x

Bedah Kualitas Jarrad Branthwaite, Permata Inggris Calon Bek Tangguh Manchester United

Rabu, 2 Agustus 2023 14:00 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kekecewaan Harry Maguire saat gawang Manchester United dibobol Sevilla di Leg Kedua Perempat Final Liga Europa. Reuters/Paul Childs

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United dilaporkan sedang membidik bek muda milik Everton yakni Jarrad Branthwaite di bursa transfer.

Pada bursa transfer musim panas 2023 ini, Manchester United memang sedang mencari amunisi baru di lini belakang. Erik ten Hag berniat mencari pelapis Lisandro Martinez dan Raphael Varane, serta pengganti Harry Maguire.

Sebelum membidik Jarrad Branthwaite, Manchester United sempat mengincar Kim Min-jae dan Axel Disasi di bursa transfer kali ini.

Sayangnya, Min-jae sudah merapat ke Bayern Munchen dan Disasi selangkah lagi berseragam Chelsea di musim panas 2023.

Melansir dari The Boot Room, Man United kini langsung beralih mendekati bek Everton yang bernama Jarrad Branthwaite.

Baca Juga

Rumor ini muncul hampir bersamaan dengan kabar bahwa Setan Merah juga mengincar pemain Nice yang bernama Jean-Claire Todibo.

Branthwaite saat masih membela PSV Eindhoven sebagai pinjaman di 2022-2023 tampil memukau. Hal inilah yang membuat pelatihnya, Ruud van Nistelrooy memuji permainannya.

"Dia adalah talenta istimewa. Dia masih berumur 20 tahun, tapi sudah punya masa depan yang bagus," ujar Van Nistelrooy yang juga merupakan legenda Man United tersebut.

"Dia sangat baik dalam penguasaan bola. Dia bisa beroperasi di sisi kanan atau kiri bek tengah karena kaki kiri dan kanannya sama-sama baik.

"Dia punya tinggi badan dan kecepatan yang baik. Jadi, dia adalah pemain yang lengkap," ujar Ruud van Nistelrooy.

Baca Juga

Meski demikian, Manchester United sendiri belum melakukan langkah apapun untuk mendekati Jarrad Branthwaite di musim panas 2023.

Bila Manchester United resmi mendatangkan Jarrad Branthwaite di bursa transfer musim panas 2023, apakah sang pemain mampu membuat lini belakang Setan Merah semakin kuat?

Berikut INDOSPORT telah mengulas bagaimana kualitas Jarrad Branthwaite, permata Inggris calon bek tangguh Manchester United:

Baca Juga

1. Bedah Kualitas Jarrad Branthwaite

Ruud van Nistelrooy, mantan pelatih Jarrad Branthwaite di PSV Eindhoven. Foto: REUTERS/Matthew Childs

Jarrad Branthwaite merupakan pemain sepak bola asal Inggris yang lahir di Carlisle, Britania Raya pada 27 Juni 2002 silam (saat ini usia 21 tahun).

Ia merupakan jebolan klub League One, Carlisle United atau klub yang kini bermain di kompetisi kasta kedua Liga Inggris.

Jarrad Branthwaite menjalani debut bersama tim utama Carlisle United pada 2019 lalu. Kala itu, Carlisle United bersua Forest Green Rovers dan laga berakhir imbang 1-1.

Pada musim 2019-2020 lalu, Jarrad Branthwaite yang masih berusia 19 tahun tercatat memainkan 13 pertandingan dari bangku cadangan.

Karena memiliki bakat di usia belia, Everton kepincut untuk membelinya pada bursa transfer Januari 2020 dengan mahar Rp19 miliar dengan durasi kontrak dua setengah tahun.

Baca Juga

Ia melakukan debut di Everton pada 12 Juli 2020, masuk sebagai pengganti Leighton Baines dalam kekalahan 0-3 dari Wolverhampton Wanderers.

Pada 16 Desember 2021 lalu, Branthwaite melakukan debut pertamanya di Liga Inggris (Premier League). Secara mengejutkan ia sukses mencetak gol pertamanya untuk Everton dalam hasil imbang 1-1 melawan Chelsea.

Jarrad Branthwaite sempat "disekolahkan" ke klub Championship Blackburn Rovers di pertengahan musim 2020-2021. Ia mencatat 10 penampilan bersama Blackburn Rovers.

Setelah kembali ke Everton, ia tidak mendapatkan menit bermain selama musim 2021-2022. Hingga akhirnya sang bek dipinjamkan ke klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven pada bursa transfer musim panas 2022.

Di PSV Eindhoven inilah performa Jarrad Branthwaite menanjak dengan pesat. Ia tercatat sukses menjadi andalan dengan 27 penampilan.

Meski berposisi sebagai bek tengah, Jarrad Branthwaite sukses mencetak dua gol dan satu assist untuk PSV Eindhoven di kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie.

Dilansir dari data sofascore, Jarrad Branthwaite memiliki statistik cukup apik di Belanda. Ia mencatatkan tujuh kali clean sheet dalam 27 laga.

Sepanjang musim 2022-2023, bek berusia 21 tahun tersebut memiliki rata-rata rating 7.07. Hal ini menandakan kalau dirinya sudah siap untuk kembali ke Liga Inggris.

Sama seperti pernyataan yang dilontarkan oleh legenda Manchester United, Ruud van Nistelrooy. Eks pelatih PSV tersebut menyebut kalau Jarrad Branthwaite memiliki bakat istimewa. 

"Dia adalah talenta istimewa. Dia masih berumur 20 tahun, tapi sudah punya masa depan yang bagus," ujar Van Nistelrooy yang juga merupakan legenda Man United tersebut.

Baca Juga

"Dia sangat baik dalam penguasaan bola. Dia bisa beroperasi di sisi kanan atau kiri bek tengah karena kaki kiri dan kanannya sama-sama baik.

"Dia punya tinggi badan dan kecepatan yang baik. Jadi, dia adalah pemain yang lengkap," ujar Ruud van Nistelrooy.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedEvertonPSV EindhovenTransfer PemainErik ten Hag

Berita Terkini