x

Profil Kenzo Riedewald, Mbappe Didikan 3 Raksasa Belanda yang Pantas Bela Timnas Indonesia U-17

Sabtu, 22 Juli 2023 22:50 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Belanda sepertinya tidak pernah kehabisan talenta sepakbola berdarah Indonesia. Kenzo Riedewald adalah salah satunya. (Foto: Instagram@kenzoriedewald)

INDOSPORT.COM - Belanda sepertinya tidak pernah kehabisan talenta sepakbola berdarah Indonesia. Kenzo Riedewald adalah salah satunya.

Mengingat timnas Indonesia saat ini tengah sibuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dengan menggelar seleksi terbuka, nama Kenzo sepertinya pantas diperhitungkan.

Ia termasuk bakat spesial yang belum terlalu banyak diketahui oleh pecinta sepakbola tanah air dan berikut ini kami sajikan profilnya.

Kenzo Riedewald lahir di Belanda pada 24 Februari 2007 dan kini usianya masih menginjak 16 tahun.

Jika namanya terdengar tidak asing mungkin anda sudah pernah mendengar soal Jairo Riedewald, pesepakbola berpaspor Belanda yang merumput di Liga Inggris dan saat ini terdaftar sebagai penggawa Crystal Palace.

Baca Juga

Jairo dan Kenzo memang punya hubungan keluarga. Jairo sendiri adalah paman dari Kenzo dan juga memiliki darah Indonesia dalam nadinya.

Berbeda dari sang paman yang sudah punya tiga caps untuk Belanda senior, Kenzo untuk saat ini tertarik dengan kans membela sangara Suriname.

Ia memang juga masih punya akar dari Suriname yang merupakan salah satu bekas negara jajahan Belanda.

Sejak Februari 2013 nama Kenzo sudah terdaftar dalam skuad Suriname U-17 dan hingga saat ini telah ada tiga penampilan yang ia catatkan.

Akan tetapi bukan berarti Kenzo tidak membuka pintu untuk berpaling pada Indonesia.

Baca Juga

Lewat akun Istagramnya, Kenzo berulangkali menyatakan jika ia masih buta soal masa depan karier internasionalnya meski kini berbaju Suriname.

Pada warganet yang meramaikan kolom komentarnya, Kenzo tampak sering menjawab tidak tahu jika ditanyai apakah ia ingin membela timnas Indonesia atau tidak di masa mendatang.

Dari sana kita juga tahu jika Kenzo Riedewald rupanya masih punya hubungan yang dekat dengan Indonesia.

Kakek dan nenek sang remaja rupanya berasal dari Jawa juga Maluku, tepatnya pulau Banda Neira.

Dengan ini ia memenuhi salah satu syarat menjadi pemain naturalisasi timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Sempat Perkuat Utrecht, Ajax, dan AZ

Logo FC Utrecht

Diharapkan seiiring berjalannya waktu Kenzo Riedewald akan tumbuh menjadi pemain besar.

Pasalnya jika sukses menjadi bintang lapangan hijau profesional, maka timnas Indonesia sendiri yang akan untuk karena bisa memanfaatkan talentanya.

Kenzo sendiri bisa dibilang punya prospek serius. Bukan sesuatu yang mengherangkan karena ia sempat belajar di tiga akademi klub raksasa Belanda berbeda.

Yang pertama adalah FC Utrecht. Ia sudah tergabung dalam pendidikan usia dini klub yang bermarkas di Galgenwaard tersebut sejak usianya masih 10 tahun.

Utrecht sendiri merupakan salah satu kesebelasan luar negeri yang rajin memproduksi talenta berdarah campuran Indonesia dan Belanda.

Baca Juga

Beberapa di antara kemudian sukses menjadi penggawa timnas Indonesia baik dengan jalan naturalisasi maupun alami seperti Irfan Bachdim, Marc Klok, Shayne Pattynama, dan Ivar Jenner.

Pada musim panas 2022 setelah sempat singgah di sejumlah klub lain, Riedewald kemudian menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam.

De Godenzonen tidak kalah produktifnya ketimbang Utrecht dalam hal membika talenta diaspora zamrud khatulistiwa.

Dari masa ke masa sudah banyak pemain dari akademi mereka yang ternyata punya garis keturunan Indonesia seperti Nigel De Jong, Ryan van de Pavert, Noah Gesser, Lyfe Oldenstam, Ezra Walian, dan Jairo Riedewald.

Akan tetapi Kenzo hanya bertahan setahun saja di Amsterdam karena pada musim panas 2023 ini ia terbang ke Alkmaar untuk memperkuat AZ Alkmaar.

Baca Juga

AZ sampai pada musim 2022/2023 lalu masih dihuni oleh salah satu pemain blasteran Indonesia terbaik di Eropa, Tijjani Reijnders, yang belum lama ini meresmikan transfer ke AC Milan.

Kenzo Riedewald bisa mendapatkan privilege belajar di akademi-akademi besar karena bakatnya memang besar juga.

Ia berposisi sebagai penyerang sayap dan banyak yang mengatakan jika gaya bermainnya mirip dengan kapten sekaligus megabintang timnas Prancis, Kylian Mbappe.

Skill dribel dan olah bolanya sempat membuat salah satu akun media sosial pencari bakat diaspora terbaik Indonesia, @footballtalentnesia, merasa perlu memperkenalkan namanya pada khalayak luas.

Jika memang memungkinkan, ada baiknya PSSI mempertimbangkan mengajak Kenzo Riedewald untuk bermain di timnas Indonesia U-17. Keberadaan dirinya akan membantu meningkatkan kualitas skuad asuhan Bima Sakti untuk Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga
BelandaAjax AmsterdamAZ AlkmaarNaturalisasiTimnas IndonesiaPiala Dunia U-17FC UtrechtTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini