x

Shayne Pattynama Tampil Cemerlang Bersama Viking FK di Tengah Rumor Transfer ke Klub Ibrahimovic

Senin, 17 Juli 2023 18:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

INDOSPRT.COM - Bek kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama tampil apik bersama Viking FK di pekan ke-15 Liga Norwegia. Dia mencetak satu assist untuk kemenangan atas Stabaek, Minggu (16/07/23) di Stadion Nadderud. 

Shayne diturunkan sebagai starter dan tampil selama 90 menit. Kepercayaan pelatih pun dibayar dengan assist cantik untuk gol Birkir Bjarnason di menit 90+1.

Menerima bola dari Markus Solbakken, Pattynama melepaskan sepakan crossing ke depan gawang Stabaek, dan berhasil ditanduk Birkir Bjarnason.

Viking FK pun berhasil memenangkan laga dengan skor 1-0. Hasil itu menempatkan klub diurutan kedua klasemen sementara Liga Norwegia.

Duel kedua tim juga sempat diwarnai aksi protes kelompok fans Stabaek Support terhadap penggunaan video assistant referee (VAR). VAR dianggap merusak kenikmatan menyaksikan pertandingan sepak bola.

Baca Juga

Suporter Stabaek sempat berada di tribune, tapi kemudian memilih keluar stadion ketika pertandingan dimulai.

"VAR menghancurkan kegembiraan menjadi suporter. Itu merugikan komitmen kita. Itu membuat kami kehilangan pengalaman. Itu membuat pergi ke permainan tidak menyenangkan lagi," tulis mereka dikutip dari sportbladet.

Baca Juga

Ironisnya, Stabaek sempat mencetak gol pada menit ke-33, tapi dianulir setelah wasit melihat VAR, karena Kasper Hogh dianggap handsball terlebih dahulu sebelum menjebol gawang lawan.

Viking FK kini mengumpulkan 29 poin dari 14 pertandingan. Mereka tertinggal sembilan poin dari Bodo/Glimt yang menempati puncak klasemen dari 15 pertandingan dengan 38 poin. 

Sementara itu, ada kabar baik yang menghampiri Shayne. Kontaknya dilaporkan akan diperpanjang dalam waktu dekat.

Baca Juga

1. Shayne Diincar klub Swedia

Shayne Pattynama resmi jadi warga negara Indonesia.

Informasi tersebut disampaikan oleh akun fan base Viking FK, Viking Podden.

"Viking kemungkinan besar akan menawarkan kontrak baru kepada Shayne minggu ini," tulis Viking Podden di twitter.

Sebelumnya Viking Podden sempat mewawancarai Shayne soal kontraknya yang akan selesai pada 31 Desember mendatang. Ketika itu, pemain keturunan Indonesia - Belanda itu mengaku tak terlalu pusing memikirkannya. 

"Buat saya kontrak saya memang mau selesai, tapi saat ini saya hanya fokus bermain, meningkatkan kaulitas dan mencoba lebih baik. Jika di masa depan ada klub lain ataupun Viking (tawarkan kontrak baru) kita akan lihat saya," ujar Shayne. 

"Buat saya, saya tak terlalu memikikirkan hal itu. Jika Viking menginginkan saya, mereka boleh datang, jika tidak, saya akan lanjutkan apa yang saya lakukan," tambahnya.

Baca Juga

Shayne Pattynama sempat dirumorkan bergabung ke klub Sewdia yang dimiliki Zlatan Ibrahimovic, Hammarby IF. Klub tersebut telah memberikan penawaran untuk bek naturalisasi skuad Garuda itu. 

Tetapi Viking FK justru menolak mentah-mentah. Pasalnya, nilai transfer yang diajukan tidak sepadan atau sebesar 1,6 juta kroner (sekitar Rp2,3 miliar). 

Baca Juga

Adapun nilai pasar Shayne Pattynam saat ini adalah Rp6,95 miliar berdasarkan catatan Transfernarkt. Nilai itu cukup jauh dari daru tawaran Hammarby.

Di lain sisi, Viking juga mengantisipasi jika suatu saat kehilangan Shayne Pattynama. Mereka kabarnya sedang memburu bek muda berusia 20 tahun, Anders Hiim.

Menarik untuk menantikan masa depan Shayne Pattynama. Apakah ia akan tetap di Viking FK dan mengarungi Liga Norwegia, atau menyeberang ke Hammarby di Liga Swedia.

Baca Juga
Zlatan IbrahimovicTimnas IndonesiaBola InternasionalViking FKShayne Pattynama

Berita Terkini