x

Manchester United Ketiban 2 Nasib Sial Gara-gara Sikap Tak Jelas Glazer

Rabu, 26 Juli 2023 16:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manchester United tidak kunjung mendapat pemilik baru. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bisa ketiban dua nasib sial gara-gara sikap keluarga Glazer.

Seperti diketahui, kabar Manchester United yang akan dilepas keluarga Glazer sudah menyeruak ke publik sejak November 2022 lalu.

Kabar berita tentang rencana penjualan tersebut pun berhasil menarik minat sejumlah investor kaya raya. Apalagi, Manchester United juga bukan klub 'receh-receh' di kompetisi Liga Inggris.

Dari sekian calon pembeli yang dikaitkan, daftar pun mengerucut menjadi dua nama yakni Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe.

Namun sampai detik ini, penjualan klub tidak kunjung menemukan titik terang meski sudah banyak media yang memberitakan ‘pertarungan’ dua investor tersebut.

Alotnya proses pelepasan Manchester United ini pun membuat publik bertanya-tanya, apa keluarga Glazer benar-benar niat melepas klub yang sudah mereka kuasai sejak lama tersebut?

Baca Juga

Selain desas-desus yang berkembang di khalayak ramai, sikap tidak jelas keluarga Glazer ini pun bisa berdampak buruk bagi Manchester United sendiri.

Seorang ahli finansial bernama Kieran Maguire, kepada Football Insider, sempat mengungkapkan bahwa pihak Sheikh Jassim dan Sir Jim Ratcliffe sama-sama dibuat frustrasi oleh The Glazers.

Harga Saham Turun

Salah satu dampak yang mungkin muncul dari drama ini adalah penurunan harga saham Manchester United yang diakibatkan oleh ketidakjelasan status bidding klub.

“Tersendatnya progres penjualan tentu saja membuat Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim frustrasi,” ucap Kieran Maguire kepada Sean Fisher dari Football Insider.

Baca Juga

“Kita perlahan melihat penurunan harga saham [Manchester United] setiap harinya, karena tidak ada kabar,” tambahnya lagi.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, Kieran Maguire pun menyebut situasi penjualan Manchester United saat ini bak soap opera alias opera sabun yang berbelit-belit dan dramatis.

“Ini [penjualan] telah mengubah Manchester United menjadi opera sabun di luar lapangan,” ujarnya menambahkan.

Ya, drama tentang pengambilalihan Manchester United memang telah menyita perhatian publik Liga Inggris dalam beberapa waktu terakhir layaknya sebuah pertunjukan yang tiada henti.

Jadi bukan hanya harga saham, situasi terkait pembangunan skuad juga menjadi dampak negatif yang muncul dari opera sabun ini.

Baca Juga

1. Hilang Peluang Dapat Anggaran Lebih dari Pemilik Baru

Manchester United tidak kunjung mendapat pemilik baru. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Alih-alih mengurusi drama bertele-tele ini, penggemar mungkin lebih memilih fokus dengan apa yang terjadi di dalam lapangan.

Beberapa waktu lalu, Erik ten Hag sempat dihadapkan pada masa-masa sulit mendatangkan pemain karena status kepemilikan yang mungkin mengalami transisi.

Memang, sampai detik ini tidak ada bukti bahwa klub mengurangi anggaran belanja di bursa transfer atau menghambat proses perekrutan pemain.

Akan tetapi, dengan ketidakjelasan penjualan, status kepemilikan klub juga menjadi tanda tanya besar untuk waktu yang cukup lama.

Jika klub sudah terjual sejak kemarin-kemarin, Manchester United pasti telah mendapat pemilik baru yang bisa memuluskan atau bahkan meningkatkan anggaran transfer.

Entah Sheikh Jassim maupun Sir Jim Ratcliffe, mereka nampaknya tidak akan keberatan memberi suntikan dana kepada Manchester United untuk membangun skuad jempolan.

Baca Juga

Terlebih lagi, nilai Manchester United dalam beberapa waktu belakangan termasuk menanjak setelah mereka finis di empat besar dan kembali di Liga Champions.

“Memang tidak ada bukti mereka [klub] memangkas anggaran musim panas ini,” ujar Kieran Maguire soal sepak terjang Manchester United di bursa transfer pemain.

“Akan tetapi, pemilik baru pasti akan menaikkan [jumlahnya], dan banyak orang akan menganggap ini sebagai kesempatan yang lenyap,” ujarnya lagi.

Baca Juga

Manchester United di Bursa Transfer

Seperti diungkap Kieran Maguire, nampaknya tidak ada tanda-tanda Manchester United membatasi anggaran mereka untuk merekrut pemain.

Terlihat dari pergerakan Manchester United di bursa transfer kali ini yang tengah berkutat pada bintang Atalanta, Rasmus Hojlund.

Striker asal Denmark itu bukanlah target murah meriah lantaran Atalanta melabelinya dengan nilai yang cukup tinggi.

Kemudian, Manchester United juga mendatangkan Andre Onana setelah melepas David de Gea yang habis kontrak, sembari dikaitkan dengan Sofyan Amrabat dan Harry Kane.

Namun sayang memang, kabar pelepasan klub ke Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe masih menjadi isu krusial yang belum mampu diselesaikan Glazer dan Manchester United hingga saat ini.

Bisa jadi, drama ini mungkin akan ditutup dengan peristiwa antiklimaks, bahwa keluarga Glazer batal menjual Manchester United.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSir Jim RatcliffeSheikh JassimIndepth

Berita Terkini