x

Profil dan Agama Gabriel Han Willhoft-King, Dari Tottenham ke Timnas demi Piala Dunia U-17

Jumat, 21 Juli 2023 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Gabriel Han Willhoft-King, pemain muda keturunan Indonesia di Tottenham Hotspur. (Foto: Instagram@footballtalentnesia)

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Gabriel Han Willhoft-King, wonderkid Tottenhan Hotspur yang segera bergabung ke timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17.

Gabriel Han Willhoft-King adalah pemain muda keturunan Indonesia kelahiran Inggris, 24 Januari 2006, dan masuk dalam proyeksi timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17.

Diketahui, PSSI telah memanggil 34 pemain muda untuk seleksi tahap pertama timnas Indonesia U-17 di Jakarta, mulai 9 Juli hingga 24 Agustus 2023.

Di antara 34 nama tersebut, ada enam pemain yang berkarier di luar negeri. Ada yang merupakan pemain keturunan, tetapi ada juga yang memiliki darah asli Indonesia.

Namun, pelatih Bima Sakti menegaskan jika enam pemain ini harus melalui seleksi lebih dulu jika ingin membela Garuda Muda.

Baca Juga

Bahkan, tak menutup kemungkinan ia juga menambah kuota pemain diaspora dari luar negeri, karena pengalaman mereka sangat diperlukan untuk menghadapi Piala Dunia U-17.

Salah satu nama yang disebutkan Bima Sakti sebagai opsi untuk membela timnas U-17 adalah Gabriel Han Wilhoft-King, yang saat ini bermain untuk Tottenham Hotspur.

Baca Juga

"Kami akan panggil pemain diaspora lagi. Kami juga sudah komunikasi dengan orang tua pemain diaspora, seperti Gabriel Han Willhoft-King dan Igor Sanders," kata Bima Sakti.

"Gabriel di Tottenham itu pernah main di timnas Inggris U-16 melawan Turki. Saya sudah lihat berapa jumlah passingnya, dia punya kualitas," lanjut Bima Sakti kepada awak media.

"Tapi tetap, saya buat aturan sama, tidak ada yang istimewa, mereka akan diseleksi juga seperti yang lain," tukas sang pelatih Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

1. Profil Gabriel Han Willhoft-King

Gabriel Han Willhoft-King, wonderkid keturunan Indonesia yang bermain untuk Tottenham Hotspur U-18.

Gabriel Han Willhoft-King adalah pemain muda Tottenham Hotspur yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Namun, ia juga piawai bermain sebagai gelandang tengah.

Willhoft-King bergabung dengan Tottenham U-18 pada 2021. Di musim perdana, ia tampil delapan laga di Liga Inggris U-18, enam kali sebagai starter dan dua kali cadangan.

Memasuki musim kedua, Willhoft-King mulai masuk dalam skema permainan Tottenham. Ia dipercaya tampil dalam 13 laga, dan turut membukukan 2 gol untuk tim asal London itu.

Tottenham Hotspur kemudian finis di posisi ke-5 klasemen akhir Zona Selatan Premier League U-18 2023.

Kemampuannya yang brilian di kelompok usia muda membuat Willhoft-King pernah dipanggil ke timnas Inggris U-16. Ia mencatatkan caps melawan Turki dan Skotlandia.

Baca Juga

Penampilannya juga mendapat perhatian dari media Inggris, The Guardian, dan Willhoft-King kemudian masuk dalam daftar 'The Guardian The Generation 2022' hingga disebut sebagai masa depan Tottenham.

Setelah ditelusuri, Gabriel Han Willhoft-King ternyata memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Jakarta, dan memiliki keluarga besar di Yogyakarta.

Baca Juga

Sementara sang ibu adalah orang Amerika keturunan China. Melihat tersemat nama Willhoft, nampaknya sang pemain juga memiliki garis keturunan Jerman.

Berikut profil Gabriel Han Willhoft-King, pemain diaspora yang sedang disiapkan Bima Sakti untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Nama: Gabriel Han Willhoft-King
Tanggal lahir: 24 Januari 2006
Tempat lahir: London
Posisi bermain: Gelandang bertahan
Klub: Tottenham Hotspur U-18 (2021-sekarang)
Agama: Belum diketahui

Baca Juga
Tottenham HotspurTimnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Bima SaktiprofilBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini