x

Peter Schmeichel Ungkap Cara Kembangkan Timnas Indonesia dan Puji Erick Thohir

Sabtu, 5 Agustus 2023 18:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Legenda penjaga gawang Manchester United, Peter Schmeichel turut angkat suara mengenai perkembangan sepak bola Asia khususnya Tim Nasional Indonesia.

INDOSPORT.COM - Legenda penjaga gawang Manchester United, Peter Schmeichel turut angkat suara mengenai perkembangan sepak bola Asia khususnya Tim Nasional Indonesia.

Berbicara mengenai sepak bola Indonesia memang seperti tidak habisnya. Rasa cinta masyarakat Indonesia akan sepak bola Indonesia tentu sangat besar.

Baca Juga

Namun bila bicara prestasi khususnya Timnas Indonesia seakan jauh dari harapan. Suporter Indonesia seakan sudah sangat lapar akan prestasi yang diberikan oleh Timnas Indonesia.

Padahal bila berbicara mengenai bakat maupun talenta Indonesia dengan jumlah populasi sebanyak 250 juta jiwa tentu seharusnya Indonesia tidak akan kehabisan.

Namun pada kenyataan seakan sangat sulit untuk membentuk Timnas Indonesia untuk tumbuh besar. Terkait hal ini pun coba disinggung terhadap legenda penjaga gawang Manchester United, Peter Schmeichel.

Baca Juga

Dengan segudang pengalamannya baik di level klub maupun bersama Timnas Denmark, tentu Schmeichel memiliki satu solusi akan hal ini.

Namun saat disinggung akan mengenai tips untuk membangun Timnas Indonesia lebih baik, Peter Schmeichel masih belum menemui jawabannya.

"Jika saya tahu itu, saya akan menjadi pelatih negara anda,” buka Schmeichel saat wawancara khusus bersama awak media termasuk INDOSPORT yang digagas oleh Vidio.

”Pertanyaan ini juga ada ketika dulu saya datang ke sini. Pasti ada alasan kenapa jumlah pemain kelas atas dari Asia jumlahnya sedikit, di Premier League misalnya. Saya tidak tahu apa alasannya, apakah kekurangan dukungan atau kesempatan,” beber Schmeichel.

Baca Juga

1. Puji PSSI di Bawah Erick Thohir

Vidio kegiatan round table interview bersama kiper legendaris Manchester United, Peter Schmeichel.

Namun meski belum mengetahui satu cara pasti, Schmeichel mencoba memberikan satu contoh yang dilakukan oleh Timnas Denmark. Di mana kala itu Timnas Denmark yang tidak memiliki prestasi mencoba mendatangkan pelatih hebat yang memang Irak memiliki kepentingan apapun dan memiliki ketegasan.

“Lihat contoh dari tim nasional Denmark misalnya, ketika kita tidak bisa memenuhi syarat untuk kompetisi internasional mana pun, kami menyewa pelatih dari Jerman,”kata Schmeichel.

Baca Juga

“Waktu itu, sosok yang sangat ketat. Dia adalah sosok yang tak kenal kompromi baik itu dengan federasi, politisi dan bersikeras dengan caranya,” tambah dia.

Dengan mendatangkan elatih yang keras dan tegas, Peter Schmeichel pun menilai apa yang dilakukan Timnas Denmark berhasil. Di mana tim berjuluk The Dinamit ini berhasil tembus kejuaraan Eropa.

“Dan hasilnya, 5 tahun kemudian kita berhasil tembus ke European Championship. Jadi itu bisa dilakukan oleh Timnas Indonesia.”

Baca Juga

“Saya melewati ini, membuat kami percaya diri. Itu di era ketika saya tumbuh besar, jadi saya paham kondisi itu. Saya jadi punya seseorang dari negara saya sendiri yang bisa jadi inspirasi, dulu saya harus melihat ke Inggris untuk melihat inspirasi,” tambah Schmeichel.

Namun Peter Schmeichel sejatinya saat ini sudah melihat perkembangan yang bagus di federasi sepak bola Indonesia (PSSI). Khususnya di bawah komando Erick Thohir yang di mana sudah melakukan perubahan untuk Timnas Indonesia.

“Insipirasi selalu bagus, sekarang ketua PSSI (Erick Thohir) mu cukup bagus sudah melakukan perubahan dalam waktu singkat, mungkin itu dimulai dari dia dengan ide yang bagus dan diikuti oleh yang lain,” tukas dia

PSSIErick ThohirPeter SchmeichelTimnas IndonesiaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini