x

Profil Diogo Costa, Perjudian Lain Manchester United yang Tak Puas dengan Andre Onana

Senin, 31 Juli 2023 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Diogo Costa penjaga gawang FC Porto. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM – Diogo Costa jadi nama yang dikabarkan bakal didatangkan Manchester United pada bursa transfer musim panas kali ini. Seberapa hebatkah kualitas pemain Portugal tersebut?

Jelang bergulirnya Liga Inggris musim 23/24, Manchester United tampaknya masih membutuhkan satu kiper tambahan untuk memperkokoh lini pertahanan mereka.

Meski sudah mendapatkan Andre Onana, namun performa kiper asal Kamerun tersebut masih belum terlihat menjanjikan selama laga pramusim Setan Merah.

Total dari dua pertandingan yang telah dijalani, Andre Onana sudah kebobolan tiga gol dan tak mampu membawa Manchester United amankan kemenangan.

Selain kurang puas dengan Andre Onana, kehadiran Diogo Costa juga bakal jadi opsi lain Erik ten Hag di lini pertahanan Setan Merah.

Baca Juga

Pasalnya, sampai saat ini Manchester United belum punya kiper pelapis setelah Dean berpotensi hengkang ke Nottingham serta Tom Heaton bakal dilepas manajemen.

Dilansir Fichajes, Manchester United tengah menyiapkan dana untuk memboyong Diogo Costa dari FC Porto di bursa transfer Juli ini.

Baca Juga

The Red Devils dilaporkan bakal memberikan tawaran mahar sebesar 70 juta euro, atau setara dengan Rp1,1 triliun buat kiper 23 tahun itu.

Jumlah tersebut bisa dibilang sebagai perjudian buat Manchester United, lantaran mereka berani mengeluarkan dana fantastis buat pemain yang hanya mentas di ajang Liga Portugal.

Jelang kedatangan Diogo Costa yang berpotensi pecahkan rekor transfer Manchester United, berikut INDOSPORT coba merangkum profil serta kualitas dari sang pemain.

Baca Juga

1. Profil Diogo Costa

Diogo Costa saat laga Liga Champions antara Bayer Leverkusen vs FC Porto

Diogo Meireles da Costa adalah pesepakbola professional asal Portugal yang lahir pada 19 September tahun 1999 silam di kota Rothrist, Swiss.

Meski lahir di Swiss, namun Diogo Costa punya dari Portugal dari kedua orang tuanya. Pada usia 7 tahun, Diogo Costa pindah ke Portugal dan memulai karier sepak bola di negara tersebut.

Awal karier sepak bola Diogo Costa dimulai saat ia bergabung dengan tim akademi CB Povoa Lanhoso pada tahun 2009 hingga 2011.

Di usia 12 tahun, Diogo Costa bergabung dengan tim junior FC Porto dan bermain disana selama delapan musim.

Selama di skuat junior, performa Diogo Costa sebagai penjaga gawang berhasil membantu FC Porto menjuarai UEFA Youth League pada 2019.

Baca Juga

Keberhasilan tersebut membuat Diogo Costa mendapat promosi untuk tampil di skuat senior FC Porto pada musim 2019/20.

Pada dua musim awalnya bermain di tim utama, Diogo Costa kesulitan mendapat menit bermain lantaran kalah saing dengan Agustín Marchesín yang jadi kiper utama saat itu.

Baca Juga

Akhirnya pada musim 21/22, Diogo Costa berhasil menggeser posisi Agustín Marchesín dan mampu memenangkan penghargaan Goalkeeper of the Month di bulan September.

Total sepanjang musim 21/22, Diogo Costa mampu tampil sebanyak 43 pertandingan dan berhasil membantu FC Porto menjuarai Primeira Liga serta Taca de Portugal.

Gemilangnya penampilan Diogo Costa saat itu membuat dirinya menyabet gelar Primeira Liga Goalkeeper of the Season serta Primeira Liga Team of the Year.

Baca Juga

2. Kualitas Diogo Costa

Diogo Costa penjaga gawang FC Porto. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Melansir dari laman Fbref, diketahui bahwa Diogo Costa merupakan salah satu penjaga gawang dengan tingkat penyelamatan tertinggi di Portugal.

Tercatat selama empat musim bermain buat FC Porto, dirinya mampu melakukan 174 kali penyelamatan serta torehkan 38 clean sheets di semua ajang.

Kemampuan penyelamatan penaltinya pun terbilang apik, yakni berhasil menggagalkan 4 kali penalti dari total 11 percobaan.

Selain bertahan, ternyata Diogo Costa juga punya statistik passing yang lumayan apik dan bisa membuat Erik ten Hag kepincut.

Selama memperkuat FC Porto, tercatat Costa mampu melakukan 2684 kali passing dengan akurasi mencapai 75%.

Ini artinya, Diogo Costa bisa turut membantu serangan lewat umpan-umpan akurat miliknya dan sangat sesuai dengan gaya build up serangan ala Erik ten Hag.

Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisBerita TransferDiogo Costa

Berita Terkini