x

Indra Sjafri Konfirmasi Ada 4 Pemain Diaspora Dipulangkan dari TC Timnas Indonesia U-17

Sabtu, 22 Juli 2023 15:49 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23).

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, membenarkan bahwa ada empat pemain diaspora yang dipulangkan usai pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-17 di Jakarta.

Seperti diketahui, PSSI tengah mengadakan pusat pelatihan (TC) di Jakarta sejak 9 Juli sampai 28 Agustus 2023 untuk menyaring pemain-pemain berkualitas yang siap tampil di Piala Dunia U-17 November mendatang.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, memanggil sebanyak 34 pemain yang mana enam diantaranya merupakan pemain diaspora.

Keenam pemain diaspora tersebut diantaranya ialah Welberliestkott de Halim Jardim, Madrid Augusta, Mahesa Ekayanto, Staffan Qabiel Horrito, Aaron Liam Suitela, dan Aaron Nathan Ang.

Namun, baru-baru ini beredar rumor  yang menyatakan bahwa 4 pemain diaspora tak lolos seleksi Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

Kabar tersebut pun dibenarkan oleh Indra Sjafri. Sayangnya, dia tak membeberkan nama-nama detail dari keempat pemain diaspora tersebut.

"Ada tujuh nama yang dipulangkan coach Bima kemarin setelah internal game, termasuk empat pemain diaspora," jelas Indra Sjafri di Persija Training Ground, Sawangan Depok, Sabtu (22/07/23).

Baca Juga

"Untuk namanya saya lupa, coba nanti di latihan hari Senin tanya ke coach Bima," sambung Indra Sjafri.

Usai mencoret empat nama pemain diaspora, dikatakan Indra Sjafri untuk selanjutnya bakal ada pemanggilan kembali pemain-pemain untuk seleksi Timnas Indonesia U-17 lanjutan.

Ya, saat ini PSSI memang tengah melakoni program pemain di 12 kota untuk persiapan Piala Dunia U-17 pada November mendatang.

Baca Juga

1. Kriteria Pemilihan Pemain Timnas Indonesia U-17

Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Persija Training Ground, Nirwana Park, Bojongsari, Sawangan, Depok, Sabtu (22/07/23).

Kedua belas kota tersebut  beberapa diantaranya ialah Depok, Palembang, Bandung, Tangerang, Solo, Surabaya, dan Manado.

"Setelah itu masih ada lagi pemain-pemain yang punya paspor Indonesia akan dicoba oleh coach Bima," kata Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra Sjafri mengaku sejatinya ia telah mengantongi 17 nama dari seleksi di 12 kota. Tetapi, Indra Sjafri masih perlu melihat kualitas lanjutan dari 17 pemain tersebut secara langsung di Jakarta.

"Ya yang jelas 17 nama itu nanti kita coba rekomendasikan ke beberapa klub, tentu klub-klub yang terdekat radius dari tempat mereka tinggal," jelas Indra Sjafri.

"Karena mereka memiliki potensi. Kalau dia kembali lagi di daerah, takutnya pembinaan di daerahnya kurang baik," 

Baca Juga

"Lebih baik kita salurkan ke klub-klub Liga 1 yang sudah memiliki Elite Pro Academy U-14, U-16, U-18, dan U-20," tambah Indra Sjafri.

Pada kesempatan yang sama, Indra Sjafri juga menjelaskan soal kriteria yang menjadi acuan pemilihan pemain Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga

"Kalau soal tinggi badan kan posisi-posisi tertentu memang kita kasih batasan. Kiper, center back, striker, kan kita minta di atas 178. Tapi untuk posisi lain ya kalau dia berkualitas tentu kita pilih," jelas Indra Sjafri.

Dirinya juga menyebutkan bahwa tactical skills dari masing-masing pemain menjadi acuan utama penilaian, baik dari segi pemahaman ataupun praktik.

"Setelah itu, nantinya akan di test ulang lagi oleh coach Bima yaitu test fisik. Setelah itu baru akan ketawan apakah mencukupi atau tidak sesuai dengan yang  inginkan coach Bima," tutup Indra Sjafri.

Baca Juga
Indra SjafriBima Sakti TukimanPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini