x

Bedah Kualitas Kobbie Mainoo, Pemain Muda yang Bersinar di Pramusim Manchester United

Selasa, 25 Juli 2023 08:36 WIB
Editor: Juni Adi
Gelandang muda Manchester United, Kobbie Mainoo, di laga pramusim kontra Arsenal (23/07/23). (Foto: Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports)

INDOSPORT.COM - Kobbie Mainoo menjadi salah satu pemain muda yang bersinar selama pramusim klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, ia pun digadang-gadang bakal jadi bintang baru.

Manchester United akan kembali melakoni pertandingan uji coba pramusim melawan salah satu klub Liga Amerika Serikat, Wrexham, di Snapdragon Stadium, pada Rabu (26/07/23) besok pukul 09:30 WIB.

Kemenangan berpotensi diraih lagi oleh tim besutan Erik ten Hag, mengingat secara kualitas sangat jauh berbeda. Apalagi Manchester United juga sedang dalam tren positif.

Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni selama pramusim ini, Manchester United mampu menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan dengan catatan tanpa kebobolan.

Pertama mereka menang 2-0 atas Leeds United, kemudian menang 1-0 atas Lyon dan terbaru menang 2-0 melawan Arsenal, serta menang adu penalti juga atas The Gunners 5-3.

Baca Juga

Catatan impresif itu membuat para pendukung Setan Merah optimis menyongsong persaingan gelar juara di seluruh kompetisi musim depan yang mereka ikuti.

Apalagi selama di tur pramusim ini, terdapat beberapa pemain yang tampil menonjol khususnya para pemain muda, salah satunya adalah Kobbie Mainoo.

Baca Juga

Kobbie Maninoo adalah talenta muda asal Inggris berdarah campuran Ghana yang lahir di Stockport, pada 19 April 2005 lalu. Ia merupakan pemain asli didikan akademi Manchester United.

Gelandang berusia 18 tahun itu bergabung dengan tim muda Manchester United pada tahun 2021 lalu. Kemudian naik level memperkuat tim U-18.

Penampilannya cukup apik karena ia jadi pemain andalan di lini tengah, dengan membuat 28 penampilan dan mencetak 2 gol serta 1 assist di Liga Inggris U-18 2021/22.

Semusim kemudian, Mainoo dipromosikan oleh staff pelatih pemain muda untuk memperkuat tim U-21 Manchester United. Total 17 pertandingan dilakoni oleh Mainoo di Liga Inggris U-21, dengan membuat 2 gol dan 2 assist.

Ia juga menjadi salah satu pemain kunci dalam keberhasilan Manchester United U-21 merebut gelar FA Youth Cup 2022 lalu mengalahkan Nottingham Forest U-21 dengan skor 3-1 di partai final.

Kobbie Mainoo pun mencuri perhatian pelatih Erik ten Hag, sehingga membawanya ke tim utama Manchester United pada Januari 2023.

Baca Juga
 

1. Bedah Kualitas Kobbie Mainoo

Gelandang muda Manchester United, Kobbie Mainoo, di laga pramusim kontra Arsenal (23/07/23). (Foto: Reuters/Vincent Carchietta-USA TODAY Sports)

Mainoo melakoni debutnya sebagai pemain profesional saat menghadapi Charlton Athletic di babak perempatfinal Carabau Cup pada 10 Januari 2023.

Kala itu ia masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Casemiro di menit ke-60 dalam kemenangan Manchester United 3-0.

Secara kualitas, Kobbie Mainoo memang layak untuk segera jadi bagian dari tim utama Manchester United lantaran perkembangannya sangat signifikan naiknya. 

Sosoknya mengingatkan pendukung Manchester United dengan Paul Pogba karena keterampilan teknisnya menggiring bola, mempertahankan bola dan jangkauan umpan yang mengesankan.

Umumnya seorang gelandang tengah biasa menjalani peran bertahan atau menyerang, tapi Mainoo nyaman bermain di keduanya. Dia mampu bertahan dan menyerang untuk menawarkan fleksibilitas dan mobilitas timnya.

Baca Juga

Mainoo gemar mengalahkan orang dengan keterampilan dribbling-nya di lini tengah. Dia menggabungkannya dengan kemampuan passing dan fisik yang sangat baik.

Diberkati dengan visi yang luar biasa, kesadaran permainan anak muda ini sudah melampaui apa yang diharapkan orang dari pemain seusianya.

Baca Juga

Dalam skenario yang ideal, Mainoo bisa menjadi tipe gelandang serba bisa, gelandang lengkap yang bisa dibilang tidak dimiliki Man United sejak Michael Carrick. 

Sejauh ini, ia telah tampil dalam tiga pertandingan pramusim Manchester United sebagai starter sejak menit awal. Erik ten Hag pun merasa puas dengan kontribusi Kobbie Mainoo.

Terutama ketika Manchester United melawan Arsenal. Mainoo terlihat tampil nyaman di lini tengah bersama Mason Mount di laga itu. 

Baca Juga

Pemain internasional Inggris U19 itu menampilkan performa yang meyakinkan saat menghadapi pemain-pemain seperti Declan Rice, Martin Odegaard, dan Kai Havertz.

Di laga itu juga Mainoo yang tampil sebagai pemain nomor 6 mampu menjad pengontrol permainan dengan 23 operan sukses dari 24 percobaan atau punya akurasi 96 persen.

Selain itu peran sebagai pemain nomor 6 ini mampu ditampilkan Kobbie Mainoo dengan memenangkan 2 duel, serta membuat 1 intersep dan 1 tekel.

Tak cukup sampai di situ, ia juga mampu menunjukkan kemampuan sebagai Deep-Lying Playmaker berkat satu assistnya untuk gol Bruno Fernandes di laga Arsenal vs Manchester United.

"Ini fantastis, Man United terkenal selalu mengorbitkan pemain muda dan dia bisa menjadi salah satunya, tapi kita lihat saja nanti," ujar Erik ten Hag kepada Manchester Evening News.

"Kami memiliki kepercayaan diri, dia bermain dengan penuh keyakinan dan saya sangat menyukai penampilannya. Padahal ia sempat diganggu cedera. Tetapi bisa kembali ke permainan terbaiknya," tambahnya.

"Jadi kami sangat senang ada lebih banyak pemain muda bersama kami sekarang dan mereka semua melakukannya dengan sangat baik, tetapi saya tidak ingin menaikkan ekspektasi terlalu tinggi," tukasnya.

Kobbie Mainoo diharapkan dapat mengambil peran dalam skuat Manchester United untuk musim 2023/24 dan belum lama ini diberitahu bahwa ia tidak akan dipinjamkan ke klub lain.

Manchester UnitedLiga InggrisErik ten HagKobbie Mainoo

Berita Terkini