x

Walikota Manchester Curigai Sheikh Jassim Pakai Uang Haram untuk Akuisisi Manchester United

Senin, 31 Juli 2023 13:35 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Walikota Manchester, Andy Burnham, mencurigai dana yang akan digunakan oleh Sheikh Jassim untuk mengakuisisi klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Walikota Manchester, Andy Burnham, mencurigai dana yang akan digunakan oleh Sheikh Jassim untuk mengakuisisi klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Muncul keraguan dalam pihak Kota Manchester terkait uang milik Sheikh Jassim yang siap untuk membangun seluruh aspek di klub Setan Merah.

Sebab, Qatar sendiri pernah dikecam atas catatan Hak Asasi Manusia (HAM) karena melanggar soal hak-hak pekerja, dan mempekerjakan wanita di Piala Dunia 2010 dan 2022.

Melansir dari Manchester Evening News, Andy Burnham mengatakan bahwa bankir Qatar itu sudah membuat semua warga Manchester gelisah.

"Saya merasa bahwa tidak ada orang yang bisa tenang dengan hal itu. Saya hanya ragu, apakah semua uang di Premier League ini bersih," ujar Burnham.

Baca Juga

"Yang jelas, saat ini kita belum mendapatkan informasi apapun terkait perkembangan kepemilikan Manchester United, bukan?"

"Isu-isu tersebut (Qatar) adalah hal yang menjadi topik diskusi pemerintah Inggris. Isu-isu Hak Asasi Manusia harus diangkat di seluruh dunia.

Baca Juga

"Saya rasa, saya ingin berdialog dengan mereka tentang bagaimana situasi di kota ini terkait dengan (azas) menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia, antidiskriminasi, dan persamaan sederajat," pungkasnya.

Komentar Andy Burnham memang bukan tanpa alasan. Sebab, ia tidak mau kalau Manchester United menjadi klub yang kaya raya tapi menggunakan uang 'haram' dari kasus-kasus di Qatar.

Selama periode 2010-2020, lebih dari 6.500 pekerja imigran dari Sri Lanka, Pakistan, India, Bangladesh, dan Nepal meninggal di Qatar. Hal itu terjadi sejak Qatar ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.

Baca Juga

1. Asal-usul Harta Kekayaan Sheikh Jassim

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Bankir asal Qatar calon pemilik Manchester United.

Saga akuisisi Manchester United memunculkan pertanyaan soal jumlah kekayaan Sheikh Jassim, bankir asal Qatar yang disebut-sebut akan menjadi pemilik anyar Manchester United.

Sheikh Jassim sendiri berniat membeli 100 persen saham Manchester United, yang ditaksir senilai 5 miliar dolar AS (sekitar Rp75 triliun). Lantas, dari mana asal uang Sheikh Jassim yang tanpa batas tersebut?

Sebagai putra dari Perdana Menteri Qatar, Jassim bin Jaber Al Thani, sejatinya tidak ada yang tahu pasti jumlah kekayaan Sheikh Jassim.

Namun, sebagai perbandingan, Qatar Islamic Bank (QIB) yang menjadi kepunyaan Sheikh Jassim bernilai sekitar 1,7 miliar dolar AS.

Jumlah tersebut, ditambah jumlah kekayaan sang ayah yang ditaksir senilai 1,2 miliar dolar AS, memang masih kurang untuk membeli Man United. Namun, total kekayaan keluarga Sheikh Jassim ternyata jauh melebihi angka tersebut.

Baca Juga

Dilansir Manchester Evening News, total kekayaan keluarga Sheikh Jassim mencapai 351,8 miliar dolar AS, atau sekitar Rp5 kuadriliun.

Forbes mencatat kekayaan bersih Sheikh Jassim, jika dihitung terpisah dari kekayaan keluarganya, adalah sekitar 892 juta pound atau setara Rp17,2 triliun.

Baca Juga

Kekayaan Sheikh Jassim tersebut rupanya tidak lebih besar dari Stan Kroenke selaku pemilik klub Liga Inggris, Arsenal dan juga pemilik jawara NBA 2022-2023 Denver Nuggets.

Pengusaha asal Amerika tersebut diketahui memiliki kekayaan bersih hingga 11,8 miliar pound atau Rp228,6 triliun dari nilai sahamnya di LA Rams, Denver Nuggets, dan bisnis waralaba lainnya.

Melansir dari Chronicle, kekayaan bersih pemilik Chelsea, Todd Boehly, mencapai 5,2 miliar pound atau setara Rp100,7 triliun.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga InggrisSheikh Jassim

Berita Terkini