x

Siapa Bitello? Permata Brasil yang Selangkah Lagi Gabung Arsenal

Rabu, 26 Juli 2023 06:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, dikabarkan selangkah lagi akan merekrut permata Brasil yang membela Gremio, Bitello.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Arsenal, dikabarkan selangkah lagi akan merekrut permata Brasil yang membela Gremio, Bitello.

Dilansir dari Tuttomercato, Arsenal hampir mencapai kesepakatan dengan Gremio untuk merekrutnya di angka 8 juta euro (Rp132 miliar) saja.

Dilaporkan bahwa tim berjuluk The Gunners itu mendapatkan jasanya dengan mengalahkan tim-tim Inggris dan Italia yang meminati pemain berusia 23 tahun itu.

Tak ayal, Bitello pun akan menjadi rekrutan baru Arsenal dan akan menjadi salah satu winger yang menambah kedalaman skuadnya.

Karena kian dekatnya pemain asal Brasil itu bergabung, namanya pun kini banyak dicari dan kualitasnya pun kemudian dipertanyakan.

Baca Juga

Diketahui, Bitello lahir di Formosa do Oeste dengan nama lengkap Joao Paulo de Souza pada 7 Januari tahun 2000 silam.

Calon rekrutan baru Arsenal ini diketahui memulai kariernya di FC Cascaveli sejak level akademi, sebelum bergabung akademi Gremio.

Di kancah profesional pun, Bitello mengawali kariernya di FC Cascaveli selama semusim, sebelum akhirnya diboyong kembali oleh Gremio.

Baca Juga

Bitello tercatat telah membela Gremio sejak masih berkompetisi di Serie B atau kasta kedua Brasil pada 2022 lalu.

Saat itu, Bitello mampu menjadi andalan dengan mencatatkan 36 penampilan dan berhasil menjaringkan 7 gol dan 3 assist, yang membuat Gremio promosi ke Serie A.

Lalu di Serie A pada tahun 2023 ini, Bitello tercatat telah bermain sebanyak 14 kali dengan menorehkan 3 gol bagi Gremio.

Dengan torehannya itu, bisa dikatakan Bitello adalah pemain yang rajin mencetak gol dan mencetak assist. Tapi apakah kualitasnya nanti berguna bagi Arsenal?

Baca Juga

1. Kualitas Bitello

Bintang Gremio, Bitello. (Foto: REUTERS/Diego Vara)

Dilansir dari laman FBRef, Bitello merupakan tipikal pemain yang Versatile atau bisa menempati beragam posisi, terutama di lini depan.

Diketahui, ia kerap dipasang sebagai winger kiri dan juga ditempatkan sebagai gelandang serang selama membela Gremio.

Lalu bagaimana denganc catatan Bitello selama membela Gremio sepanjang tahun 2023 ini di kompetisi Serie A Brasil?

Jika melihat catatannya, Bitello bisa dikatakan sebagai winger atau gelandang serang tajam. Tercatat ia punya rataan 0,23 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit.

Ia pun cenderung kreatif sebagai winger yakni dengan membuat rata-rata 4,21 Shot-Creating Actions (SCA) atau tindakan berbuah peluang bagi rekannya per 90 menit.

Baca Juga

Sebagai winger yang kerap diidentikan egois, Bitello justru jauh dari kesan itu. Ia malah terlihat sebagai Team Player ketimbang menunjukkan kemampuannya.

Hal ini terbukti dari rataan operannya per 90 menit yakni sebanyak 49,40 kali dengan akurasi cukup apik yakni 81,3 persen.

Ada alasan mengapa Bitello tak egois. Hal ini tak lepas dari kekurangannya dalam dribel. Tercatat, ia hanya bisa melakukan 1,28 dribel sukses per 90 menit sebagai winger.

Baca Juga

Lalu, kemampuan Bitello sebagai Team Player juga terlihat dari keinginannya membantu tim dalam bertahan, terutama dari area lawan.

Tercatat, Bitello mampu membuat 3,08 tekel + intersep per 90 menit di area lawan dan membuat 1,65 blok per 90 menit di Final Third.

Kemampuan ini membuat Bitello akan cocok menerapan strategi High Pressing yang telah diterapkan Arsenal sejak musim lalu.

Tapi Bitello tak akan serta merta bisa menembus tim utama Arsenal. Ada kemungkinan ia akan menjadi pelapis Bukayo Saka atau Martin Odegaard karea versatilitas dan karakter yang dimilikinya.

Baca Juga
Bursa TransferArsenalIn Depth SportsLiga InggrisTransfer PemainIndepth

Berita Terkini