x

Barnabas Sobor Banjir Hujatan usai Tinggalkan Klub Eropa dan Gabung Kalteng Putra

Senin, 17 Juli 2023 16:57 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Barnabas Sobor saat masih berseragam Persija Jakarta di Piala Presiden 2022. Kini ia berlabuh ke Kalteng Putra di Liga 2 2023/24.

INDOSPORT.COM - Barnabas Sobor dirujak warganet setelah tinggalkan FK Riterai di Liga Lithuania, dan bergabung dengan Kalteng Putra di kompetisi Liga 2 2023/24.

Sebagaimana diketahui, Barnabas Sobor adalah pesepak bola muda yang potensial. Ia pernah menimba ilmu di Persija Jakarta, dan seleksi bersama Timnas Indonesia U-20.

Sebagai puncaknya, Barnabas Sobor bergabung dengan agensi pemain Eropa dan dikontrak oleh klub FK Riterai yang bermain di Liga Lithuania.

Barnabas Sobor ditransfer ke FK Riteriai sejak 18 Maret lalu. Ia mestinya dikontrak hingga akhir tahun 2023 mendatang.

Namun, ia tidak langsung bergabung ke tim utama, tetapi tercatat sebagai pemain di tim junior FK Riteriai B terlebih dulu, dan akan naik kelas jika performanya sesuai harapan.

Baca Juga

Hanya saja, baru beberapa bulan di Lithuania, Barnabas justru dipulangkan ke Indonesia. FK Riteriai menjelaskan alasan mengapa mereka mengembalikan sang pemain.

"Karena keadaan keluarga yang tidak menguntungkan, Barnabas Sobor ucapkan selamat tinggal pada para Ksatria dan tidak dapat mewakili tim," tulis laman resmi FK Riteriai.

Baca Juga

"Kami doakan yang terbaik untuk Barnabas di tahap selanjutnya dalam kariernya. Kami senang meskipun untuk waktu yang singkat, kami bisa kerja sama dan saling mengenal."

Kini, Barnabas Sobor justru diperkenalkan sebagai pemain rekrutan anyar Kalteng Putra untuk kompetisi Liga 2 2023/24.

Alhasil, pesepak bola asal Papua itu mulai mendapat kritik pedas di media sosial IG, karena meninggalkan kesempatan di Liga Eropa dan memilih bermain di klub Liga 2.

Baca Juga

Barnabas Sobor resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar tim Liga 2 asal Kalimantan Tengah, yakni Kalteng Putra pada Sabtu (15/7/23) kemarin. 

"Welcome to Kalteng Putra, Barnabas Sobor. Ela Mikeh!" tulis laman official.

Mengetahui Barnabas Sobor menggunakan alasan keluarga untuk meninggalkan Liga Lithuania, membuat sang pemain banjir kritik saat bergabung ke Kalteng Putra.

"Out dari luar katanya masalah keluarga, eh ternyata langsung gabung klub, tapi yang nggak habis pikir bisa-bisanya gabung klub kasta kedua," ungkap akun @ilhamram**.

"Kalo alasan keluarga mah mending bareng keluarga aja, bilang aja tawaran Kalteng lebih gede," timpal pemilik akun @alzie**.

Baca Juga

Namun, banyak pula yang mendukung keputusan Barnabas Sobor merapat ke Kalteng Putra. Sebagai pemain muda, ia sebaiknya meniti karier pelan-pelan dari bawah.

"Sangat disayangkan, padahal sudah bagus abroad buat kariernya, tapi nggak apa-apa, semoga performanya makin bagus," harap sang pemilik akun Instagram @alvitow**.

Baca Juga

"Pemain U-20 perlu kontrak jangka panjang, bisa jadi aset buat klub," timpal @toraok**.

Kalteng Putra sendiri memasang target tinggi ingin kembali promosi ke Liga 1. Tim kini sudah mulai terbentuk, dipimpin oleh pelatih Jafri Sastra yang berlisensi AFC Pro.

Baca Juga
LithuaniaLiga IndonesiaLiga 2Kalteng Putra FCBerita Liga 2Barnabas Sobor

Berita Terkini