x

PSS Sleman Tak Silau Kekuatan PSIS, Magis Stadion Maguwoharjo Diharapkan Kembali

Kamis, 20 Juli 2023 21:14 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail dan pemain Kei Sano. (Foto: Martini/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Kapten PSS Sleman, Kim Kurniawan, mengakui PSIS Semarang tim bagus, namun tak membuat timnya silau. Magis Stadion Maguwoharjo diharapkan mengembalikan tim Elang Jawa ke jalur kemenangan di Liga 1 2023-2024.

PSS menatap laga keempat Liga 1, Jumat (21/07/23) sore, dengan modal jelek. PSS pada akhirnya harus menelan kekalahan perdana musim ini dan langsung kebobolan tiga gol atas Barito Putera.

Sebaliknya, PSIS baru saja mencatatkan kemenangan kedua musim ini. Catatan enam poin membuat PSIS berada di klasemen atas Liga 1 2022-2023.

Tak ketinggalan adalah rekor buruk dalam lima pertemuan terakhir. PSIS mencatatkan empat kemenangan, berbanding satu kemenangan yang diraih PSS.

Meski begitu, Kim Kurniawan tak silau dengan kekuatan dan catatan apik tim lawan. Kim menilai PSS juga memiliki kekuatan yang bisa mengalahkan PSIS.

Baca Juga

"Kita tahu PSIS ada di peringkat atas. Mereka memulai musim ini dengan cukup bagus. Kita harus waspadai itu, tapi kita juga wajib percaya diri dengan kemampuan individu dan secara tim. Saya harap ini akan menjadi laga yang bagus," kata Kim Kurniawan, Kamis (20/07/23).

Setelah kekalahan dari Barito Putera, Kim Kurniawan memastikan timnya telah memiliki persiapan yang bagus. Para pemain kerja keras untuk menjalankan instruksi pelatih.

Baca Juga

Kim Kurniawan turut berbicara magis dari Stadion Maguwoharjo. Kim meyakini kehadiran belasan ribu suporter PSS akan berbuah positif, terutama menambah semangat para pemain.

"Kita seharusnya sudah cukup siap, walau datang dari kekalahan. Saat ini adalah waktunya kita membalas itu. Apalagi di kandang, ada ribuan suporter. Itu menjadi suntikan semangat yang cukup untuk pemain berjuang maksimal," tutur Kim Kurniawan.

Sementara itu, ditambahkan pelatih PSS, Marian Mihail, partai melawan PSIS diakuinya menjadi tantangan menarik setelah kekalahan di Banjarmasin.

Baca Juga

Mihail menilai para pemain sudah bekerja keras untuk membenahi kekurangan yang masih terlihat. Mihail punya optimisme untuk membuat suporter PSS tersenyum lagi.

"Ini menjadi pekan yang sulit ketika tim kalah, kami pun kecewa karena banyak keinginan yang tidak tercapai. Namun, kami akan berusaha lebih baik lagi agar tim bisa menang karena dukungan fans," jelas Mihail.

"Kami sudah kerja keras pada pekan ini dan sangat ingin membuktikan bahwa kami ingin memenangkan pertandingan," lanjut pelatih asal Rumania ini.

Salah satu kerja ekstra yang dilakukan Mihail adalah membenahi sistem pertahanan. Setelah mencatatkan clean sheet atas Bali United, gawang PSS justru jebol lima kali ketika bertemu Persis Solo dan Barito Putera.

Pembenahan yang dilakukan Mihail bukan dalam bentuk rotasi pemain. Mihail cukup yakin bahwa I Nyoman Ansanay dkk. bisa bermain lebih baik lagi.

Baca Juga

"Ya memang benar bahwa pertahanan menjadi masalah, mengingat musim lalu pertahanan juga kurang baik. Untuk pertandingan ini, saya berharap PSS bisa mendapatkan gol dan bertahan dengan baik karena pertahanan yang bagus dapat membantu kami memenangkan pertandingan," ungkap Mihail.

Yevhen Bokhashvili masih akan dipercaya memimpin lini depan dengan sokongan Jonathan Bustos, Kei Sano dan Ricky Cawor. Sementara duet lini belakang tetap ditempati Thales Lira dan Jihad Ayoub.

Untuk lini tengah, Kim Kurniawan akan menjadi andalan memutus serangan lawan dan menyalurkan bola bersama Wahyudi Hamisi. Sosok-sosok ini masih dipercaya Mihail pada awal Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
PSS SlemanPSIS SemarangLiga 1Marian Mihail

Berita Terkini