x

Pembukaan Berdarah Piala Dunia Wanita 2023, 2 Tewas dalam Insiden Penembakan

Kamis, 20 Juli 2023 11:24 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Gelaran Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru tercoreng dengan adanya insiden penembakan yang menyebabkan dua orang kehilangan nyawa.

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala Dunia Wanita 2023 di Australia-Selandia Baru tercoreng dengan adanya insiden penembakan yang menyebabkan dua orang kehilangan nyawa.

Tragedi tersebut terjadi di Auckland, Provisi Aotearoa, Selandia Baru, pada Kamis (20/07/23) sekitar pukul 07.22 waktu setempat.

Dilansir dari GOAL, selain dua korban tewas juga ada korban luka-luka pula yang berjumlah enam orang dengan tingkatan cedera berbeda.

Tempat kejadian perkara diketahui sangat dekat dengan fan zone alias titik kumpul penonton Piala Dunia Wanita 2023 area Queen Street dan Quay Street.

Pelaku penembakan diduga adalah seorang pria yang menerobos sebuah situs konstruksi. Polisi menyatakan jika yang bersangkutan dinyatakan ikut tewas di lokasi kejadian.

Baca Juga

Belum diketahui apakah aksi sang pelaku ada kaitannya dengan momen Piala Dunia Wanita 2023 dan untuk sementara ini penyelidikan terus dilakukan.

Polisi tidak akan menetapkan kejadian ini sebagai insiden yang pantas dianggap sebagai ancaman bagi pertahanan Selandia Baru secara keseuruhan.

Baca Juga

Pemerintah setempat melalui walikota Auckland, Wayne Brown, menyatakan menyesali tragedi penembakan ini dan merasa khawatir karenanya.

"Situasi yang mengerikan ini terjadi saat dunia sedang memperhatikan kita dan ini adalah sesuatu yang buruk. Ini sangat mengerikan, terutama karena kami belum pernah mengalami insiden seperti ini sebelumnya," beber Brown.

"Saya mengerti bahwa penembaknya sudah mati, tapi tidak ada yang benar-benar yakin tentang hal itu." tambahnya lagi.

Baca Juga

1. Auckland Markas Tim Favorit

Timnas sepak bola wanita Amerika Serikat juara Piala Dunia Wanita 2019. Daniela Porcelli/Getty Images

Auckland sendiri adalah salah satu dari empat kota Selandia Baru yang diberi kehormatan sebagai penyelenggara Piala Dunia Wanita 2023.

Selain kota yang bertempat di sisi utara Selandia Baru tersebut, juga ada Dunedin, Hamilton, dan Wellington.

Auckland menjadi tempat berdirinya stadion Eden Park yang dijadikan tempat dibukanya turnamen dengan pertandingan antara Selandia Baru vs Norwegia pada Kamis (20/07/23) ini.

Eden Park memiliki kapasitas sebesar 50.000 tempat duduk dan sebelum digunakan sebagai stadion Piala Dunia Wanita 2023 adalah rumah bagi berbagai tim olaharaga berbagai cabang di Auckland.

Karena menjadi kota penyelenggara, tidak heran jika Auckland pun dipilih menjadi homebase bagi sejumlah negara-negara peserta.

Baca Juga

Salah satunya adalah tim nasional wanita Amerika Serikat. The Stars and Stripes adalah salah satu favorit untuk memenangi Piala Dunia Wanita 2023.

Mereka memegang status juara bertahan dari edisi Piala Dunia Wanita 2019 silam yang digelar di Prancis. Kini AS tengah menyasar gelar kelima mereka di turnamen empat tahunan tersebut.

Baca Juga

Saat tragedi penembakan terjadi, Alex Morgan cs sudah berdiam di Auckland. Beruntung tidak ada salah satu dari mereka yang terlibat sebagai korban.

Juru bicara timnas wanita AS mengkonfirmasi pada GOAL jika setiap anggota tim berada dalam kondisi aman dan akan menjalani partai pertama Piala Dunia Wanita 2023 pada Sabtu (22/07/23) mendatang.

Lawan AS adalah satu-satunya wakil Asia Tenggara, Vietnam, yang baru menjalani debut mereka di ajang ini.

Baca Juga
Amerika SerikatPiala DuniaSemen GresikTimnas Wanita Amerika SerikatSelandia BaruPiala Dunia WanitaPiala Dunia Wanita 2023

Berita Terkini