x

Pernah Jadi Pemain Terbaik di Burkina Faso, Ini Alasan Madinda Pilih Nomor Punggung 15 di Persib

Senin, 31 Juli 2023 22:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Gelandang anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, memutuskan menggunakan nomor punggung 15 untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Gelandang anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, memutuskan menggunakan nomor punggung 15 untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut pemain asal Gabon ini, ada beberapa alasan yang membuatnya memilih menggunakan nomor punggung 15. Di antaranya adalah kenangan manis dengan angka tersebut saat bermain di Burkina Faso.

Saat mengikuti turnamen di Burkina Faso, Madinda terpilih sebagai pemain terbaik dan ketika itu ia menggunakan nomor punggung 15.

"Ketika masih di Afrika, saya masih bermain di turnamen Burkina Faso, saya mengenakan nomor ini. Saya waktu itu menjadi salah satu pemain terbaik di turnamen itu," kata Levy Madinda di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (31/07/23).

Dari sana karier sepakbola Madinda tumbuh pesat. Ia berkesempatan merasakan pengalaman merumput di Spanyol memperkuat Celta Vigo (2012-2017) dan sempat dipinjamkan ke Gimnàstic de Tarragona.

Baca Juga

Kenangan manis dengan nomor 15 tersebut, membuat gelandang serang yang sempat memperkuat Timnas Gabon ini akhirnya menggunakan kembali angka 15 di jersey Persib Bandung yang digunakan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Madinda berharap, nomor punggung 15 tersebut bisa menambah kepercayaan diri, sehingga bisa menampilkan permainan terbaiknya bagi tim kebanggaan Bobotoh.

"Karena itu, saya memilih nomor punggung ini dan saya punya ingatan yang bagus dengan nomor ini dan karena itu saya memutuskan untuk mengambil nomor ini, semoga saya bisa memberikan yang terbaik," ucapnya.

Sebelum Madinda, pada kompetisi Liga 1 2022-2023, nomor punggung tersebut di Persib Bandung digunakan oleh penjaga gawang senior yakni I Made Wirawan yang kini menjadi staf pelatih klub usai pensiun musim lalu.

Madinda sendiri sengaja didatangkan oleh Persib Bandung untuk menggantikan posisi Tyronne del Pino. Pasalnya, gelandang serang asal Spanyol itu mengalami cedera.

Baca Juga

Karena diprediksi membutuhkan waktu pemulihan cukup lama, Del Pino pun harus pulang ke negaranya.

Kehadiran Madinda, membuat Persib akan tetap mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dengan memenuhi kuota 6 pemain asing.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992, ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman.

Menurut Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, JDT meminjamkan Madinda ke mereka hingga bulan Desember 2023.

Baca Juga

Sebelum bergabung dengan skuad Maung Bandung, Madinda sempat dipinjamkan JDT ke klub Malaysia lainnya yakni Negeri Sembilan.

Selama setengah musim dipinjamkan ke Negeri Sembilan, Madinda tampil dalam 15 pertandingan dengan mengumpulkan 1.253 menit bermain dan mencetak satu gol serta lima assist.

Selain JDT dan Negeri Sembilan, Levy Madinda pertama kali berkiprah di Liga Malaysia bersama Sabah pada periode tahun 2021-2022.

Pada musim pertamanya di Malaysia bersama Sabah FC, dia Madinda mendapatkan kesempatan bermain dalam 16 pertandingan dengan mengumpulkan 1.271 menit bermain dan menyumbangkan empat gol dan dua assist. Kini ia siap memulai babak baru bersama Persib Bandung di Liga 1.

Baca Juga
Persib BandungLiga 1Levy Madinda

Berita Terkini