x

Pochettino Takut Ulangi Kegagalan Chelsea-nya Graham Potter Gara-gara Boehly

Rabu, 2 Agustus 2023 15:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, semakin deg-degan menjelang Liga Inggris 2023/2024 karena dia khawatir mengulangi kesalahan yang sama dengan Graham Potter. (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOSPORT.COM - Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino, semakin deg-degan menjelang Liga Inggris 2023/2024 karena dia khawatir mengulangi kesalahan yang sama dengan Graham Potter.

Melansir dari Daily Mail, kekhawatiran Pochettino tersebut tak lepas dari aktivitas bisnis The Blues pada bursa transfer musim panas di bawah Todd Boehly yang lebih banyak menjual pemain ketimbang merekrut yang baru.

Baca Juga

Padahal, kompetisi Liga Inggris  2023/2024 akan dimulai dua pekan lagi, dengan Chelsea akan melawan rival bebuyutan Liverpool pada 14 Agustus mendatang sebagai laga pembuka.

Kemenangan tentu saja menjadi harga mati di laga big match tersebut, sekaligus untuk menandai era Pochettino telah dimulai di Stamford Bridge.

Dengan mepetnya waktu jelang kompetisi, Chelsea rupanya masih bekerja keras memuaskan Pochettino dalam mendatangkan pemain yang diincar sang pelatih.

Pada bursa transfer musim panas ini, Chelsea baru mendatangkan lima pemain dari klub lain sedangkan sisanya hanya pemain yang promosi dari Chelsea B atau kembali dari pinjaman.

Baca Juga

Kelima pemain baru tersebut yakni Christopher Nkunku dari RB Leipzig, Nicolas Jackson dari Villarreal, Lesley Ugochukwu dari Rennes, Angelo dari Santos dan Diego Moreira dari Benfica.

Sementara gelombang penjualan pemain masih berlanjut sampai sekarang. Romelu Lukaku dan Hakim Ziyech digadang-gadang bakal menambah gerbong 16 pemain yang lebih dulu hengkang.

Kai Havertz, Mason Mount dan Mateo Kovacic termasuk yang dijual dengan biaya termahal, sementara Kalidou Koulibaly dan Christian Pulisic juga hengkang dengan nilai jual yang tinggi.

Adapun Conor Gallagher juga berpotensi bakal hengkang meskipun Pochettino mengakui dirinya sangat terkesan dengan permainan gelandang asal Inggris itu selama pramusim.

Baca Juga

1. Pochettino Ingin Datangkan Gelandang Baru

Mauricio Pochettino kala masih melatih Paris Saint-Germain (PSG). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Salah satu sektor yang belum dilengkapi Chelsea sampai sekarang yakni lini tengah. Disebutkan oleh Daily Mail, Pochettino ingin klubnya mendatangkan banyak gelandang.

Akan tetapi, Chelsea tidak bisa langsung mewujudkannya karena klub juga harus menjual pemain terlebih dulu agar mendapatkan suntikan dana pada bursa transfer.

Baca Juga

“Kami perlu menambahkan beberapa pemain di sana (lini tengah). Kami membutuhkan satu pemain yang punya pengalaman, itu rencananya,” ujar Pochettino.

“Kami sedang bekerja, klub sedang mengusahakannya. Saat ini kami sedang bekerja untuk memperkuat area itu (tengah) dan area lainnya juga. Para pemain yang ada di sini di tur pramusim adalah rencana kami,” tambahnya.

Kekhawatiran Pochettino dengan keseimbangan pemain yang dijual dan pemain yang didatangkan Chelsea sejatinya tak lepas dari kesalahan pelatih terdahulu, yakni Graham Potter.

Graham Potter melakukan hal serupa pada musim panas 2023. Kala itu, Potter membuang sejumlah pemain inti seperti Marcos Alonso, Antonio Rudiger, hingga Timor Werner.

Baca Juga

Potter kemudian merekrut sejumlah pemain baru seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Kalidou Koulibaly hingga Wesley Fofana tetapi performa Chelsea malah merosot.

Potter akhirnya dipecat Chelsea pada April 2023. Posisinya kemudian digantikan oleh Frank Lampard yang gagal mendongkrak performa tim hingga finis ke-12 di klasemen  Liga Inggris musim lalu.

Bisa dipahami. Jika Chelsea gagal mendatangkan pemain incaran Pochettino karena kurangnya dana bisa mempengaruhi rencana Pochettino bersaing pada musim 2023-2024.

Ujung-ujungnya, Mauricio Pochettino akan bernasib seperti Graham Potter, yakni dipecat dari kursi kepelatihan dengan alasan performa meski sebenarnya masalah ini berakar dari kebijakan transfer Chelsea.

Baca Juga
ChelseaMauricio PochettinoLiga InggrisGraham Potter

Berita Terkini