x

Deretan Fakta Mengerikan Usai Juventus Bantai Real Madrid di Laga Pramusim

Kamis, 3 Agustus 2023 12:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Dusan Vlahovic merayakan gol pertama Juventus dengan Federico Chiesa REUTERS-Massimo Pinca

INDOSPORT.COM - Pertandingan uji coba pramusim baru saja menyajikan duel dua raksasa Eropa yaitu Juventus vs Real Madrid pada Kamis (03/08/23) pagi WIB.

Duel sengit bertajuk Soccer Championship Tour 2023 yang dihelat di Camping World Stadium, Florida, Amerika Serikat sukses dimenangkan oleh Juventus.

Klub raksasa Liga Italia (Serie A) tersebut sukses mendulang kemenangan telak 3-1 atas Real Madrid berkat gol dari Moise Kean (1'), Timothy Weah (20') dan Dusan Vlahovic (90+5).

Kemudian gol tunggal dari Real Madrid ke gawang Si Nyonya Tua diciptakan oleh Vinicius Junior pada menit ke-38.

Meski kalah, Los Blancos mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan unggul 63 persen penguasaan bola. Namun mereka banyak membuang peluang.

Baca Juga

Moise Kean menjadi pemain Juventus pertama yang mencatatkan namanya di papan skor meski laga baru berjalan satu menit.

20 menit kemudian, pemain Amerika Serikat Timothy Weah menggandakan keunggulan Juventus setelah mendapatkan umpan matang dari Weston McKennie.

Pada babak kedua, Juventus melakukan rotasi beberapa pemain termasuk mengganti Moise Kean dengan Arkadiusz Milik dan Alex Sandro diganti Federico Gatti.

Hingga menit ke-58, Real Madrid masih mendominasi serangan. Bahkan sebanyak 28 tembakan sudah dihasilkan namun tidak ada yang berbuah gol kedua.

Hingga menit ke-90 belum ada tambahan tercipta. Namun keajaiban terjadi di injury time, Dusan Vlahovic mencetak gol dari jarak dekat membuat Juventus makin unggul lawan Madrid.

Baca Juga

Gol Vlahovic tersebut sekaligus menutup babak kedua dan memastikan Juventus sukses mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-1.

Setelah laga Juventus vs Real Madrid selesai, INDOSPORT telah menemukan beberapa fakta mengejutkan. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

1. Man of the Match Orang Amerika Serikat

Weston McKennie, pemain Juventus. Foto: REUTERS/Alberto Lingria

Ada fakta mengejutkan dalam pertandingan Juventus vs Real Madrid di Camping World Stadium, Florida, Amerika Serikat.

Bermain di tanah Amerika Serikat membuat Weston McKennie sukses menampilkan permainan menawan. Ia sukses terpilih sebagai man of the match laga Juventus vs Real Madrid.

Dipercaya main sejak menit awal oleh Massimiliano Allegri, sang gelandang sukses tampil memukau. Dilansir dari Sofascore, Weston McKennie mendapat rating tertinggi yakni 7,5.

Tidak hanya itu, Trans7 sebagai televisi nasional yang menyiarkan pertandingan dua raksasa Eropa itu juga memilih Weston McKennie sebagai man of the match.

"Emang harus orang Amerika kayaknya yang jadi Man of the Match penutup turnamen pramusim yang US based ini," tulis Twitter Trans7.

Baca Juga

"Dengan kemenangan Juve, usai sudah gelaran #SoccerChampionsTour 2023!!," imbuhnya.

Dalam laga Juventus vs Real Madrid, Weston McKennie mampu tampil apik di lini tengah. Ia sukses mencetak assist saat Tomothy Weah mencetak gol kedua di menit ke-20.

Penampilan apiknya membuat Juventus sepertinya mengurungkan niat untuk menjual Weston McKennie di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Weston McKennie sebelumnya sempat dirumorkan tidak masuk ke dalam proyek untuk musim 2023-2024. Pada pertengahan musim lalu, ia sempat dipinjamkan ke Leeds United.

Formasi 'Berlian' 4-4-2 Real Madrid

Klub raksasa Liga Spanyol (La Liga), Real Madrid memanfaatkan laga pramusim untuk mengasah formasi baru yakni "berlian" 4-4-2.

Hasilnya, pelatih Real Madrid yaitu Carlo Ancelotti mengakui masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki sebelum musim 2023-2024 dimulai.

Los Blancos tercatat sudah memainkan empat laga uji coba pramusim. Mereka meraih kemenangan atas AC Milan dan Manchester United, kemudian kalah dari Barcelona dan Juventus.

Memang dalam laga pramusim kali ini Ancelotti ingin menguji formasi baru berlian 4-4-2. Mereka harus melakukan penyesuaian setelah kepergian Karim Benzema ke Liga Arab Saudi.

Kemudian ada pemain baru di bursa transfer musim panas 2023 yaitu Jude Bellingham yang didatangkan dari Borussia Dortmund.

Musim-musim sebelumnya, Real Madrid bermain dengan formasi 4-3-3 karena mereka memiliki Karim Benzema sebagai penyerang tengah.

Juventus Semakin Menakutkan

Berhasil membekuk dua raksasa yaitu Real Madrid dan AC Milan di ajang turnamen pramusim membuat Juventus menjadi calon kuat juara Liga Italia 2023-2024.

Juventus mengawali pramusim dengan mengalahkan AC Milan via adu penalti 4-3 setelah imbang 2-2 pada waktu normal. Taktik 3-5-2 yang diterapkan Allegri tampak ampuh meredam salah satu pesaing di Liga Italia.

Baca Juga

Allegri kembali memainkan pakem 3-5-2 saat laga melawan Real Madrid Kean kali ini dipercaya mengisi lini depan bersama dengan Federico Chiesa.

Di tengah, Weah dijadikan wing-back. Lalu, Fabio Miretti dan Weston McKennie menemani Manuel Locatelli.

Tidak banyak perubahan yang dilakukan Juventus dari susunan pemain pada musim 2022-2023 lalu. Juventus juga belum terlalu aktif mendatangkan penggawa baru pada jendela bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga
Real MadridJuventusDusan VlahovicVinicius JuniorWeston McKennie

Berita Terkini