x

Termasuk Status Homegrown, Ini 5 Keuntungan Chelsea Rekrut Robert Sanchez

Sabtu, 5 Agustus 2023 06:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Chelsea akan segera meresmikan perekrutan kiper internasional Spanyol, Robert Sanchez, sebagai pembelian keenam mereka di bursa transfer kali ini. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

INDOSPORT.COM - Chelsea akan segera meresmikan perekrutan kiper internasional Spanyol, Robert Sanchez, sebagai pembelian keenam mereka di bursa transfer kali ini.

Menurut bocoran dari Fabrizio Romano, sang peain kini sudah menyelesaikan tes medis dan tinggal menantikan detil kecil untuk diselesaikan.

Belum diketahui kapan pengumuman resmi dari Chelsea untuk Sanchez akan dilakukan namun yang jelas tidak akan lama lagi.

Tidak hanya mendapatkan pemain top dengan kaliber Liga Inggris saja, diyakini Stamford Bridge pun juga sudah kedatangan sosok spesial dengan segala kelebihan berikut ini.

1. Harga Murah

The Athletic maupun Fabrizio Romano meyakini jika Chelsea tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendatangkan Robert Sanchez di bursa transfer musim panas 2023.

Baca Juga

Mereka hanya harus membayar 20 juta Poundsterling di muka untuk Brighton & Hove Albion yang bisa mendapatkan 5 juta lebih banyak bila sejumlah klausul terpenuhi nantinya.

Dewasa ini transfer ke sesama tim papan atas Liga Inggris jarang sekali yang melibatkan harga beli serendah itu sehingga London Biru diyakini telah mendapatkan bargain buy yang langka.

Baca Juga

2. Pesaing Berkualitas untuk Kepa

Kedatangan Sanchez dipastikan membuat posisi Kepa Arrizabalaga yang tadinya diprediksi akan dengan mudah masuk ke starting XI menjadi berbalik 180 derajat.

Keduanya pun sebenarnya sudah menjadi rival internal di timnas Spanyol dan persaingan itu akan berlanjut di level klub.

Chelsea sangat beruntung karena bisa memiliki dua stopper yang punya kualitas sebagai starter namun harus bersaing untuk satu posisi saja.

Baca Juga

1. 3. Pengisi Kuota Homegrown

Robert Sanchez. (Foto: Instagram@fcfutureballers)

Status homegrown yang dimiliki Robert Sanchez adalah bonus besar yang bisa didapatkan oleh Chelsea dalam transfer ini.

Setiap musimnya para klub Liga Inggris harus mendaftarkan skuad yang berisi maksimal 25 pemain yang delapan di antaranya wajib berlabel homegrown.

Status tersebut bisa didapatkan pemain dengan paspor negara manapun namun ia harus menghabiskan 36 bulan (boleh berturut-turut atau tidak) sebagai pemain sebuah klub Inggris maupun Wales sebelum usianya mencapai 21 tahun.

Sanchez meskipun warga negara Spanyol namun sudah membersamai Brighton sejak 2013 silam alias ketika usianya masih 15 tahun dan setelahnya belum pernah berkarier di luar Inggris karena hanya pernah dipinjamkan ke Forest Green Robers juga Rochdale.

4. Lemahkan Brighton

Selain memperkuat skuad mereka sendiri dengan mendatangkan Sanchez, Chelsea juga secara langsung membuat kualitas Brighton menurun.

Baca Juga

Meski dulunya hanya tim biasa, namun kini The Seaguls telah berevolusi menjadi kesebelasan kuda hitam yang dihormati di Liga Inggris.

Musim lalu Brighton bisa finis enam peringkat lebih tinggi ketimbang Chelsea. Duduk di posisi keenam klasemen akhir 2022/2023, tim asuhan Roberto De Zerbi itu berhak lolos ke kompetisi Eropa untuk kali pertama dalam sejarah mereka.

Baca Juga

5. Buka Jalan Kepa Pergi

Kedatangan Robert Sanchez bukan hanya membuat persaingan di pos kiper Chelsea jadi makin sehat namun juga membuka kemungkinan lain yang tidak kalah ideal yakni kepergian Kepa Arrizabalaga.

Sejak ditebus dengan mahar rekor dunia, 80 juta Euro, pada bursa transfer musim panas 2018 silam eks Atheltic Bilbao itu jarang bisa tampil benar-benar konsisten dan mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di posisinya.

Itulah kenapa Chelsea kemungkinan akan siap melepasnya pergi bila ada tawaran yang datang. Apalagi gaji Kepa termasuk sangat tinggi yakni sekitar 10 juta Euro per musim yang bisa membuat klub semakin mudah menghindari jerat financial fair play apabila ia pergi.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaLiga InggrisRobert Sanchez

Berita Terkini