x

Gaoshirowi, Si Anak Ustadz Produk Akademi Persib yang Tembus Seleksi Timnas U-17

Selasa, 18 Juli 2023 13:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Persib Bandung U-16, Muhammad Gaoshirowi.

INDOSPORT.COM - Pemain Akademi Persib Bandung, Muhammad Gaoshirowi, menjadi salah satu nama yang dipanggil mengikuti seleksi pemusatan latihan timnas Indonesia U-17 untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Tak banyak yang tahu bahwa Gaos sapaan akrabnya merupakan pemain muda Persib dengan latar belakang keluarga taat beragama. Ayahnya merupakan seorang Ustadz.

Lahir di Sukabumi, 18 Januari 2006, Gaos mengawali perjalanan sepak bolanya dengan bergabung SSB Mandiri Gerby, setelah itu berlanjut ke SSB Zeroosix Sukabumi.

Saat masih di Sukabumi, Gaos sudah mampu menunjukan kualitas di beberapa even kejuaraan sepak bola usia dini, di antaranya AQUA Danone Nation Cup Regional Sukabumi dan AQUA Danone Nation Cup Jawa Barat.

Penampilan apik Gaos, membuatnya bisa bergabung dengan Akademi Persib Cimahi (APC), saat pertama kali masuk APC usianya masih sekitar 12 tahun.

Baca Juga

Saat itu, dia juga mendapatkan beasiswa pendidikan dari Akademi Persib Cimahi (APC), untuk bangku SMP dan SMA. Pasalnya, dia nilai sebagai pemain potensial.

"Saya pertama merekrut Gaos waktu dia masih usai sekitar 12 tahunan, ada banyak pertimbangan di antaranya kualitasnya," kata Manajer Akademi Persib Cimahi, Firman Hadillah, kepada INDOSPORT.

Baca Juga

Kemudian di level internasional, Gaos menjadi salah satu pemain yang turut mengantarkan Akademi Persib Cimahi dengan menjuarai turnamen Internasional Dream Come True di Cina pada 22 Juli 2018 lalu.

Tak sampai di situ, Gaos berhasil membawakan Persib Bandung U-16 meraih trofi juara Nusantara Open pada Agustus 2022. Total dia mencetak tujuh gol dan berhak menyabet gelar top skor.

Berkat penampilan apiknya di Nusantara Open pada Agustus 2022 sebagai top skor, Gaos diganjar trofi plus uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

Baca Juga

1. Timba Ilmu di Qatar

Persib Bandung U-17 bersama Garudayaksa Football Academy Indonesia kini sedang berada di Doha, Qatar.

Prestasi yang ditorehkan di Nusantara Open membuat Gaos berkesempatan untuk terbang ke Qatar bersama Persib U-16. Pasukan Asep Rahmat Saputra mendapat pembekalan berupa materi, rangkaian agenda latihan, dan pertandingan selama dua pekan.

Pemain Persib U-16 yang berlaga di kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2021-2022 ini merasa bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu sepak bola di Qatar. Sebuah pengalaman berharga baginya.

Selain itu, dengan berangkat ke Qatar banyak pelajaran yang didapat untuk modal baginya berkarier sebagai pemain sepak bola di masa yang akan datang.

Baca Juga

"Semoga selama di perjalanan ini kami diberikan keselamatan dan mendapat hasil dan pengalaman yang baik sehingga menjadi bekal untuk saya dan teman-teman di masa depan," ucap Gaos beberapa waktu lalu.

Setelah pulang dari Qatar, Gaos mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi pemusatan latihan (TC) bersama timnas Indonesia U-17 di bawah asuhan pelatih Bima Sakti, guna persiapan Piala Dunia U-17 2023.

Pemanggilan ini menjadi kesempatan untuk masuk skuat timnas Indonesia U-17 dan berlaga di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember mendatang.

Baca Juga

Namun, Gaos harus bekerja keras, pasalnya pada tahapan seleksi ini dia harus bersaing dengan pemain lain, apalagi PSSI juga melakukan seleksi untuk timnas Indonesia U-17 di beberapa daerah di Indonesia.

Meski demikian, Gaos memiliki modal yang bagus karena sebelumnya sudah sempat mendapat panggilan timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti pada mas apersiapan menghadapi menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Persib BandungTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini