x

Perbedaan Taktik Luis Milla dan Bojan Hodak yang Buat Bali United Susah Cetak Gol ke Gawang Persib

Jumat, 4 Agustus 2023 10:24 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pemain Persib dan Bali United saling bersalaman sebelum kick-off laga pekan keenam Liga 1 2023/2024 di stadion GBLA, Kamis (03/08/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memuji cara bertahan yang dilakukan Persib Bandung. Nick Kuipers tampil lugas dan Alberto Rodriguez bisa menjawab kritik dalam performanya di Liga 1 2023-2024.

Bali United sebenarnya mengincar tiga poin dalam lawatan ke Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (03/08/23). Mereka sangat percaya diri karena tak pernah kalah dari Persib sejak Liga 1 digulirkan pada 2017.

Baca Juga

Namun pada akhirnya Bali United harus puas dengan raihan satu poin. Satu blunder Edo Febriansyah yang dimanfaatkan M Rahmat masih bisa digagalkan kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Beberapa upaya serangan lain juga sukses dipatahkan duet Nick Kuipers dengan Alberto Rodriguez. Bagi Alberto, performa menawan melawan Bali United juga menjadi jawaban atas kritik suporter.

Baca Juga

Bek asal Spanyol itu cukup dingin ketika menjaga Jefferson Assis. Performa Alberto dan Nick juga turut didukung I Putu Gede Juniantara, Edo Febriansyah serta dua petarung sektor tengah, Dedi Kusnandar dan Marc Klok.

Teco menilai timnya sudah melakukan upaya sesuai rencana. Timnya lebih bermain terbuka pada babak pertama untuk mengincar gol pembuka.

Baca Juga

"Kita kerja keras buat cetak gol, tapi pertahanan Persib juga bagus. Saya lihat semangat dari pemain Persib luar biasa. Mereka kerja keras," kata Teco, Jumat (04/08/23).

Teco melihat Persib bersama Bojan Hodak punya strategi baru, khususnya di lini belakang. Perubahan itu terbukti membuat Bali United kesulitan mendapatkan gol.

Baca Juga

"Taktik ada perbedaan. Saat dipegang Luis Milla lebih tiga center back. Persib bersama pelatih baru, Bojan, main empat di belakang," jelas Teco.

Teco menyebut timnya sengaja bermain lebih bertahan pada babak kedua. Upaya mengejar gol tetap dilakukan dengan melancarkan beberapa serangan balik, lewat Privat Mbarga dan Irfan Jaya.

Baca Juga

"Mereka bermain di kandang, pasti akan lebih menyerang. Beberapa pergantian dari Persib juga semuanya lebih menyerang. Kita melakukan pergantian untuk lebih bertahan," jelas Teco.

Teco menilai hasil imbang ini cukup bagus buat Bali United. Mereka kini sudah mengoleksi 10 poin dari enam pertandingan.

Baca Juga

Bali United untuk sementara memimpin klasemen Liga 1 dengan 10 poin dan surplus dua gol, serta unggul head to head atas Madura United dan Dewa United.

"Kita di dalam kompetisi ada poin. Saya pikir satu poin ini penting buat kita," ucap Teco.

Baca Juga

Ditambahkan bek Bali United, I Kadek Arel Priyatna, partai melawan Persib berjalan seru. Ada duel ketat, baik di kotak pertahanan Persib maupun Bali United.

"Tentu ini bukan target kita, karena target kita menang, tapi kita harus bersyukur juga pada Tuhan, karena kita bisa menahan Persib di kandangnya," tegas Kadek Arel.

Baca Juga

Hasil imbang 0-0 ini menjadi clean sheet pertama bagi Persib Bandung dan Bali United. Dalam lima partai sebelumnya, Persib kebobolan 11 gol dan Bali United kebobolan 7 gol.

Bagi Bali United, hasil imbang ini memperpanjang rekor bagus atas Persib. Dalam 11 pertemuan di Liga 1, Bali United menang lima kali dan imbang enam kali.

Baca Juga

Setelah ini, Bali United akan menghadapi Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (7/8/23).

Laga ini bakal menjadi momen pertama Bali United didukung langsung North Side Boys (NSB) 12 di partai kandang Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
Persib BandungBali United FCStefano Cugurra TecoLiga 1Alberto Rodriguez Martin

Berita Terkini