x

Nama Besar Persib Jadi Alasan Mantan Rival Lionel Messi Berkarier di Liga 1

Senin, 31 Juli 2023 17:09 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pemain anyar Persib Bandung, Levy Clement Madinda, saat dikenalkan manajemen di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (31/07/23).

INDOSPORT.COM - Nama besar Persib Bandung, menjadi salah satu alasan Levy Clement Madinda memutuskan untuk melanjutkan karier sepakbolanya di kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut mantan rival Lionel Messi di Liga Spanyol ini, Persib merupakan tim besar di Indonesia, sehingga saat sang agen memberikan tawaran tanpa pikir panjang dia langsung menerimanya.

Lebih lanjut Levy Madinda mengatakan, berkarier di Indonesia merupakan pengalaman pertama baginya, meski begitu dia dengan tegas siap untuk mengahadapi tantangan di Liga 1 2023-2024.

Sebagai informasi, mantan gelandang serang Timnas Gabon ini direkrut oleh Persib Bandung dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

"Ini mudah, Persib tim besar di negara ini dan ketika agen saya menawarkan saya gabung Persib, saya langsung berkata 'iya', saya ingin pergi," kata Madinda saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (31/07/23).

Baca Juga

"Saya siap menghadapi tantangan dan babak baru dalam karier saya. Ini adalah salah satu pilihan hidup yang bagus dalam hidup saya," jelas Madinda.

Madinda sendiri sudah tiba di Bandung pada Minggu (30/07/23), setelah menuntaskan administrasi keimigrasiannya, dia bertolak dari Malaysia pada Sabtu (29/07/23).

Baca Juga

Rencananya Madinda akan langsung mengikuti program latihan, Senin (31/07/23), untuk persiapan menghadapi pekan keenam kompetisi Liga 1 2023-2024.

Madinda, didatangkan Persib untuk menggantikan peran Tyronne del Pino, Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mengalami cedera.

Cedera yang dalami oleh Tyronne del Pino, membuatnya diprediksi membutuhkan waktu pemulihan cukup lama, sehingga dia harus pulang ke negaranya.

Baca Juga

Perjalanan Karier

Kehadiran Madinda, membuat Persib akan tetap mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 dengan memenuhi kuota 6 pemain asing, 1 di antaranya dari Asia Tenggara.   

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) dengan status pemain pinjaman. 

Sebelum bergabung dengan skuad Maung Bandung, Madinda sempat dipinjamkan JDT ke klub Malaysia lainnya yakni Negeri Sembilan.

Selama setengah musim dipinjamkan ke Negeri Sembilan, Madinda tampil dalam 15 pertandingan dengan mengumpulkan 1.253 menit bermain dan mencetak satu gol serta lima assist.

Selain JDT dan Negeri Sembilan, Madinda pertama kali berkiprah di Liga Malaysia bersama Sabah pada periode tahun 2021-2022. 

Pada musim pertamanya di Malaysia bersama Sabah FC, dia Madinda mendapatkan kesempatan bermain dalam 16 pertandingan dengan mengumpulkan 1.271 menit bermain dan menyumbangkan empat gol dan dua assist.

Baca Juga

Sebelum berkarier di Malaysia, Madinda mengawali karier sepak bolanya dengan Celta Vigo (2012-2017) di Spanyol dan sempat dipinjamkan ke Gimnàstic de Tarragona.

Setelah dari Spanyol, Madinda melanjutkan karier sepak bolanya dengan memperkuat salah satu klub asal Yunani, Asteras Tripolis pada musim 2017-2018. 

Usai memperkuat Asteras Tripolis, Madinda bermain di Turki bersama Ümraniyespor, Ankara Keciörengücü, dan Giresunspor hingga awal 2021.

Baca Juga

Setelah itu, dia baru mencoba peruntungannya berkarier di Asia Tenggara dengan bergabung ke tim asal Malaysia, Sabah FC pada February 2021.

Sedangkan bersama Timnas Gabon, Madinda tercatat sudah menjadi bagian dari tim nasional Sejak masih di U-23 hingga akhirnya masuk ke skuad senior Gabon. 

Bersama Timnas Gabon, Madinda tercatat pernah mengikuti beberapa kejuaraan di antaranya, kualifikasi Piala Dunia, Kualifikasi Piala Afrika, Piala Afrika dan beberapa uji coba internasional.

Baca Juga
Persib BandungLiga 1Bojan HodakLevy Madinda

Berita Terkini