x

Guiseppe Rossi: Sempat Menawan di Manchester United Lalu Pensiun di Klub Antah Berantah Liga Italia

Minggu, 23 Juli 2023 15:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Giuseppe Rossi saat berseragam Manchester United

INDOSPORT.COM - Eks penyerang timnas Italia, Giuseppe Rossi resmi mengumumkan pensiun pada usia 36 tahun. Dia berkarier sebagai pemain profesional selama 19 tahun.

"Hari ini saya mengumumkan pensiun dari olahraga yang indah ini," kata Rossi dilansir dari akun Instagram-nya.

“Saya selalu bersyukur telah menjadi bagian dari ini. Mimpi saya menjadi kenyataan," imbuhnya.

Rossi mengakui, perjalanan karirnya tidak selalu mulus. Yang paling apakah adalah rentetan cedera yang tidak bisa ia gambarkan.

Meski demikian, eks Villarreal itu menegaskan tidak pernah berhenti bermimpi, ketika berbagai rintangan mencoba menghalangi mimpinya. Itu yang membuatnya kuat hingga hari ini.

Baca Juga

Rossi juga mengucapkan terima kasih mendalam untuk Timnas Italia, Villarreal, Fiorentina, Parma, Manchester United, Genoa, Newcastle United, Celta Vigo, Levante dan SPAL yang telah memberinya kesempatan bermain.

Meski berkebangsaan Italia, Rossi ternyata lahir di New Jersey, Amerika Serikat. Dia baru pindah ke Italia pada usia 12 tahun untuk bergabung ke akademi Parma.

Baca Juga

Saat usianya 17 tahun, Manchester United merekrutnya atau pada tahun 2004. Bakatnya sempat dibandingkan dengan legenda Italia, Alessandro Del Piero berkat kecepatan, teknik, umpan, dribbling dan finishing mematikan.

Dia mencatatkan debutnya bersama tim utama Setan Merah pada November 2004 di Piala Liga.

Debutnya di Premier League terjadi pada Oktober 2005 melawan Sunderland. Ketika itu, Rossi mencetak gol, sembilan menit setelah menggantikan Ruud van Nistelrooy.

Baca Juga

1. Statistik Giuseppe Rossi

Sir Alex Ferguson dan Giuseppe Rossi

Striker 173 cm itu menghabiskan tiga tahun tahun di Manchester United. Rossi hanya mencetak empat gol dan satu assist dalam 14 penampilan.

Karena kesulitan dapatkan menit bermain di Old Trafford, Rossi sempat dipinjamkan ke Newcastle (2006) dan Parma (2007). Setelahnya dia dijual ke klub Spanyol, Villarreal pada 2007.

Di Parma, Rossi tampil 20 pertandingan dengan raihan sembilan gol dan empat assist.

Performa terbaik Rossi capai puncaknya ketika membela Villarreal. Ia mencatatkan 82 gol dan 25 assist dari 192 penampilan di semua kompetisi.

Rossi enam musim di Villarreal. Berkat penampilan apik di klub itu juga, dia akhirnya dipanggil ke timnas Italia.

Baca Juga

Namun sayangnya, sejak 2011, Rossi mulai sering menderita cedera parah. Saat pindah ke Fiorentina pada Januari 2013, dia hanya mampu mencatatkan 42 penampilan dalam 4,5 musimnya bersama La Viola.

Dia juga sempat dipinjamkan ke dua klub Spanyol lainnya, Levante pada tahun 2016 dengan catatan enam gol dan dua assist dari 17 pertandingan. Lalu Celta Vigo pada 2016 dengan raihan enam serta satu assist dari 29 kali beraksi.

Baca Juga

Pada 2017, Rossi berstatus tanpa klub, sebelum akhirnya gabung Genoa. Di sana, dia tampil 10 laga dengan hanya cetak satu gol.

Setelahnya, ia dilepas Genoa dan sempat tanpa klub selama dua tahun dari 2018-2020. Rossi lalu menyebrang ke AS dengan memperkuat Real Salt Lake (tujuh penampilan, satu gol).

Rossi kemudian kembali ke Liga Italia dan  memperkuat SPAL pada 2021 dan 2023 (total 19 penampilan dan tiga gol). Lalu memutuskan pensiun pasca kontraknya berakhir akhir bulan lalu.

Bersama timnas Italia, Rossi berhasil mencatatkan 30 caps dan mencetak 7 gol.

Sepanjang kariernya, Rossi hanya sekali mengangkat trofi yakni Piala Liga Inggris pada musim 2006 bersama Manchester United. Selain itu, juga raih gelar topskor pada Olimpiade 2008.

Baca Juga
Manchester UnitedGiuseppe RossiFiorentinaVillarrealLiga Italia

Berita Terkini