x

Putuskan Pensiun, Eks Kiper Juventus Gianluigi Buffon Ditawari Gabung FIGC

Rabu, 2 Agustus 2023 09:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, memutuskan pensiun. Mantan kiper Juventus dan PSG ini juga mendapat tawaran dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Filippo Alfero - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images

INDOSPORT.COM - Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, memutuskan pensiun. Mantan kiper Juventus dan PSG ini juga mendapat tawaran menggiurkan dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Dikonfirmasi oleh pakar bursa transfer Fabrizio Romano, Buffon yang saat ini berusia 45 tahun akan meninggalkan karier sepak bolanya yang sudah dijalani 30 tahun terakhir.

Baca Juga

Parma merupakan klub terakhir yang dibela Buffon sampai musim lalu. Klub Liga Italia ini juga merupakan klub pertama yang diperkuat Buffon antara 1995 hingga 2001 silam.

Breaking: kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional  itu akan resmi di hari berikutnya Buffon, 45 tahun, bermain untuk Parma musim lalu. Salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah permainan sekarang akan pensiun,” tulis Fabrizio Romano.

Buffon awalnya berencana bermain sampai Piala Dunia 2026. Dirinya bahkan berencana merampungkan kontraknya di Parma yang akan berakhir musim panas 2024 mendatang.

Sayang sekali, rencana tersebut hanyalah angan-angan. Fisik Buffon tidak sekuat dulu karena kerap dihantam berbagai cedera sehingga membuat Buffon berpikir ulang soal masa depannya.

Baca Juga

Agen Buffon dilaporkan juga menemui perwakilan Parma untuk membahas pemutusan kontrak yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.

Sementara itu, melansir dari Get Football News Italy, mantan kiper Juventus, AC Milan, dan PSG tersebut pun tampaknya tidak akan menganggur terlalu lama karena pekerjaan baru menantinya.

Disebutkan oleh media tersebut bahwa Buffon mendapatkan beberapa tawaran di luar lapangan setelah dirinya pensiun. Salah satunya bertahan di Parma dengan jabatan di manajemen.

Namun tawaran paling menarik datang dari Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), di mana Buffon diminta mengisi jabatan Chief of Delegation Timnas Italia.

Baca Juga

1. Menengok Karier Hebat Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (Inter Milan).

Jabatan ini awalnya dipegang oleh Gianluca Vialli namun sekarang kosong sejak Vialli meninggal dunia pada 6 Januari  2023 kemarin.

Presiden FIGC meyakini bahwa Buffon adalah sosok yang tepat menjalani peran tersebut, namun masih memberi waktu sang kiper untuk mempertimbangkan tawaran ini.

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, Buffon sejatinya sempat mendapatkan tawaran fantastis dari Arab Saudi yang tengah gencar merekrut bintang-bintang yang bermain di Eropa.

Buffon sendiri menorehkan berbagai prestasi gemilang dalam kariernya, termasuk membawa Timnas Italia memenangi Piala Dunia 2006.

Selain itu, eks kiper AC Milan itu juga merupakan pemain yang mengoleksi jumlah penampilan terbanyak di kompetisi tertinggi Liga Italia.

Gianluigi Buffon telah mencatatkan 1.151 penampilan kompetitif yang sudah termasuk gabungan dari klub dan negara.

Baca Juga

Walaupun ia adalah sosok legenda, Gianluigi Buffon ternyata pernah punya suatu penyesalan untuk pulang ke Juventus kala dirinya membela Paris Saint-Germain (PSG).

Gianluigi Buffon blak-blakan pernah mengakui bahwa dirinya menyesal sudah meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG).

Gianluigi Buffon sebelumnya pernah memperkuat Paris Saint-Germain kurang lebih semusim pada 2018/2019 lalu dengan mencatatkan 25 penampilan.

Eks kiper Juventus itu berlabuh dengan status bebas transfer dari Si Nyonya Tua kala usianya sudah menginjak 40 tahun. 

Baca Juga
JuventusGianluigi BuffonFIGCParmaLiga Italia

Berita Terkini