x

Bedah Formasi Mengerikan PSG Usai Paolo Maldini Bajak 3 Bintang AC Milan

Kamis, 27 Juli 2023 10:10 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi pemain PSG saat bersua Pays de Cassel dalam ajang Piala Prancis 2022-2023

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Prancis (Ligue 1), PSG bakal memiliki skuat mengerikan bila Paolo Maldini menjadi direktur teknik dan membajak tiga bintang AC Milan.

Sebagaimana diketahui, Paolo Maldini dilaporkan tengah diperebutkan oleh Paris Saint-Germain (PSG) dan Timnas Italia setelah sebelumnya dipecat oleh AC Milan.

Pada 6 Juni 2023 lalu, secara mengejutkan pemilik AC Milan bernama Gerry Cardinale dengan berani memecat Paolo Maldini bersama dengan Ricky Massara.

Dikabarkan bahwa Paolo Maldini dan Ricky Massara terlibat perseteruan sengit dengan Gerry Cardinale, hingga akhirnya membuat kedua sosok penting itu diusir.

Konflik tersebut berawal dari Paolo Maldini dan Ricky Massara yang merasa kurang puas dengan kinerja RedBird Capital pada bursa transfer.

Baca Juga

Mereka merasa RedBird Capital kurang berani menggelontorkan modal untuk pergerakan bursa transfer AC Milan pada beberapa musim lalu.

Tetapi sindiran pedas ini rupanya membuat RedBird Capital murka. Gerry Cardinale bahkan langsung mengusir dua sosok ini jelang bursa transfer musim panas 2023.

Seusai memecat Paolo Maldini kondisi skuad AC Milan sempat goyah lantaran banyak pemain yang merasa tidak setuju dengan keputusan tersebut.

Ada tiga bintang AC Milan yang ikut bersedih dengan kepergian Paolo Maldini yakni Mike Maignan, Rafael Leao dan Theo Hernandez.

Bila resmi digaet PSG, bukan tidak mungkin Mike Maignan bisa gabung ke Les Parisiens. Pasalnya kiper utama yakni Gianluigi Donnarumma dilaporkan sudah tidak betah tinggal di Paris.

Baca Juga

Ia baru saja menjadi korban perampokan dan penganiayaan yang mengakibatkan dirinya kehilangan harta sebesar Rp8,3 miliar.

Kemudian Rafaeo Leao dan Theo Hernandez adalah pembelian jenius Paolo Maldini ketika menjadi Direktur Teknik AC Milan. Mereka diyakni bisa mengikuti jejak sang legenda bila setuju menandatangani kontrak di Paris.

Berikut INDOSPORT telah merangkum formasi mengerikan PSG di bawah asuhan Luis Enrique bila sukses mendaratkan tiga bintang AC Milan:

Baca Juga

1. Kiper dan Lini Belakang

Selebrasi Rafael Leao di laga Liga Italia antara AC Milan vs Lecce. REUTERS/Daniele Mascolo

PSG telah resmi menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih baru sejak awal Juli 2023 lalu. Ia terkenal dengan taktik 4-3-3 ketika sukses mengantar Barcelona meraih treble winners pada 2015 silam.

Akan tetapi, kedatangan tiga bintang AC Milan kemungkinan membuat Luis Enrique akan melakukan sedikit perubahan. Untuk lini belakang masih memakai empat bek, kemudian posisi tengah dan depan akan dirubah.

Dalam pembahasan ini kami akan menggunakan pola 4-2-3-1 demi memaksimalkan sejumlah bintang yang ada. Untuk penjaga gawang, Mike Maigna bakal menjadi pengganti sempurna untuk Gianluigi Donnarumma.

Untuk posisi bek kanan, Achraf Hakimi masih belum tergantikan. Pada musim lalu ia sukses mengemas lima gol dan tiga assist dalam 28 laga di Liga Prancis (Ligue 1).

Kemudian di sisi kiri ada Theo Hernandez yang selalu tampil cukup produktif meski berada di posisi belakang. Ia sudah mencetak 24 gol dan 28 assist dari 167 penampilan di semua ajang bersama AC Milan.

Baca Juga

Untuk bek tengah, PSG baru saja mendaratkan Lucas Hernandez dari Bayern Munchen pada bursa transfer musim panas 2023.

Lucas Hernandez bakal berduet dengan bek andalan Timnas Brasil dan PSG bernama Marquinhos. Posisi Marquinhos tidak tergantikan di lini belakang dan kini masih berstatus sebagai kapten tim.

Lini Tengah

Untuk dua gelandang jangkar, Danilo Pereira cocok mengisi posisi ini. Sebelumnya, dirinya kerap dipasang di posisi bek saat PSG menggunakan formasi 3-5-2 era Christophe Galtier.

Dilansir dari Transfermarkt, posisi aslinya sebenarnya adalah gelandang bertahan. Oleh sebab itu, adanya Danilo Pereira membuat lini tengah PSG akan semakin susah diacak-acak oleh musuh.

Nantinya Danilo Pereira akan mendapatkan bantuan dari pemain yang baru saja digaet di bursa transfer musim panas 2023 yaitu Manuel Ugarte.

Tak tanggung-tanggung, PSG rela menggelontorkan dana sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun demi mendapatkan Manuel Ugarte dari Sporting Lisbon.

Baca Juga

Lini Depan

Untuk sektor penyerang, sisi kanan diisi oleh Marco Asensio yang baru saja didapat Les Parisiens di bursa transfer musim panas ini.

Kemudian adanya Rafael Leao membuat Neymar bakal menempati posisi belakang Kylian Mbappe. Rafael Leao diprediksi bisa membuat Mbappe yang menjadi ujung tombak akan semakin mudah dalam urusan mencetak gol.

Berikut prediksi Starting XI PSG untuk musim 2023-2024:

PSG (4-2-3-1): Mike Maignan; Achraf Hakimi, Marquinhos, Lucas Hernandez, Theo Hernandez; Danilo Pereira, Manuel Ugarte; Marco Asensio, Neymar, Rafael Leao; Kylian Mbappe.

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanPSGLuis EnriquePaolo MaldiniKylian MbappeTheo HernandezRafael LeaoMike Maignan

Berita Terkini