x

Profil Nicolas Jackson, Penerus Drogba yang Menggila Lagi Bersama Chelsea

Kamis, 27 Juli 2023 14:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi para pemain Chelsea usai Nicolas Jackson mencetak gol ke gawang Newcastle pada laga pramusin. (Foto: chelseafc)

INDOSPORT.COM – Melihat profil serta kualitas Nicolas Jackson, penerus Didier Drogba milik Chelsea yang kembali tunjukkan kualitas di ajang pramusim.

Sepanjang pramusim jelang Liga Inggris 23/24, penampilan Nicolas Jackson bersama Chelsea memang sukses menuai decak kagum.

Total dari tiga pertandingan uji coba yang telah dijalani, pemain berusia 22 tahun tersebut selalu berkontribusi buat gol Chelsea.

Pada pertandingan perdana misalnya, Nicolas Jackson berhasil memberikan satu assists dan membantu Chelsea menang telak 5-0 atas Wrexham.

Sedangkan pada laga kedua, striker yang didatangkan dari Villarreal ini sukses mencetak gol perdana buat The Blues saat membawa Chelsea menang tipis 3-2 kontra Brighton.

Baca Juga

Terakhir pada laga uji coba melawan Newcastle United hari Kamis (27/07/2023), Nicolas Jackson kembali membuktikan kapasitasnya sebagai predator kotak penalti dengan mencetak satu gol.

Menghadapi Newcastle United, sang striker sukses membuat Chelsea unggul pada menit 12’ sebelum akhirnya disamakan Miguel Almiron jelang babak pertama berakhir.

Baca Juga

Berkaca dari statistik tersebut, tampaknya biaya 37 juta euro yang dikeluarkan Chelsea untuk memboyong sang pemain musim panas ini tak sia-sia.

Bahkan dari gaya bermain dan insting mencetak gol miliknya, Nicolas Jackson sangat layak mendapat julukan The Next Drogba yang dulu sempat melegenda sebagai mesin gol Chelsea.

Jelang melakoni debut resminya bersama Chelsea di Liga Inggris musim depan, berikut INDOSPORT coba mengulas profil serta kualitas dari Nicolas Jackson.

Baca Juga

1. Profil Nicolas Jackson

Kemelut di depan gawang Newcastle United di pertandingan antara Newcastle United vs Chelsea pada laga pramusim. (Foto: chelseafc)

Nicolas Jackson adalah pesepakbola Senegal berdarah Gambia yang lahir di Banjul pada 20 Juni tahun 2001 silam.

Sebelum tampil di level profesional bersama Villarreal hingga akhirnya direkrut Chelsea musim panas ini, Nicolas Jackson lebih dulu habiskan karier junior bersama sejumlah klub lokal Afrika.

Pada tahun 2017, Nicolas Jackson yang pindah ke Senegal sempat bermain buat akademi Tilene selama semusim dan pindah Casa Sports, salah satu tim junior dari klub besar Senegal.

Penampilan impresifnya bersama Casa Sports membuat Nicolas Jackson dilirik oleh klub Liga Spanyol, Villarreal dan resmi mengontraknya untuk tampil di tim Juvenil.

Hanya semusim di skuat muda Villarreal, Nicolas Jackson disekolahkan ke Mirandes yang saat itu mentas di ajang Segunda Division atau kasta kedua Liga Spanyol.

Baca Juga

Di usia yang masih 19 tahun, Nicolas Jackson berhasil mencatatkan 17 penampilan buat Merandes dengan torehan satu gol.

Performa tersebut berhasil menarik perhatian Villarreal. Terbukti, pada musim 2021/22 manajemen El Submarino Amarillo memasukan Jackson ke tim Villarreal B agar lebih mudah dipantau.

Baca Juga

Hanya setengah musim di tim pelapis, Jackson dipromosikan ke skuat utama usai mencetak 7 gol dari total 27 penampilan di semua ajang.

Sempat gagal mencetak gol selama musim debutnya bersama Villarreal, akhirnya di musim 22/23 kemarin Nicolas Jackson sukses membuktikan kualitasnya sebagai predator kotak penalti.

Total dari 26 pertandingan di Liga Spanyol, sang striker mampu mencetak 12 gol dan 4 assist buat Villarreal.

Baca Juga

2. Kualitas Nicolas Jackson

Nicolas Jackson, pemain Villarreal yang jadi incaran Chelsea (Foto: Instagram @jackson.nj11)

Melansir dari laman Fbref, diketahui bahwa Nicolas Jackson merupakan salah satu finisher klinis yang sangat berbahaya jika mendapat bola di area pertahanan lawan.

Kehebatannya mencetak gol sudah cukup teruji. Sepanjang musim 22/23 lalu, ia mencatatkan 0,66 Non-Penalty Goals (NPG) atau gol tanpa penalti per 90 menit.

Selain itu, Jackson juga mampu mencetak 0,66 gol per 90 menit. Jika dikalkulasikan, persentase Jackson merubah tembakan menjadi gol di musim lalu adalah sebesar 28 persen.

Kemampuan mencetak gol tersebut dibarengi dengan skill created chance atau menciptakan peluang bagi rekannya yang mencapai 0,24 assist per 90 menit.

Dengan kata lain, Jackson adalah penyerang komplit yang bisa bekerja sama dengan rekannya, baik untuk menuntaskan peluang dan menciptakan peluang.

Soal kerjasama tim, Jackson punya rataan operan yang baik yakni 2,33 operan progresif per 90 menit dan memiliki 76,3 persen akurasi operan dari total 18,38 passing.

Berbekal statistik diatas, jelas kehadiran Nicolas Jackson bakal jadi salah satu senjata mematikan buat Chelsea di lini depan mereka musim depan.

ChelseaLiga InggrisNicolas Jackson

Berita Terkini