x

Kisah Luka Romero Guncang Liga Spanyol di Usia 15 Tahun Sebelum Gabung AC Milan

Selasa, 25 Juli 2023 06:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Luka Romero saat resmi bergabung dengan AC Milan. (Foto: acmilan)

INDOSPORT.COM - Kisah Luka Romero yang mengguncang Liga Spanyol di usia 15 tahun, sebelum bergabung ke AC Milan di bursa transfer musim panas 2023.

Luka Romero tampil gemilang bersama AC Milan dalam ajang pramusim melawan Real Madrid, Senin (24/07/23) di Stadion Rose Bowl, California, Amerika Serikat.

Luka Romero mencetak gol dari sepakan jarak jauh di menit 42, meski akhirnya AC Milan harus mengakui keunggulan Real Madrid dengan skor tipis 2-3.

Sebelum ini, Romero juga tampil apik saat Milan menjalani uji coba kontra Lumezzane. Ia mencetak satu gol dan assist, hingga Rossoneri meraih kemenangan dengan skor telak 6-0.

Faktanya, wonderkid berusia 18 tahun itu direkrut AC Milan dari Lazio dengan status free transfer. Ini adalah keuntungan besar bagi Rossoneri.

Baca Juga

Jauh sebelum membela AC Milan dan membobol gawang Real Madrid, Romero sudah menjadi buah bibir saat mencatat rekor debutan termuda di Liga Spanyol 2019/2020.

Luka Romero menjalani debutnya di Liga Spanyol 2019/2020 dengan seragam Mallorca. Saat itu ia baru menginjak usia 15 tahun dan 255 hari, tetapi sudah dipercaya pelatih Vicente Moreno.

Baca Juga

Menariknya, kala itu Luka Romero masuk sebagai pemain pengganti, saat Mallorca menghadapi Real Madrid. Timnya harus mengakui keunggulan Los Blancos 2-0.

Meski kalah di laga debutnya, tetapi sampai hari ini, nama Luka Romero masih tercatat sebagai pemain termuda yang pernah bermain dalam sejarah La Liga.

Ia memecahkan rekor milik Francisco Bao Rodriguez alias Sanson, berusia 15 tahun 255 hari ketika ia menjalani debut di Liga Spanyol bersama Celta Vigo, tahun 1939.

Baca Juga

1. Luka Romero The Next Messi?

Pemain anyar AC Milan, Luka Romero, sukses mencetak gol fantastis dalam pertandingan pramusim melawan Real Madrid di Rose Bowl, Amerika Serikat, Senin (24/07/23). (Foto: REUTERS/Kirby Lee)

Ada kisah menarik saat nama Luka Romero mulai muncul di permukaan. Kala itu sang gelandang asal Argentina baru bergabung dengan tim utama Mallorca selama satu bulan.

Luka Romero sebelumnya bermain untuk tim junior, tetapi ia langsung 'akselerasi' ke tim utama Mallorca di Liga Spanyol, bahkan tidak mencicipi tim B terlebih dahulu.

Berhubung ada masalah dokumen, Romero belum bisa debut melawan Barcelona. Lalu ia masuk dalam daftar pemain cadangan di laga kontra Villarreal.

Luka Romero akhirnya benar-benar debut di laga sengit kontra Real Madrid, meski hanya lima menit mencicipi lapangan hijau, tetapi hal itu tercatat dalam sejarah.
 
Pelatih Mallorca, Vicente Moreno mengaku puas meski Romero belum bisa memberikan kemenangan untuk tim.

Baca Juga

"Apa yang Anda coba lakukan adalah menenangkannya. Dia adalah anak usia 15 tahun. Yang penting dia ada di sana karena dia pantas mendapatkannya," kata Moreno.

"Dia melakukannya dengan baik dan agresif. Jika kami terus mendorongnya, saya yakin dia akan terus berkembang," imbuhnya.

Sekadar informasi, Luka Romero lahir di Meksiko, tetapi ia juga memiliki paspor Spanyol dan Argentina. Soal Timnas, Romero ingin mengikuti jejak Lionel Messi dan memilih paspor Argentina.

Baca Juga

Saat Luka Romero baru berusia tujuh tahun, ia telah mencuri perhatian Barcelona, tetapi klub Catalan itu belum bisa mengontraknya karena ia terlalu muda untuk tinggal sendiri.

Bukan tanpa alasan jika Romero kini dijuluki sebagai The Next Messi. Selain karena bermain untuk Argentina, ia juga piawai dengan kaki kiri dan gaya mainnya mirip eks bintang Barcelona itu.

"Keluarga saya adalah orang Argentina, dan impian saya adalah memakai seragam Tim Nasional Argentina," ucap Luka Romero di laman Asosiasi Sepak Bola Argentina pada 2018.

Baca Juga
AC MilanLuka RomeroReal MallorcaIndepth

Berita Terkini