x

Bedah Pramusim Karlsruher vs Liverpool, Debut Mac Allister dan Szoboszlai?

Rabu, 19 Juli 2023 10:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, akan melakoni laga pramusim pertamanya dengan berduel melawan Karlsruher, Rabu (19/07/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, akan melakoni laga pramusim pertamanya dengan berduel melawan Karlsruher, Rabu (19/07/23) malam WIB.

Usai aktif berbelanja kebutuhan pemain, kini Liverpool dan Jurgen Klopp dihadapkan pada pramusim untuk meramu skuadnya.

Dalam pramusim kali ini, tim berjuluk The Reds itu memilih menjalani pemusatan latihan di Jerman dengan memboyong 35 pemain.

35 pemain yang dibawa ini merupakan para pemain di tim utama dan juga para pemain akademi yang telah dipilih oleh Klopp.

Dalam pemusatan latihan di Jerman ini, tim asal Merseyside itu akan menghadapi Karlsruher terlebih dahulu sebagai awal mula tur pramusimnya.

Baca Juga

Jelang laga Liverpool melawan Karlsruher ini, nama Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai akan menjadi pusat perhatian, mengingat keduanya berstatus pemain anyar.

Keduanya sama-sama berposisi sebagai gelandang serang. Lalu, bagaimana formasi yang akan diterapkan Jurgen Klopp jika keduanya melakoni debut untuk Liverpool di laga melawan Karlsruher?

Dengan kemungkinan keduanya menjalani debut bersamaan, ada kemungkinan Klopp memainkan formasi 4-3-3 dengan menggunakan skema Double 8.

Formasi Liverpool dengan skema Double 8. (Foto: Buildlineup.com)
Baca Juga

Skema Double 8 akan membuat Mac Allister dan Szoboszlai melakukan Roaming sebagai gelandang Box to Box yang hanya berfokus pada penyerangan.

Skema ini akan membuat keduanya punya kebebasan dalam melakukan serangan, dan membiarkan pemain nomor 6 yakni Thiago Alcantara fokus dalam mengatur tempo.

Nantinya Thiago juga akan difokuskan dalam bertahan dengan dibantu satu Inverted Fullback yang bisa diperankan oleh Trent Alexander-Arnold saat menyerang dan Andrew Robertson kala bertahan.

Tapi apakah skema Double 8 dalam formasi 4-3-3 ini akan diterapkan untuk Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai di Liverpool? Atau justru Jurgen Klopp punya taktik lain bagi keduanya?

Baca Juga

1. Memberi Peran Berbeda bagi Mac Allister dan Szoboszlai

Dominik Szoboszlai pemain Liverpool. (Foto: Instagram@liverpoolfc)

Skema Double 8 dalam formasi 4-3-3 sejatinya cocok bagi Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai, terlebih dengan gaya Gegenpressing yang diterapkan Liverpool.

Karena skema Double 8 ini akan membuat lini tengah Liverpool lebih Balance atau seimbang, dan bisa menutup seluruh ruang di lapangan.

Akan tetapi, skema Double 8 ini bisa menghambat kinerja Szoboszlai yang lebih condong bertipe pemain nomor 10 di klub lamanya, yakni RB Leipzig.

Sehingga, Jurgen Klopp pun diyakini akan menerapkan skema yang lebih berbeda dan mendorong Szoboszlai di posisi nomor 10 dan menempatkan Mac Allister di pos nomor 8 dalam formasi 4-3-3.

Formasi Liverpool dengan taktik 4-3-3. (Foto: Buildlineup.com)

Kemungkinan ini bisa saja terjadi, mengingat Mac Allister punya kemampuan duel lapangan lebih mumpuni ketimbang Szoboszlai.

Baca Juga

Sebaliknya, Szoboszlai punya kapasitas dalam melakukan serangan dengan dribel maupun kemampuannya melepaskan umpan kunci dan umpan progresif untuk lini serang.

Perbandingan statistik Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai. (Foto: DataMB)

Sehingga jika Klopp memainkan skema berbeda untuk keduanya, Szoboszlai akan lebih condong menyerang dan membiarkan Mac Allister yang bertugas melakukan peran Box to Box.

Saat menyerang, Mac Allister akan tetap berada di belakang Szoboszlai yang membantu lini serang, dan fokus membantu Thiago Alcantara dalam menahan serangan balik.

Baca Juga

Skema ini pun akan membiarkan dua Fullback Liverpool yakni TAA dan Robertson tak perlu menjadi Inverted Fullback dan membantu serangan dari sisi lapangan.

Tapi apakah skema ini akan menjadi skema final Liverpool? Tentu tidak. Pramusim ini pun akan menjadi ajang percobaan Klopp agar bisa menemukan peran yang pas bagi kedua rekrutannya itu.

Meski begitu besar kemungkinan Klopp akan menerapkan dua skema tersebut di pramusim ini agar menemukan ramuan yang pas bagi Mac Allister dan Szoboszlai.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppIn Depth SportsTur PramusimDominik SzoboszlaiPramusimAlexis Mac AllisterIndepth

Berita Terkini