x

Sheikh Jassim Beli Manchester United Bikin Manajemen Liverpool 'Ngobrol' dengan FSG

Selasa, 1 Agustus 2023 17:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Klub Liga Inggris, Liverpool, tengah menjalin diskusi dengan Fenway Sports Group setelah melihat progres akuisisi Manchester United oleh Sheikh Jassim.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, tengah menjalin diskusi dengan Fenway Sports Group terkait investasi baru setelah melihat progres akuisisi Manchester United oleh Sheikh Jassim.

Melansir Liverpool Echo, pemilik Liverpool yang bernama Fenway Sports Group (FSG) tengah mencari investor baru untuk menambah dana demi peningkatan klub Inggris tersebut.

Langkah ini dilakukan usai mereka melihat perkembangan dari saga Keluarga Glazer yang siap menjual saham Manchester United kepada Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe.

Sheikh Jassim saat ini masih diunggulkan oleh banyak pihak. Sebab, ia ingin membeli Setan Merah 100 persen dengan total penawaran 6 miliar pound.

Selain itu, sepak terjang Liverpool atau The Reds di Premier League musim lalu juga jeblok. Mereka hanya finis di posisi lima dan gagal masuk Liga Champions 2023/24.

Baca Juga

Jebloknya kekuatan finansial penguasa Merseyside itu juga berdampak dengan gagalnya upaya mereka mendatangkan Jude Bellingham dari Borussia Dortmund beberapa waktu yang lalu.

Belum lama ini, Jurgen Klopp sebagai pelatih The Reds juga menepis rumor bahwa mereka mengincar megabintang Paris Saint-Germain yang bernama Kylian Mbappe. Hal ini karena dana yang tidak cukup.

Baca Juga

Kondisi tersebut membuat FSG selaku pemegang saham terbesar Liverpool untuk mencarikan investor lain demi meningkatkan keuangan di dalam pemilik Anfield Stadium tersebut.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait siapa yang akan turut membeli saham Liverpool dan bermitra dengan FSG.

Dibandingkan Keluarga Glazer yang ingin menjual 50 atau 100 persen saham Manchester United, Liverpool justru lebih ingin menambah investor untuk mereka dan tidak berpisah dengan pihak FSG.

Baca Juga

1. Sheikh Jassim Bos Baru Manchester United

Avram Glazer, pihak yang dirumorkan menunda-nunda penyerahan Manchester United ke Sheikh Jassim.

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Sheikh Jassim siap melayangkan tambahan 1 miliar pound untuk mengakuisisi Manchester United.

Selama ini, pengusaha Qatar itu hanya akan melayangkan tawaran maksimal 5 miliar pound dan tidak akan menaikkan lagi proposal darinya.

Artinya, kalau pihak Glazer menolak angka tersebut, maka Sheikh Jassim tidak akan sudi melanjutkan minatnya kepada Manchester United.

Namun ternyata, Sheikh Jassim menyiapkan tambahan 1 miliar pound. Dengan total 6 miliar pound, maka proposal tersebut sudah bernilai 6 miliar pound, sesuai permintaan pihak Glazer.

Namun, sampai sekarang belum juga selesai proses akuisisi tersebut. Banyak yang meyakini bahwa Keluarga Glazer sebenarnya tidak ingin menjual saham mereka.

Baca Juga

Ada juga yang melihat bahwa sebenarnya saga ini masih berlanjut di belakang layar. Namun, proses pembelian oleh Sheikh Jassim tidak akan terjadi dalam waktu dekat.

Ada kemungkinan pengambilalihan Setan Merah bisa terjadi pada musim gugur, yakni sekitar September 2023.

Baca Juga

Hal ini bisa terjadi. Sebab, pembelian sebuah klub sepak bola membutuhkan proses yang rumit dan menyangkut banyak pihak.

Terlepas dari hal tersebut, Liverpool tampaknya mulai khawatir kalau Sheikh Jassim benar-benar memiliki Manchester United dan menjadikan klub tersebut kaya raya.

Sekarang, tinggal bagaimana manajemen Liverpool mencari investor baru yang bisa untuk berpartner dengan FSG demi peningkatan daya saing The Reds untuk musim depan.

Baca Juga
Manchester UnitedLiverpoolLiga InggrisFenway Sports GroupSheikh Jassim

Berita Terkini