x

5 Fakta Menarik Usai Manchester United Dibekuk Borussia Dortmund di Laga Pramusim

Senin, 31 Juli 2023 11:24 WIB
Editor: Juni Adi
Bek Borussia Dortmund, Niklas Sule saat menguasai bola melawan Manchester United babak pertama pada laga pramusim di Stadion Allegiant. (Foto: REUTERS/Lucas Peltier)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United kembali mengalami kekalahan di pertandingan uji coba pramusim melawan Borussia Dortmund.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan pramusim antara Manchester United vs Borussia Dortmund di Stadion Allegiant, Nevada, Amerika Serikat, pada Senin (31/07/23) pagi WIB.

Manchester United yang sempat unggul lebih dahulu akhirnya harus tunduk dengan skor tipis 2-3 dari Dortmund. Diogo Dalot mencetak gol pembuka di menit ke-24.

Dortmund kemudian membalas jelang berakhirnya babak pertama lewat gol Donyell Malen di menit ke-43. Satu menit berselang, Malen mencetak gol keduanya menit ke-44, skor 1-2 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Manchester United mengganti seluruh pemainnya. Setan Merah berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2 lewat gol Antony menit ke-52.

Baca Juga

Namun, Dortmund bisa kembali memimpin. Gol dari Youssoufa Moukoko di menit ke-71 memastikan kemenangan atas Manchester United 3-2.

Usai pertandingan pramusin antara Manchester United vs Borussia Dortmund, sejumlah fakta menarik lahir. Apa saja itu?

Baca Juga

Kalah Beruntun

Manchester United tampil mengecewakan di tiga laga pramusim terakhirnya. Sempat trengginas usai menang lawan Arsenal 2-0, mereka justur mengalami penurunan dengan mendulang kekalahan beruntun.

Pertama Manchester United kalah 1-3 dari Wrexham. Kemudian mereka juga tidak bisa berbuat banyak saat menghadapi Real Madrid, karena tumbang 2-0.

Terbaru, giliran Dortmund menggebuk. Anak asuh Erik ten Hag kalah tipis 2-3. Artinya, selama tur pramusim di Amerika Serikat, Manchester United hanya bisa menang satu kali, dan tiga kali menelan kekalahan.

Baca Juga

1. Diwarnai Blunder

Penyerang Borussia Dortmund, Donyell Malen berebut bola dengan gelandang Manchester United, Omari Forson babak pertama pada laga pramusim di Stadion Allegiant. (Foto: REUTERS/Lucas Peltier)

Lini belakang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pelatih Erik ten Hag untuk segera dibenahi. Sebab, penggawa lini pertahanannya masih kerap melakukan kesalahan fatal.

Salah satu yang terjadi di pertandingan melawan Borussia Dortmund adalah di menit ke-43. Kesalahan dilakukan oleh Victor Lindelof, karena passing rendahnya dimampu dipotong oleh barisan depan Dortmund.

Blunder itu pun berhasil dimanfaatkan oleh Die Borussen untuk menambah gol kedua dan berbalik unggul 1-2 di babak pertama.

Jika melihat dari pola permainan sebelum blunder terjadi, lini belakang Manchester United saat itu sedang berupaya untuk memainkan bola dan membentuk build-up dari belakang.

Hanya saja masih kurang memuaskan sehingga terjadi gol dari kesalahan.

Baca Juga

Andre Onana Marah

Kiper baru Manchester United, Andre Onana mulai gusar dengan performa para pemain lini belakang Manchester United. Puncaknya ketika melawan Dortmund terjadi blunder fatal, sehingga ia meluapkan amarahnya.

Momen itu terjadi saat babak kedua dimulai, Dortmund segera mendapatkan peluang matang pada menit ke-48, berkat kesalahan dari Harry Maguire.

Baca Juga

Maguire yang berada di sisi kanan pertahanan Man United melakukan umpan kepada Christian Eriksen yang dijaga ketat oleh pemain Dortmund.

Sayangnya, umpan tersebut bisa direbut oleh Julian Brandt, dan dilanjutkan dengan umpan silang kepada Sebastian Haller yang berdiri tanpa kawalan di dalam kotak penalti.

Haller langsung melepaskan tembakan, tetapi Andre Onana, yang baru masuk menggantikan Tom Heaton setelah jeda, berhasil menghalau dan menyelamatkan gawang Man United dari gol tambahan.

Andre Onana terlihat tidak terima dengan blunder yang dilakukan Maguire. Kiper anyar Man United itu menghampiri bek timnas Inggris tersebut dan membentaknya.

Baca Juga

Dortmund Mulus

Di sisi lain, hasil ini membuat Borussia Dortmund melanjutkan tren positif mereka di pramusim kali ini. Dari lima pertandingan yang sudah dilakoni, mereka menyapu bersih dengan kemenangan.

Masih Ada Dua Laga Pramusim 

Selanjutnya, Manchester United akan ditunggu Lens pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di Stadion Old Trafford, dan menantang Athletico Bilbao pada Minggu, 06 Agustus 2023 nanti di Stadion Aviva.

Sementara Dortmund kembali menantang tim Premier League, yakni Chelsea, pada 2 Agustus mendatang.

Manchester UnitedLiga InggrisTur PramusimErik ten HagPramusim

Berita Terkini