x

5 Alasan Arsenal Bakal Terpuruk di Liga Inggris 2023/2024

Selasa, 25 Juli 2023 15:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Aksi Gabriel Jesus di laga Liga Inggris antara Arsenal vs Southampton. REUTERS/Hannah Mckay

INDOSPORT.COM - Arsenal tampil apik di Liga Inggris 2022/2023. Tim asal London bertahan di puncak klasemen selama 248 hari, sebelum akhirnya dikudeta Manchester City. 

Itu adalah waktu terlama sebuah tim bertahan di puncak klasemen Liga Inggris, yang pada akhirnya gagal memenangkan gelar.

Arsenal hampir keluar sebagai juara Liga Inggris musim lalu, seandainya tidak tersandung di putaran kedua. Karenanya, menarik ditunggu kiprah klub asuhan Mikel Arteta pada musim baru. 

Namun, media asing, Sportskeeda memprediksi Arsenal tidak 'meledak' seperti musim lalu. Ada lima alasan yang mendasarinya. 

Baca Juga

Klub Big 6 Makin Kuat

Manchester City musim lalu meraih gelar Liga Inggris, karena tidak ada tim yang sekuat mereka. Itu juga jadi alasan penampilan Arsenal mengejutkan banyak orang. 

Untuk musim ini, City diyakini tetap konsisten karena tim asuhan Pep Guardiola tidak banyak lakukan perubahan. Hanya Ilkay Gundogan yang keluar ke Barcelona dan Benjamin Mendy yang dilepas. 

Pemain baru yang datang adalah Mateo Kovacic (Chelsea) dan Nahuel Bustos yang kembali dari masa pinjaman.

Sementara itu, Liverpool mulai berbenah untuk musim baru. Tim asuhan Jurgen Klopp telah datangkan dua gelandang enerjik, Alexis Mac Allister (dari Brighton) dan Dominik Szoboszlai (dari RB Leipzig). 

Tottenham Hotspur belum melakukan kejutan di bursa transfer. Tapi tim asal London Utara punya pelatih baru, Ange Postecoglou yang patut dinanti kiprahnya setelah sukses Celtic di Liga Skotlandia. 

Baca Juga

Newcastle United juga patut diwaspadai. Kendati berhati-hati di bursa transfer, mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan pemain yang dimiliki, terbukti finish empat besar musim lalu. 

Manchester United kini mulai  membangun kekuatan. Pelatih Erik ten Hag berhasil datangkan pemain incaran seperti Jonny Evans, Andre Onana, Mason Mount, Eric Bailly (kembali dari pinjaman Marseille) Alex Telles (kembali dari pinjaman Sevilla). 

Chelsea kini dilatih Mauricio Pochettino yang sudah tau seluk beluk Liga Inggris. The Blues juga mulai mengumpulkan pemain muda potensial dari akademi.

Dengan enam tersebut yang sudah lakukan persiapan dan aktifitas di bursa transfer, maka Arsenal tidak akan melewati musim dengan mudah. 

Baca Juga

1. Fokus Terbagi di Liga Champions

Gabriel Magalhaes berduel dengan Alejandro Garnacho di laga pramusim Arsenal vs Manchester United (23/07/23). (Foto: Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports)

Arsenal akan bermain di Liga Champions musim depan. Hal itu akan melelahkan karena klub pasti dituntut tampil maksimal mengingat gengsi dan hadiah yang besar di kejuaraan ini. 

Persaingan di Liga Champions sangat berat, belum lagi Arsenal akan bertanding di Liga Inggris setiap akhir pekan sehingga fisik pemain dan fokusnya akan terkuras. 

Musim lalu, Arsenal hanya bermain di Europa League, tapi The Gunners tidak bisa melangkah jauh karena kalah dari Sporting Lisbon di Babak 16 Besar.

Baca Juga

Minim Striker Ganas

Musim lalu, Arsenal mencetak 88 gol di Liga Inggris atau hanya enam gol lebih sedikit dari sang juara Manchester City.

Sebagian besar gol dicetak oleh Gabriel Martinelli dan Martin Odegaard yang masing-masing menyumbang 15 gol,  sementara Buyako Saka mencetak 14 gol. 

Sementara, rekrutan baru, Gabriel Jesus  mencetak 11 karena harus berjuang dengan cedera. Sedangkan Eddie Nketiah hanya bikin empat gol. 

Sejatinya ada Folarin Balogun, yang mencetak 21 gol ketika dipinjamkan ke klub Prancis, Reims. Dia bisa jadi pilihan yang bagus untuk Arsenal. 

Namun, rumornya pemain Timnas Amerika Serikat itu kemungkinan akan cabut dari klub. 

Baca Juga

Inkonsisten

Arsenal memulai musim 2022-23 dengan kuat meraih beberapa kemenangan berturut-turut. Tapi, di akhir putaran kedua, penampilan The Gunners merosot. 

Arsenal kalah dari Brighton & Hove Albion (0-3), Nottingham Forest 0-1), Manchester City (1-4). Mereka juga ditahan imbang oleh Liverpool (2-2), West Ham United (2-2) dan Southampton (3-3). 

Mikel Arteta seolah kehilangan sentuhan 'magic'. Dari empat kompetisi yang diikuti, tak ada satu pun yang jadi juara. 

Di Liga Inggris, Arsenal hanya jadi runner.up; lalu terhenti di babak keempat FA Cup, kalah di 16 besar Liga Europa dan tersingkir di babak ketiga Piala Liga Inggris. 

Baca Juga

Tekanan dan Ekspetasi Tinggi

Musim lalu Arsenal tampil sangat mengesankan, meski tanpa raihan trofi. Itu membuat mereka dijagokan sebagai salah satu tim terkuat di Inggris. 

Fans tentu berharap bahwa klub tampil dengan kemampuan yang sama di musim mendatang. 

Namun, yang perlu diingat, di Liga Inggris musim 2022/2023, Arsenal tidak melakukannya dengan baik ketika berada di bawah tekanan. 

The Gunners menyia-nyiakan keunggulan delapan poin atas Manchester City hingga pertengahan Maret. 

Dengan beban ekspektasi tinggi, dibutuhkan tekad dan karakter yang kuat jika Arsenal ingin juara di musim  2023-2024.

Baca Juga
ArsenalMikel ArtetaLiga Inggris

Berita Terkini