x

Bedah Kualitas Jean-Clair Todibo, The Next Thuram Pengganti Maguire di Manchester United

Rabu, 2 Agustus 2023 14:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengenal lebih dekat Jean-Clair Todibo, pemain yang tengah dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United. Foto: REUTERS/Stefan Wermuth.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Jean-Clair Todibo, pemain yang tengah dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Bukan nama baru, bek asal Prancis ini sudah pernah diincar Setan Merah beberapa waktu lalu untuk menambah kekuatan tim di lini belakang.

Namun sekarang namanya kembali bergaung di pemberitaan rumor transfer Manchester United seiring performa sektor pertahanan Setan Merah yang bermasalah.

Bahkan, belum lama ini Andre Onana dan Harry Maguire sempat terlibat gesekan karena bek Inggris tersebut melakukan blunder.

Menyusul situasi inilah, Manchester United kabarnya ingin mendatangkan bek tengah baru, terutama apabila nanti Harry Maguire pergi.

Baca Juga

Seperti diketahui, Harry Maguire saat ini sedang melalui masa sulit di Manchester United. Ia dicopot sebagai kapten dan dikaitkan dengan pintu keluar klub.

Belum lagi, terus-terusan mendapat caci maki dari publik maupun suporter sendiri yang sudah muak dengan keberadaannya.

Jean-Clair Todibo pun diharapkan bisa menutup lubang yang ditinggalkan Harry Maguire jika sang mantan kapten benar-benar angkat kaki.

Ia merupakan mantan bek tengah Barcelona yang sekarang bermain untuk klub Ligue 1, OGC Nice.

Baca Juga

Berasal dari Prancis, pemain yang satu ini sempat digadang-gadang sebagai the next Lilian Thuram, mantan bek Les Bleus juara Euro dan Piala Dunia.

Meski pada kenyataannya Jean-Clair Todibo belum banyak berprestasi dengan Timnas Prancis, ia bisa mencetak kisah lain yang lebih manis bersama Manchester United.

Ia punya peluang menjadi penerus Harry Maguire karena pososi natural-nya sebagai bek tengah, tapi di sisi lain juga memiliki kemampuan serbabisa.

Pemuda kelahiran Cayenne berusia 23 tahun ini pun bisa dimainkan sebagai gelandang tengah dengan sama baiknya.

Baca Juga

1. Mengintip Kehebatan Jean-Clair Todibo

Mengenal lebih dekat Jean-Clair Todibo, pemain yang tengah dikaitkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United. Foto: REUTERS/Stefan Wermuth.

Namun jika bicara soal skill, Jean-Clair Todibo adalah pemain progresif yang memiliki peran penting saat tim sedang membangun build-up dari belakang.

Dalam setahun terakhir, ia mencatatkan 4,80 progressive passes per 90 menit berdasarkan catatan FBref, dan seorang pemain yang tahan banting.

Ia mampu menangani tekanan dengan baik dan menemukan kenyamanan saat membawa bola keluar dari lini pertahanan.

Namun tentu saja, kualitas Jean-Clair Todibo tidak berhenti pada kecenderungannya sebagai pemain progresif dan kemampuannya membawa bola.

Pemain bernama lengkap Jean-Clair Dimitri Roger Todibo ini juga seorang ahli tekel yang mencatatkan rata-rata 2,38 tackles per 90 menit.

Baca Juga

Tidak ketinggalan, ia seorang bek 1v1 yang nyaman saat bertahan, dengan catatan lumayan impresif - 3,45 clearances dan 1,29 blocks per 90 menit.

Jika merapat ke Manchester United, Jean-Clair Todibo nantinya bisa menjadi suksesor tidak hanya Harry Maguire, tetapi juga Raphael Varane.

Peluangnya menyabet posisi dua bek senior Setan Merah itu pun terbuka cukup lebar, mengingat Harry Maguire tengah melempem sedangkan Raphael Varane rawan cedera.

Jean-Clair Todibo merupakan calon rekrutan yang sangat potensial baik untuk Manchester United maupun klub-klub lain yang meminati jasanya.

Walau punya beberapa kelemahan termasuk saat duel udara, hal-hal semacam itu masih bisa diatasi dengan latihan dan mengumpulkan jam terbang.

Apalagi dengan tangan dingin Erik ten Hag, mengeluarkan potensi terbaik Jean-Clair Todibo bukanlah misi mustahil.

Baca Juga

Saat ini, Jean-Clair Todibo memiliki nilai pasar 30 juta euro atau sekitar Rp500,5 miliar - harga yang cukup valuable untuk pemain muda berusia 23 tahun sepertinya.

Jean-Clair Todibo mengawali kerier sepak bola dari sebuah klub bernama Les Lilas sebelum menimba ilmu ke Toulouse pada 2016.

Ia kemudian hengkang ke Barcelona pada 2019. Namun selama berada di klub raksasa Spanyol ini, ia sempat dipinjamkan ke Schalke 04, Benfica, dan Nice.

Nice kemudian mempermanenkannya pada 2021. Selama bermain di Liga Prancis, Jean-Clair Todibo pernah mencatatkan kartu merah tercepat sepanjang sejarah Ligue 1.

Sementara itu, untuk sepak terjangnya bersama Timnas Prancis, pemain yang satu ini tercatat sebagai bagian tim U-20.

Pada Maret 2023, ia mendapat panggilan pertama ke tim senior untuk ajang kualifikasi Euro 2024 menghadapi Belanda dan Irlandia. 

Baca Juga
Bursa TransferLiga InggrisHarry MaguireJean-Clair TodiboBerita TransferIndepth

Berita Terkini