x

Arema FC Menanggung Denda Atas Suporter yang Nekat Datang ke Kediri

Senin, 24 Juli 2023 14:11 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Arema FC berusaha menghalau serangan dari kaki pemain Persik Renan Silva pada laga pekan ketiga Liga 1 di Stadion Brawijaya (Kediri), Sabtu (15/07/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Arema FC akhirnya harus menanggung sanksi perihal ulah segelintir suporternya yang nekat melakoni away ke Stadion Brawijaya, Kediri

Sebagaimana diketahui, 25 suporter yang terindikasi mendukung Arema FC, diamankan oleh pihak keamanan pertandingan dalam Derby Jatim melawan Persik Kediri, Sabtu (15/7/23) lalu.

Mereka didapati tanpa atribut dan berhasil lolos sampai ke tribun stadion. Beruntung, situasi itu tak sampai mengganggu jalannya laga yang dimenangkan Persik Kediri dengan skor 5-2. 

Situasi ini lantas ditindaklanjuti oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Dalam sidang Kamis (20/7/23), Komdis memberi sanksi berupa denda kepada Arema FC.

Klub berlogo kepala singa dinilai melanggar Regulasi Liga 1 Pasal 51 Ayat 6, perihal lapangan suporter tim tamu hadir di stadion dan dikenai sanksi denda Rp25 juta.

Baca Juga

"Tentu dalam fase transformasi sepak bola ini semua hal menjadi pelajaran berharga," ucap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

"Denda dari Komdis menjadi bahan instrospeksi bagi kita semua agar kejadian serupa tidak terulang," sambung figur yang sebelumnya Manajer Bisnis Marketing Arema FC itu.

Sanksi ini lantas disikapi Arema FC secara positif. Klub berlogo kepala singa menguatkan komitmen untuk mematuhi segala aturan dalam regulasi kompetisi.

"Segala hal berkaitan dengan regulasi terus kita cermati. Dari internal Arema FC sendiri, terus berbenah," Yusrinal mengungkapkan.

"Terutama sistem tiket online yang berhubungan dengan pengamanan di lapangan, setiap (penonton) yang masuk jadi bisa teridentifikasi," tambah dia.

Sudah Rp75 Juta

Arema FC sendiri sudah menanggung sanksi Komdis PSSI berupa denda cukup besar sepanjang melakoni 4 pekan awal kompetisi Liga 1 2023/2024.

Dari 4 kali agenda sidang, Arema FC sudah dijrat sanksi 2 kali. Secara total, klub berlogo kepala singa mesti menyetor sanksi berupa denda senilai Rp75 juta.

Sanksi terbaru pada sidang Komdis PSSI Kamis (20/7/23), Arema FC mesti membayar Rp25 juta karena denda atas kehadiran suporternya di Stadion Brawijaya Kediri, Sabtu (15/7/23) lalu.

Hal itu melanggar Regulasi Liga 1 Pasal 51 Ayat 6 terkait larangan suporter tim tamu untuk hadir dalam semua pertandingan kompetisi musim ini.

Sementara sanksi pertama tercantum dalam sidang Komdis PSSI (11/7/23) lalu. Arema FC dijerat dengan sanksi denda Rp50 juta.

Baca Juga

Kesalahannya, Dendi Santoso dkk terlambat selama 93 memasuki lapangan, jelang babak kedua lawan Dewa United di Stadion Indomilk Arena Tangerang (2/7/23) lalu.

"Memang ada keterlambatan tim memasuki lapangan. Saat itu ada pemain yang masih di toilet," jelas Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas.

"Sanksi sudah diputuskan, jadi ya dijalani saja. Kami akan sampaikan ini ke semua (anggota tim), intinya jangan sampai terulang lagi," tambah dia.

Baca Juga
PSSIPersik KediriArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini