x

3 Bek Pengganti yang Bisa Dibidik Chelsea Pasca Wesley Fofana Cedera Lutut

Selasa, 18 Juli 2023 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, harus menelan ludah pahit setelah bek andalannya, Wesley Fofana, kembali cedera lutut.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, harus menelan ludah pahit setelah bek andalannya, Wesley Fofana, kembali cedera lutut.

Bek berkebangsaan Prancis itu harus mengalami cedera lutut sehingga dirinya absen dari tur pramusim Chelsea ke Amerika Serikat.

Cedera lutut ini menjadi cedera kedua Fofana bersama klub berjuluk The Blues itu. Di musim 2022/23 lalu, ia mendapatkan cedera tersebut sebanyak dua kali.

Dalam dua cedera lutut yang dialami musim lalu, Chelsea harus kehilangan Fofana sebanyak 126 hari atau kehilangannya sekitar 20 pertandingan.

Tak ayal, kondisi bek beruia 22 tahun itu membuat klub asal London Barat tersebut harus memulai mencari penggantinya di musim panas 2023 ini.

Baca Juga

Selain Wesley Fofana, Chelsea hanya menyisakan empat bek tengah saja, yakni Benoit Badiashile yang juga cedera, Thiago Silva yang menua, Levi Colwill yang baru bergabung, dan Trevoh Chalobah yang akan dijual.

Dengan mepetnya musim 2023/2024 yang akan digelar kurang dari sebulan lagi, setidaknya ada tiga bek yang bisa diboyong Chelsea untuk menggantikan Fofana. Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Antonio Silva (Benfica)

Chelsea saat ini gemar mendatangkan pemain muda dari seluruh dunia. Sehingga, nama Antonio Silva dari Benfica bisa menjadi opsi bek tengah pengganti Fofana yang rentan cedera.

Pemain berusia 19 tahun ini namanya tengah melonjak di musim 2022/23 lalu, berkat penampilan apiknya bersama Benfica.

Sebagai bek tengah, Antonio Silva tergolong agresif dengan melancarkan total 3,18 tekel + intersep per 90 menit, hampir sama dengan Fofana yang melancarkan 4,2 tekel + intersep.

Selain itu, Antonio Silva juga bertipe Ball Playing Defender dengan rataan akurasi 91,4 persen dari 64,76 operan, sama seperti Fofana dengan 62,96 operan dan akurasi 88,7 persen.

Antonio Silva pun gemar membantu serangan dengan rataan 4,01 operan progresif, unggul tipis atas Fofana dengan rataan 3,07 operan progresif per 90 menit.

Kesamaan ini pun dirasa cocok bagi Chelsea. Tapi apakah The Blues berani menebus klausulnya dengan harga 85 juta euro dari Benfica di bursa transfer musim panas 2023 ini?

Baca Juga

1. 2. Benjamin Pavard (Bayern Munchen)

Benjamin Pavard, bek kanan Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Annegret Hilse

Mauricio Pochettino selalu menekankan bahwa dirinya menginginkan pemain berpengalaman di skuad mudanya di Chelsea musim depan.

Alhasil nama Benjamin Pavard bisa menjadi opsi bagi Chelsea untuk menggantikan peran Fofana yang rentan dengan cedera.

Pavard menjadi opsi brilian mengingat harganya yang murah yakni 30 juta euro saja, mengingat kontraknya hanya tersisa setahun di Bayern Munchen.

Untuk kualitasnya, bek berusia 27 tahun ini merupakan bek yang Versatile. Ia punya kemampuan apik baik sebagai bek tengah maupun Fullback.

Tercatat Pavard punya rataan 4,14 tekel + intersep per 90 menit. Akurasi operannya pun mencaiap 88,7 persen dari 88,6 percobaan per 90 menit.

Pavard juga aktif dalam menyerang dengan rataan 7,59 operan progresif per 90 menit dan gemar melakukan tusukan ke area lawan dengan rataan 1,31 dribel per 90 menit.

Baca Juga

3. Giorgio Scalvini (Atalanta)

Jika masih ingin mencari talenta muda, Chelsea bisa melirik Italia sebagai pasar bek untuk menggantikan Fofana, dengan mengincar nama Giorgio Scalvini dari Atalanta.

Pemain berusia 19 tahun ini menjadi bek muda yang tengah naik daun di Italia berkat sepak terjangnya sepanjang musim 2022/23 lalu.

Sama seperti Fofana, Scalvini pun bertipe bek agresif dengan rataan 4,24 tekel + intersep per 90 menit. Selain itu, ia punya akurasi operan 81,1 persen dair 57,28 percobaan per 90 menit.

Baca Juga

Sebagai bek tengah, Scalvini begitu aktif menyerang dengan rataan 6,09 operan progresif per 90 menit dan rata-rata menbuat 0,85 tusukan ke area lawan per 90 menit.

Kehebatan Scalvini dalam melepaskan operan terlihat dari rata-rata 1,27 Shot-Creating Actions (SCA) nya yang. Selain itu, posturnya yang mencapai 194 cm bisa membuat Chelsea unggul duel udara.

Dibandingkan Antonio Silva, Scalvini punya harga lebih murah yakni sekitar 60 juta euro saja, yang bisa jadi opsi bagi Chelsea untuk menggantikan Fofana.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsLiga InggrisBenjamin PavardBerita TransferWesley FofanaGiorgio ScalviniIndepth

Berita Terkini