x

Sekilas Klaksvik, Klub Antah-berantah Calon Debutan Fase Grup Liga Champions

Sabtu, 5 Agustus 2023 16:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mengenal Klaksvik, klub calon debutan fase grup Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Klaksvik, satu kata yang mungkin tidak cukup familier di telinga publik sepak bola dunia, terutama mereka para penggemar Liga Champions (Champions League).

Ini adalah secuail kisah Klaksvik, klub asal Kepulauan Faroe yang akan tampil di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Tiket tersebut mereka pastikan setelah menekuk BK Hacken lewat babak adu penalti dramatis tempo hari.

Kemenangan Klaksvik atas BK Hacken pun mengantarkan mereka ke kualifikasi tahap ketiga Liga Champions - dan setidaknya satu tempat di fase grup Conference League.

“Benar-benar terharu,” demikian bunyi ungkapan bahagia klub melalui platform X yang dulu dikenal sebagai Twitter.

“Sungguh tim, klub, dan kota yang luar biasa. Cerita yang luar biasa. Benar-benar dukungan [banyak orang] yang luar biasa,” tulis mereka lagi.

Baca Juga

Bagi sebagian atau mungkin banyak orang, Klaksvik adalah tim antah-berantah yang tidak dikenali eksistensinya di kompetisi-kompetisi Eropa.

Akan tetapi, exposure dan pemberitaan terkait mereka dalam beberapa waktu terakhir perlahan telah menimbulkan rasa penasaran publik. Siapa sebenarnya Klaksvik?

Klaksvik alias Klaksvikar Itrottarfelag merupakan klub yang berbasis di Klaksvik, kota terbesar kedua di Kepulauan Faroe setelah Torshavn.

Baca Juga

Tidak seperti London, Roma, Madrid, Milan, dan kota-kota Eropa lainnya tempat klub-klub top Benua Biru bersandar, Klaksvik hanya berpopulasi sekitar 5 ribu penduduk.

Mereka tinggal berdampingan dengan pemandangan alam berupa lembah kecil yang berada di antara dua fjord di Pulau Bordoy.

Dalam ilmu geografi, fjord merupakan bentukan alam mirip teluk yang biasanya memanjang jauh ke pedalaman, yang dihasilkan dari genangan laut di lembah glasial.

Baca Juga

1. Mimpi Besar di Liga Champions

Mengenal Klaksvik, klub calon debutan fase grup Liga Champions.

Mungkin tidak pernah terbesit di benak para penghuni kota ini, bahwa salah satu klub sepak bola mereka saat ini memiliki kans debut di fase grup Liga Champions.

Meski perjalanan mereka masih jauh, satu tempat di Conference League sudah meningkatkan derajat Klaksvik ke level yang lebih tinggi dan tentu saja patut dibanggakan.

Klaksvik didirikan pada tahun 1904 dan saat ini berstatus salah satu klub tersukses di Kepualauan Faroe.

Mereka baru saja menjuarai Faroe Island Premier League 2022 usai finis di puncak klasemen dengan raihan 77 poin.

Raihan gelar juara tersebut kemudian mengantarkan Klaksvik ke kualifikasi tahap pertama Liga Champions 2023/2024.

Lawan pertama mereka adalah wakil Hungaria, Ferencvaros. Dari dua leg yang dimainkan, Klaksvik memenangkan duel ini dengan kedudukan 3-0.

Baca Juga

Kemudian saat melawan BK Hacken di kualifikasi tahap kedua, Klaksvik harus bersusah payah usai bermain sama kuat 3-3 pada waktu normal.

Mereka kemudian menang adu penalti dan mengunci tiket ke kualifikasi tahap selanjutnya melawan wakil Swedia dan eks klub Zlatan Ibrahimovic, FK Molde.

Selama berdiri, Klaksvik sudah menjuarai 20 edisi Faroe Islands Premier League, yang teranyar pada 2022 lalu.

Lalu tidak ketinggalan pula, tampil sebagai runner-up di 13 edisi, yang teranyar pada 2016 dan 2017 silam.

Selain itu, mereka juga juara Faroe Islands Cup 6 kali dan menjadi finalis 10 kali - raihan yang tentu saja cukup layak sebagai calon debutan Liga Champions.

Baca Juga

Namun sepak terjang Klaksvik di Liga Champions tidak hanya sebatas musim 2023/2024. Sepanjang sejarah, mereka sudah pernah berburu tiket kompetisi ini sejak 1992/1993.

Saat itu, Klaksvik memulai langkah mereka dari fase preliminary dan sayangnya langsung keok saat itu juga.

Perjuangan mereka pun berlanjut ke beberapa edisi setelahnya, tapi biasanya hanya mentok hingga fase kualifikasi.

Musim 2022/2023 dan 2023/2024 menjadi raihan terbaik mereka sejauh ini, dengan menginjakkan kaki di kualifikasi ketiga.

Tentu patut dinanti akan seperti apa nasib Klaksvik sang calon debutan Liga Champions dari antah-berantah ini.

Apakah mereka bisa menciptakan sejarah besar bagi sepak bola Kepulauan Faroe, yang selama ini masih sering luput dari perhatian publik Eropa dan dunia?  

Baca Juga
Liga ChampionsIndepthKI Klaksvik

Berita Terkini