x

Andre Onana Bakal Panen Blunder Usai Resmi Diboyong Manchester United?

Jumat, 21 Juli 2023 18:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kiper Timnas Kamerun, Andre Onana dalam pertandingan pertama Grup G Piala Dunia 2022 melawan Swiss (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United akhirnya resmi mendapatkan Andre Onana dari Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2023.

Kabar Manchester United yang resmi menggaet Andre Onana dari Inter Milan dilaporkan oleh cuitan pakar bursa transfer yakni Fabrizio Romano, Jumat (21/07/23) dini hari WIB.

Dalam laporannya, Manchester United disebut memboyong Andre Onana dengan mahar sebesar 55 juta euro atau sekitar Rp912 miliar.

menandatangani kontrak dengan durasi selama lima tahun, alias hingga 30 Juni 2028 mendatang di Old Trafford.

Penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut diboyong oleh Erik ten Hag untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh David de Gea.

Baca Juga

Namun adanya Andre Onana membuat fans Setan Merah harus bersiap bila sang kiper panen blunder pada kompetisi musim 2023-2024 mendatang.

Bukan tanpa alasan, Erik ten Hag menginginan Andre Onana karena memiliki keahlian menguasai bola dan membagikan bola dari belakang.

Hal ini membuat dirinya bisa menjadi titik awal proses kreasi serangan Man United, seperti saat era Edwin van der Sar.

Namun sehebat-hebatnya Andre Onana, ia tetap tidak selalu tampil sempurna. Adik kandung mantan pemain asing Persikad Depok tersebut tercatat pernah melakukan sejumlah blunder karena berani menguasai bola dengan kaki di depan striker lawan.

Legenda Man United yaitu Rio Ferdinand juga menuturkan kalau dirinya memberikan jempol dengan keberanian Andre Onana.

Namun ia memberikan peringatan kepada fans Setan Merah kalau nantinya harus siap untuk melihat blunder yang dilakukan oleh kiper Kamerun tersebut.

Baca Juga

"Saya kira bakal ada blunder sebab gaya mainnya berisiko. Anda akan melihat kesalahan, itu biasa terjadi," ujar Ferdinand dilansir dari Five via Express.

"Namun, Anda juga harus menjaga keyakinan kemampuan Anda, menemukan keseimbangan yang tepat, dan terus berusaha untuk percaya diri," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Andre Onana

Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari).

Berdasar WhoScored, kiper andalan Inter Milan Andre Onana tidak memiliki kekurangan yang mencolok, walaupun dari segi kelebihan ia lebih sedikit dibanding De Gea.

Dilaporkan, De Gea hanya memiliki dua kelebihan yang sangat menonjol, yakni refleks dan konsentrasi. Namun dengan tidak adanya kelemahan yang mencolok, Andre Onana mungkin lebih baik dari David de Gea secara keseluruhan.

Berdasarkan Opta, akurasi Onana jauh di atas De Gea dengan 93,8 persen (Akurasi De Gea sekitar 50 persen menurut Opta) di wilayah sendiri.

Hal ini membuat kiper berusia 27 tahun itu menjadi bisa diandalkan dalam hal teamwork atau kerja sama untuk membangun serangan dari belakang.

Sama seperti De Gea, Onana juga gemar berlari maju ke luar kandangnya untuk menghalau bola. Namun, Onana jauh lebih berani dari rivalnya itu.

Baca Juga

Hal inilah yang wajib diwaspadai Manchester United jika ingin memboyongnya. Sebab, gaya bermain Andre Onana tidak untuk semua klub.

Bahkan, Rigobert Song selaku pelatih Timnas Kamerun pernah memintanya pulang dari Piala Dunia lantaran gaya permainannya yang terlalu berisiko.

Sementara itu, dibanding dengan David De Gea, Andre Onana memang ahli dalam membangun serangan dari belakang.

Dari catatan Opta, David de Gea seolah-olah ingin bermain aman dengan tidak melakukan umpan-umpan pendek untuk membangun serangan dari belakang. Namun hasilnya, 12 persen dari umpan jauhnya gagal mencapai rekan setim.

Meski demikian, De Gea sendiri juga memiliki kelebihan dibanding Onana jika melihat laporan WhoScored, yakni bagus dalam hal refleks, antisipasi tendangan penalti, antisipasi tembakan jarak dekat, dan konsentrasi.

Baca Juga

Kelebihan lain yang ia miliki adalah keberanian untuk bergerak maju yang membuatnya memiliki keahlian untuk diposisikan sebagai sweeper keeper seperti Manuel Neuer, mantan kiper Bayern Munchen.

Namun menurut catatan dari WhoScored, rating Andre Onana lebih tinggi dari David de Gea, dengan 6,86 dibanding 6,67 pada musim lalu di semua kompetisi yang mereka ikuti.

Baca Juga
Manchester UnitedDavid de GeaLiga InggrisErik ten HagAndre Onana

Berita Terkini