x

Bedah Formasi Mengerikan AS Roma Usai Bangun Super Team untuk Mourinho Musim Depan

Sabtu, 22 Juli 2023 23:20 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Strategi AS Roma di bursa transfer musim panas 2023 patut untuk dicermati. Tanpa huru-hara, mereka berusaha memberi Jose Mourinho tim kompetitif. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

INDOSPORT.COM - Strategi AS Roma di bursa transfer musim panas 2023 patut untuk dicermati. Tanpa huru-hara, mereka berusaha memberi Jose Mourinho tim kompetitif.

Meski bersumpah untuk mendukung sang manajer dengan uang belanja yang cukup di pasar pemain, namun owner dari Il Lupi belum juga bisa membuktikan hal tersebut pada Mourinho.

Dilaporkan dari Football Italia, AS Roma tidak punya maksud untuk mengingkari janji mereka pada The Special One namun memang situasi yang memaksa demikian.

Dan Friedkin dan The Friedkin Group sebagai pemilik saham mayoritas klub masih belum bisa berinvestasi dengan maksimal karena masih harus berurusan dengan kemorat-maritan keuangan kepemilikan sebelumnya.

Saat ini AS Roma masih harus mewaspadai jeratan sanksi Financial Fair Play alias FFP dari UEFA yang bisa membuat mereka mengalami kerugian lebih besar buntut dari denda maupun pelarangan bermain di kompetisi Eropa.

Baca Juga

Pada Juni 2023 lalu mereka nyaris mendapat denda besar usai hampir gagal mengumpulkan 30 juta Euro untuk menyeimbangkan neraca keuangan.

Maka dari itu pembelian dengan nilai fantastis masih tidak bisa dilakukan oleh AS Roma untuk sementara waktu.

Transfer beli terakhir dari Serigala Ibu Kota di era kepelatihan Mourinho dalam setahun terakhir adalah Zeki Celik yang diboyong dari Lille seharga 7 juta Euro.

Baca Juga

Sebagian besar penggawa berlabel bintang di Olimpico dibawak pada Mourinho dengan status pinjaman maupun bebas transfer meski tetap saja para pemain dengan pamor dan pengaruh masif bisa didapatkan.

Contohnya Paulo Dybala, Diego Llorente, Nemanja Matic, Andrea Belotti, Gini Wijnaldum, sampai Ola Solbakken hingga Mile Svilar.

Peran Jose Mourinho jelas tidak disepelekan karena dengan kharismanya sebagai manajer ia bisa menarik begitu banyak nama besar ke Olimpico.

Dibantu Tiago Pinto selaku direktur olahraga, negosiasi untuk nama-nama tadi bisa menjadi semakin cepat dan mulus.

Baca Juga

1. 6 Pemain 'Mahal' Siap Direkrut

Gianluca Scamacca (kiri). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Strategi hemat AS Roma di bursa transfer musim panas sudah mendatangkan dua pemain dengan kaliber top, Evan Ndicka dan Houssem Aouar, dengan status free agent.

Bukan bermaksud mengecilkan Rasmus Kristensen yang direkrut pinjam dari Leeds United, namun Ndicka dan Aouar memang akan jadi pusat permainan tim Jose Mourinho musim depan.

Keduanya bukan pemain sembarangan. Masing-masing dari mereka adalah pemain free agent dengan daya pikat tinggi.

Aouar adalah mantan sensasi Prancis dari Olympique Lyon yang kariernya sempat terganggu cedera namun masih menunjukkan potensi berkembang di usia 25 tahun.

Aouar sebelumnya sempat dikaitkan dengan Real Madrid dan AC Milan sebelum akhirnya menggoreskan pena di atas kertas kontrak berdurasi lima tahun bersama AS Roma.

Baca Juga

Sedangkan Ndicka adalah bek sentral muda 23 tahun nan berbakat dari Pantai Gading yang dalam dua musim terakhir terus naik reputasinya karena bermain untuk Eintracht Frankfurt.

Ia punya tubuh ideal untuk pemain di posisinya yakni 192 cm. Belum lagi kaki dominan kiri yang membuatnya semakin terlihat spesial di antara para ball playing defender lain.

Dipastikan AS Roma tidak akan berhenti mencari pemain anyar setelah mendapatkan Aouar dan Ndicka. Saat ini Serugala Ibu Kota masih terus dikaitkan dengan calon pendatang baru yang sekiranya cocok dengan skema 3-4-2-1 andalan Mourinho di Olimpico.

Dari lini belakang ada Borna Sosa, bek kiri internasional Kroasia yang sejak 2018 lalu bermain di Jerman untuk VfB Stuttgart.

Sosa diharapkan bisa menjadi pengganti sepadan atau bahkan lebih baik dari Leo Spinazzola yang kabarnya akan hijrah ke Arab Saudi.

Baca Juga

Bergeser ke lini tengah, semakin banyak nama beken yang diincar. Sebut saja Scott McTominay, Donny van de Beek, dan Renato Sanches.

Saat ini AS Roma memang sudah punya Lorenzo Pellegrini, Nemanja Matic, dan Bryan Cristante namun ketiganya hanya punya pelapis pemain muda jebolan akademi sehingga butuh lebih banyak opsi di sektor gelandang.

Untuk posisi penyerang tang terancam ditinggal Paulo Dybala, Tammy Abraham, Andrea Belotti, juga Eldor Shomurodov sekaligus, AS Roma sudah bersiap mengincar dua bintang.

Mereka adalah Alvaro Morata dan Gianluca Scamacca, dua mesin gol yang sudah tidak lagi asing dengan Liga Italia meski kini tengah merumput di luar negeri.

Keduanya bisa didatangkan dengan kontrak pinjaman dari Atletico Madrid dan West Ham United. Jika berhasil, maka AS Roma boleh menepuk dada sebagai klub dengan bursa transfer paling meriah dengan modal seminim mungkin.

Baca Juga
Bursa TransferJose MourinhoAS RomaLiga ItaliaIndepth

Berita Terkini