 2021 lalu berdasarkan rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tea-yong. 

Media Korea Selatan, Newsis menilai Asnawi Mangkualam sebagai sosok bek tangguh dan kini menjadi pemain penting di klub K-League 2, Jeonnam Dragons.

Baca Juga

Asnawi Mangkualam tercatat sudah berkarier di Korea Selatan sejak 2021 lalu. Ia tidak menyerah dan terus berjuang di Negara dengan julukan Negeri Ginseng meski hanya bermain di kasta kedua.

Pada musim pertamanya bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam mencatatkan 14 laga dengan mencetak satu assist. Kemudian pada 2022, ia mencetak dua gol dan dua assist dalam 26 laga di K-League 2.

Baca Juga

Berkat penampilan apik tersebut, sempat ada rumor Asnawi diincar beberapa klub Liga Korea Selatan. Ada Klub Liga, Daejon Hana Citizen hingga dikaitkan  dengan klub Liga 1, Jeonbuk Hyundai Motors.

Jeonbuk Hyundai dilaporkan sempat mempertimbangkan nama Asnawi setelah sang bek kanan, Lee Yong, meninggalkan klub pada Juli 2022.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharJeonnam Dragons

Berita Terkini