x

Pengorbanan Besar AC Milan Untuk Rekrut Kylian Mbappe: Jual Separuh Skuat

Rabu, 26 Juli 2023 18:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Kylian Mbappe dari Prancis berpose dengan penghargaan Sepatu Emas Piala Dunia 2022 REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM – Meski hanya sebatas rumor, namun AC Milan bisa merealisasikan perekrutan Kylian Mbappe andai manajemen Rossoneri bersedia menjual setengah skuatnya musim ini.

Dalam beberapa waktu terakhir, nama Kylian Mbappe memang tengah jadi perbincangan hangat lantaran sang pemain resmi masuk dalam daftar jual Paris Saint-Germain.

PSG memasukkannya dalam daftar jual karena klub tak mau rugi jika musim depan bakal kehilangan Mbappe secara gratis.

Seperti diketahui, kontrak Mbappe bersama PSG hanya tersisa satu tahun dan sampai sekarang sang pemain belum mau memperpanjang masa baktinya bersama Les Parisiens.

Jurnalis CBS, James Benge menyebut klub Liga Arab Saudi, Al Hilal sudah memberikan tawaran hingga 300 juta Euro atau Rp 5 triliun ke PSG untuk dapatkan Mbappe.

Baca Juga

Sementara itu dari laporan Marca, disebutkan juga bahwa AC Milan akan menjadi satu-satunya pilihan yang layak di Italia untuk Mbappe jika dia meninggalkan PSG. 

Dalam sebuah wawancara dengan La Gazzetta dello Sport tahun 2022 lalu, Mbappe menjelaskan bahwa dia adalah penggemar Milan. Ia memiliki 'ikatan khusus' dengan klub berkat bagian tertentu dari masa kecilnya.

Baca Juga

Secara diatas kertas, peluang AC Milan untuk mendatangkan Kylian Mbappe dengan membayar klausul rilisnya dari PSG terbilang sangat kecil, bahkan terbilang mustahil.

Pasalnya untuk bisa memenangkan persaingan dalam perebutan Mbappe, kubu AC Milan harus lebih dulu menyiapkan mahar 300 juta euro yang jadi angka penawaran Al Hilal.

Melihat dari kondisi keuangan AC Milan saat ini, tentu sangat sulit buat Rossoneri menyaingi tawaran gila Al Hilal tersebut.

Namun jika AC Milan rela mengobral setengah skuatnya di bursa transfer, mungkin impian untuk mendatangkan Kylian Mbappe bisa terwujud.

Baca Juga

1. Lepas Para Bintang

Selebrasi Rafael Leao di laga Liga Italia antara AC Milan vs Lecce. REUTERS/Daniele Mascolo

Dilansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa skuat AC Milan saat ini memiliki harga pasar sebesar 547 juta euro atau setara dengan Rp 9 triliun rupiah.

Andai bisa menjual setengah dari skuatnya, AC Milan setidaknya bisa mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 5 triliun.

Pemain-pemain yang mungkin bisa dijual diantaranya adalah Mike Maignan, Fikayo Tomori, Pierre Kalulu, Theo Hernandez, Ismaël Bennacer, Charles De Ketelaere hingga Rafael Leao.

Total jika berhasil menjual para pemain diatas sesuai dengan market valuenya saat ini, AC Milan akan memperoleh pemasukan mencapai 327 juta euro.

Jumlah tersebut sudah bisa menyamai tawaran Al Hilal buat Mbappe. Berbekal faktor klub idaman dan hasrat untuk terus bermain di Eropa, jelas tawaran AC Milan nanti bakal lebih diprioritaskan Mbappe ketimbang Al Hilal.

Baca Juga

Jika cuci gudang tersebut benar-benar dilakukan AC Milan untuk mendatangkan Mbappe, bisa dipastikan Rossoneri harus bermain dengan skuat alakadarnya musim depan.

Praktis AC Milan cuma bisa mengandalkan Mbappe sebagai ujung tombak. Sedangkan di sektor lain harus memanfaatkan para pemain akademi serta rekrutan baru yang didatangkan musim panas ini.

Baca Juga

Andai terjadi, tentu akan sangat menarik melihat Mbappe berduet dengan Noah Okafor dan Samuel Chukwueze atau Junior Messias di lini depan AC Milan nanti.

Meski bakal kehilangan hampir sebagian skuat terbaiknya, namun kehadiran Mbappe bisa berikan dampak positif buat AC Milan.

Datangnya Mbappe bakal membuat nilai pasar AC Milan meningkat, jumlah penjualan merchandise pun bisa berikan keuntungan finansial buat Rossoneri.

Baca Juga

2. Rekor Transfer

Selebrasi Kylian Mbappe usai mencetak gol di laga Troyes vs PSG (08/05/23). (Foto: REUTERS/Johanna Geron)

Tak cuma bakal jadi sensasi jika AC Milan berhasil mendatangkan Mbappe, sebuah rekor transfer pun bakal dipecahkan skuat arahan Stefano Pioli ini jika transfer tersebut sukses.

Masih dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa pembelian termahal sepanjang sejarah sampai saat ini masih dipegang oleh Neymar yang didatangkan PSG dengan mahar 222 juta euro tahun 2017 lalu.

Jika AC Milan mampu mendatangkan Mbappe dengan harga 300 juta euro, maka pemain kelahiran Paris tersebut akan resmi memegang gelar pemain termahal dunia.

Selain itu, AC Milan juga akan memecahkan rekor pembelian termahal klub sepanjang sejarah yang sebelum dipegang Leonardo Bonucci.

Tercatat, Rossoneri resmi mendatangkan bek Italia tersebut dengan mahar 42 juta euro dari Juventus pada musim 17/18 silam.

Bursa TransferAC MilanParis Saint-GermainLiga ItaliaKylian MbappeBerita Transfer

Berita Terkini