x

Menakar Harta Kekayaan Sheikh Jassim Sang Calon Pemilik Baru Manchester United

Jumat, 21 Juli 2023 15:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United. (Foto: Instagram@ammadutd)

INDOSPORT.COM - Menakar harta kekayaan Sheikh Jassim, kandidat pemilik baru Manchester United asal Qatar yang siap borong sejumlah pemain bintang.

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani merupakan anak laki-laki dari mantan Perdana Menteri Qatar, yang ingin akuisisi saham Manchester United dari Keluarga Glazer.

Dilansir dari Forbes, sang ayah, Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani, saat ini memiliki kekayaan bersih 1,2 miliar USD atau sekitar Rp17,8 triliun.

Sementara itu, sebagai anggota kerajaan Qatar, keluarga Sheikh Jassim dikabarkan memiliki kekayaan kolektif sekitar 335 miliar USD atau sekitar Rp4.988 triliun.

Jika keluarganya saja sudah memiliki harta kekayaan yang fantastis, lantas, seberapa besar isi dompet Sheikh Jassim?

Baca Juga

Forbes tidak merinci secara khusus total kekayaan Sheikh Jassim, tetapi laman Manchester Evening News menuliskan kekayaan bersih kolektifnya berkisar di angka Rp5.177 triliun.

Di usianya yang masih terbilang muda, saat ini baru menginjak 44 tahun, lantas muncul pertanyaan lainnya, dari mana kekayaan fantastis Sheikh Jassim itu berasal?

Baca Juga

Sheikh Jassim menjabat sebagai Ketua Qatar Islamic Bank (QIB), salah satu bank terbesar dan kini berada di peringkat ketiga dari daftar 30 perusahaan paling bernilai di Timur Tengah.

Jassim juga menjadi anggota dewan di salah satu bank investasi terbesar di dunia, Credit Suisse, sekaligus memiliki yayasan bernama Nine Two Foundation.

Dengan kekuatan finansial yang luar biasa, tak heran jika Sheikh Jassim menjadi orang nomor satu yang ajukan tawaran membeli Manchester United dari Keluarga Glazer.

Baca Juga

1. Keluarga Glazer Batal Jual MU?

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes merayakan gol pertamanya ke gawang Aston Villa di Liga Inggris, Minggu (30/04/23). (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Sudah berbulan-bulan Sheikh Jassim menantikan keputusan Keluarga Glazer, apakah ia bisa segera mengakuisisi klub Liga Inggris, Manchester United.

Hanya saja, hingga kini Keluarga Glazer tak kunjung menerima tawaran Sheikh Jassim yang terbilang fantastis. Caught Offside mengungkap kemungkinan MU batal dijual.

"Ada berita mengkhawatirkan bagi penggemar Man United. Dilaporkan bahwa pemilik klub, Keluarga Glazer bisa batal menjual klub setelah berbulan-bulan mengajukan tawaran," tulis Caught Offfside.

Konon, tawaran yang diajukan Sheikh Jassim untuk membeli Man United adalah 5 miliar poundsterling atau sekitar Rp97 triliun.

Namun menurut Caught Offside, nominal itu belum sesuai dengan permintaan Keluarga Glazer, yang ingin menjual MU di angka 6 miliar poundsterling atau sekitar Rp116,3 triliun.

Baca Juga

"Upaya telah dilakukan untuk menaikkan tawaran, tetapi mereka (Sheikh Jassim) belum berhasil. Mike Keegan merilis jika kesepakatan tak selesai sebelum musim baru dimulai, Glazers masih akan bertanggung jawab atas Man United."

"Seharusnya semua proses sudah selesai sekarang, karena sudah berlangsung sejak November," lanjut laman Caught Offside.

Baca Juga

Padahal Sheikh Jassim sudah menebar janji pada penggemar Manchester United, jika ia akan datangkan banyak pemain bintang di bursa transfer musim panas 2023.

Salah satu pemain incarannya adalah Kylian Mbappe dari PSG, sang penyerang muda fenomenal yang dipatok dengan harga mahal.

Sheikh Jassim juga kabarnya siap merekrut beberapa pemain bintang, mulai dari Harry Kane, Victor Osimhen dan Dusan Vlahovic, bahkan belakangan ini juga muncul nama Neymar Jr sebagai salah satu bidikan.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSheikh Jassim

Berita Terkini