x

Pelatih Inggris Garansi Kualitas Givary Lotra untuk Timnas di Piala Dunia U-17

Kamis, 20 Juli 2023 17:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
M. Givary Lotra Widyanto, pemain terbaik Piala Jakarta U-15 2022 lolos seleksi Garuda Select 5, dan kini dipanggil ke Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

INDOSPORT.COM - Pelatih Inggris memberi garansi Muhammad Givary Lotra Widyanto akan tampil spartan bersama Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023.

Muhammad Givary Lotra Widyanto adalah salah satu gelandang jebolan Garuda Select 5 yang dipanggil ke seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17.

Talent scouting Garuda Select asal Inggris, Wesley Awad pertama kali temukan bakat Givary Lotra Widyanto di Jakarta Cup 2022, saat ia membela Akademi Cipta Cendikia.

Kala itu, Givary Lotra tampil konsisten selama enam bulan dan mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik.

Wesley Awad kemudian memberikan tiket Garuda Select 5 ke Givary Lotra, sehingga ia mendapat pembinaan di bawah komando pelatih Dennis Wise, Des Walker, dan Danny Holmes.

Baca Juga

Meski Garuda Select 5 dihiasi oleh pemain asing, namun Givary Lotra mampu bersaing dan mencatatkan statistik yang baik. Ia pun berkontribusi mencetak 4 gol dan 4 assist.

Salah satu momentum yang tak terlupakan adalah saat Givary Lotra berhasil menjebol gawang Arsenal, dan membawa Garuda Select menang 3-0 atas tim asal Inggris itu.

Baca Juga

Pengalaman bersama skuad Garuda Select 5 membuat Givary Lotra lebih nyaman saat dipanggil ke Timnas Indonesia U-17. Ia bisa menyesuaikan dengan level Garuda Muda.

"Materi yang saya dapat di Garuda Select dari Coach Des dan Dennis memudahkan saya beradaptasi dengan para pemain yang sebelumnya pernah merasakan TC bersama Timnas."

"Saya lebih percaya diri untuk menunjukkan skill kepada tim pelatih, saya akan berusaha buat mendapatkan tempat di skuad Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17," ungkap Lotra.

Baca Juga

1. Garansi Garuda Select untuk Timnas U-17

M. Givary Lotra Widyanto, pemain Garuda Select 5 yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023. (Foto: Pers Garuda Select/Mola TV)

Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes memberikan garansi jika Givary Lotra Widyanto akan menjadi salah satu pemain terbaik untuk membela Timnas Indonesia U-17.

Pasalnya, Givary Lotra sudah seperti jenderal lapangan tengah, ia piawai dalam merebut bola dan membuka serangan, dan levelnya sudah seperti gelandang Eropa.

"Lotra akan membawa energi bagus untuk tim. Saat tim kehilangan penguasaan bola, ia akan dengan cepat menekan lawan untuk bisa kembali merebutnya," ungkap Holmes.

"Saat menguasai bola, dia mengandalkan kecepatan yang ia miliki dan berlari mencari posisi terbaik untuk menciptakan peluang."

"Lotra tidak akan pernah berhenti berlari, dan tidak akan memberi kenyamanan bagi lawan yang sedang menguasai bola. Ia juga bisa mencetak semua jenis gol untuk tim."

Baca Juga

Selain itu, di luar lapangan, Danny Holmes juga senang dengan pembawaan Givary Lotra yang ramah dan periang. Hal ini bisa berdampak positif untuk menyatukan tim.

"Selain itu, di luar lapangan, Lotra adalah pemain yang bisa menyatukan rekan tim dengan tingkahnya," kata Danny Holmes, dilansir dari laman resmi Garuda Select.

Baca Juga

"Sosok yang selalu tertawa dan bercanda itu bisa membuat tim lebih kompak, yang merupakan bagian penting dari tim ketika mengikuti turnamen sepak bola," tukasnya.

Sekadar informasi, seleksi tahap pertama Timnas Indonesia U-17 akan berlangsung pada 9 Juli hingga 24 Agustus 2023. Di sisi lain, tim pelatih kini juga masih melakukan seleksi di berbagai daerah di Indonesia.

Sementara itu, Piala Dunia U-17 akan dihelat di Indonesia mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Ada 24 tim yang akan bertanding berebut trofi bergengsi ini.

Baca Juga
Timnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Garuda SelectBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17M. Givary Lotra Widyanto

Berita Terkini