x

Profil Malick Thiaw, The Next Nesta Milik AC Milan yang Bisa Guncang Liga Italia

Kamis, 27 Juli 2023 20:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bek AC Milan, Malick Thiaw dan Fikayo Tomori. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM – Melihat profil Malick Thiaw, sang tembok pertahanan AC Milan yang bisa curi perhatian Liga Italia musim depan.

Jelang bergulirnya Liga Italia 22/23, AC Milan melakukan perombakan besar-besaran dengan merekrut sejumlah pemain anyar.

Tercatat, sampai saat ini Rossoneri sudah mendatangkan tujuh pemain baru. Menariknya, dari sekian banyak bintang yang didatangkan tersebut hampir seluruhnya merupakan gelandang atau pemain depan.

Sejauh ini AC Milan belum terlihat bakal memboyong bek baru. Selain memang bukan prioritas, tampaknya pelatih Stefano Pioli sudah puas dengan kekuatan lini belakang Rossoneri musim lalu.

Jika melihat daftar pemain bertahan AC Milan musim lalu, ada satu bek muda yang wajib dipertahankan Rossoneri lantaran ia punya potensi untuk berkembang.

Baca Juga

Adalah Malick Thiaw, bek muda asal Jerman yang sepanjang musim 22/23 sukses tampil impresif meski jarang mendapat kesempatan tampil.

Melansir dari laman Fbref, disebutkan bahwa Malick Thiaw telah tampil sebanyak 24 pertandingan di semua ajang musim lalu.

Baca Juga

Dari total penampilan tersebut, Malick Thiaw mampu melakukan 41 kali tekel, 17 block, 22 intersep hingga 77 kali clearance.

Berbekal statistik tersebut, tak heran jika Malick Thiaw diprediksi bakal bisa menjelma sebagai salah satu bek utama AC Milan musim depan.

Jelang tampil buat AC Milan di Liga Italia musim depan, berikut INDOSPORT mengulas profil serta perjalanan karier dari Malick Thiaw.

Baca Juga

1. Profil Malick Thiaw

Malick Thiaw (kiri) berduel dengan Marcus Thuram di laga Schalke 04 vs Borussia Monchengladbach (13/08/22). (Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen)

Malick Laye Thiaw adalah pesepakbola asal Jerman yang lahir pada 8 Agustus tahun 2001 silam di kota Dusseldorf.

Sebelum tampil di level professional, Malick Thiaw lebih dulu mentas di kompetisi junior dengan memperkuat tim lokal TV Kalkum-Wittlaer hingga tahun 2009.

Di usianya yang menginjak delapan tahun, barulah karier Malick Thiaw mulai menanjak dengan tampil buat sejumlah tim akademi top Bundesliga seperti Fortuna Düsseldorf, Bayer Leverkusen, Borussia Mönchengladbach hingga Schalke 04.

Bersama Schalke 04, kemampuan bertahan Malick Thiaw semakin terasah dan membuatnya sukses naik kelas ke level senior pada musim 2019/20.

Di musim tersebut, Malick Thiaw yang masih berusia 18 tahun berhasil menorehkan empat pertandingan di kasta teratas Liga Jerman.

Baca Juga

Pada musim berikutnya, menit bermain Malick Thiaw semakin membaik dan mampu catatkan 22 penampilan serta satu gol di semua ajang buat skuat utama Schalke 04.

Penampilan impresifnya bersama Schalke 04 di musim 20/21, berhasil membuat AC Milan kepincut dan langsung memboyongnya dengan mahar 8 juta euro pada 2022.

Baca Juga

Berbekal postur tubuh mencapai 194 cm, secara perlahan Malick Thiaw mampu menembus skuat inti AC Milan dan menorehkan 24 pertandingan sepanjang musim lalu.

Meski lebih sering turun sebagai pelapis, namun penampilan Malick Thiaw bersama AC Milan sukses menarik hati pelatih Timnas Jerman.

Hingga akhirnya pada 16 Juni 2023, Malick Thiaw jalani debut bersama Timnas Jerman dibawah asuhan Hansi Flick.

Baca Juga

2. Rapor Pramusim AC Milan

Pemain AC Milan, Ruben Ira Loftus-Cheek lakukan sundulan bola ke gawang Real Madrid pada babak pertama pra musim di Pasadena, California, AS, Senin (24/07/23). (Foto: REUTERS/Kirby Lee)

Sementara itu, dalam laga pramusim perdananya tahun 2023 ini AC Milan harus telan pil pahit usai kalah tipis 2-3 dari raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Bertanding di Rose Bowl, Amerika Serikat, skuat Rossoneri sejatinya mampu unggul lebih dulu melalui Fikayo Tomori (25’) serta Luca Romero (42’).

Akan tetapi pada babak kedua, Real Madrid mampu bangkit dan mencetak tiga gol balasan lewat brace Federico Valverde serta sontekan Vinicius Junior jelang laga usai.

Usai menghadapi Real Madrid, nantinya AC Milan akan dijadwalkan untuk bertemu dengan Juventus pada Jumat (28/07/2023) di Dignity Health Sports Park.

AC MilanLiga ItaliaMalick Thiaw

Berita Terkini