x

Bedah Formasi Inter Milan Usai Kedatangan Samardzic, Sommer dan Folarin Balogun

Minggu, 6 Agustus 2023 15:16 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi para pemain Inter usai Sebastiano Esposito mencetak gol ke gawang Paris Saint-Germain pada laga persahabatan di Stadion Nasional Jepang, Tokyo, Jepang, Selasa (01/08/23). (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A),  Inter Milan bakal kedatangan tiga pemain baru, dua di antaranya hampir dipastikan resmi bergabung. Lantas seperti apa formasinya nanti?

Geliat transfer Inter Milan jelang bergulirnya kompetisi musim baru semakin agresif. Dana masuk dari penjualan Andre Onana ke Manchester United, coba dimanfaatkan untuk mendatangkan sejumlah nama anyar.

Terbaru gelandang milik Udinese, Lazar Samardzic yang akan segera merapat ke Giuseppe Meazza dalam waktu dekat ini. Kabar itu dikonfirmasi oleh pakar transfer pemain, Fabrizio Romano di media sosial Twitternya.

Nantinya, Lazar Samardicz akan menjadi bagian dari Inter Milan dengan kontrak berdurasi lima tahun atau berakhir pada 2028 mendatang.

Ia akan segera menjalani tes medis pada hari Senin atau Selasa mendatang. Inter juga menyerahkan gelandang tim Primavera mereka, Giovanni Fabbian dengan nilai total 25 juta euro.

Baca Juga

"Lazar Samardzic menuju Inter, dengan kesepakatan transfer sebesar 16 juta euro plus Fabbian untuk Udinese. Terdapat klausul pembelian kembali jika sang pemain dijual nanti," ujar Fabrizio.

Giatnya Inter Milan mengejar Samardzic tidak lepas dari kepergian Marcelo Brozovic ke Al Nassr, sehingga perlu pemain baru untuk menutupi lubang tersebut.

Baca Juga

Selain Samardzic, Inter Milan juga bakal segera kedatangan pemain baru lain kali ini mengisi sektor penjaga gawang menggantikan Andre Onana yakni Yann Sommer.

Nerazzurri memboyong Sommer dari Bayern Munchen dengan biaya hanya 6 juta euro. Penjaga gawang internasional Swiss tersebut akan terbang ke Italia akhir pekan ini untuk menjalani tes medis dan menandatangani kontrak.

Inter Milan membutuhkan kiper baru karena Onana hengkang dan mereka juga ditinggal pensiun oleh kiper senior, Samir Handanovic. 

Baca Juga
 

1. Kejar Pemain Depan

Pemain Inter Milan saat hadapi Juventus di Liga Italia

Manuver Inter Milan di bursa transfer musim panas tidak bakal berhenti sampai di situ. Mereka juga berupaya untuk mendatangkan penyerang baru sebelum jendela transfer ditutup.

Bomber muda milik Arsenal, Folarin Balogun jadi nama yang santer diprioritaskan oleh Inter Milan untuk digaet. La Beneamata dilaporkan sempat mencoba merekrut Folarin Balogun dari Arsenal. 

Namun tawaran perdana mereka pada saat itu ditolak tim asal London Utara itu karena nominalnya yang terlalu kecil.

Dilansir Fabrizio Romano, Inter Milan belum menyerah. Mereka akan mencoba untuk menawar lagi penyerang asal Amerika Serikat itu, dengan nominal lebih besar.

Ngototnya Inter mengejar tanda tangan Balogun karena pelatih Simone Inzaghi butuh penyerang tambahan di lini depan, menggantikan kepergian Romelu Lukaku.

Baca Juga

Sejatinya Inter sempat ingin merekrut Lukaku dengan mengubah statusnya dari pinjaman jadi permanen, hanya saja dalam proses negosiasi, sang pemain malah membuka diri juga terhadap klub lain yakni Juventus.

Notabenenya adalah rival Inter di Serie A. Alhasil, Nerazzuri menghentikan proses transfer yang sedang berjalan karena Lukaku juga tertarik gabung Juventus.

Baca Juga

Sehingga opsi mendatangkan Balogun lebih nyata. Kehadiran tiga pemain baru itu nantinya akan menambah kuat Inter Milan dalam mengarungi kompetisi musim depan.

Formasi Inter Milan Musim Depan

Samardzic akan melengkapi kekuatan lini tengah Inter Milan dengan skema formasi andalan Inzaghi yakni 3-5-2. Selain Samardzic, Inter juga sudah mengamankan Davide Frattesi dan Juan Cuadrado.

Samardzic bisa menempati posisi tengah berperan sebagai defensive midfielder bersama Hakan Calhanoglu, dan Nicola Barella. Tetapi adanya Frattesi juga jadi opsi Inzaghi jika ketiga pemain tersebut underperform.

Baca Juga

Ketiga gelandang bakal diimbangi oleh dua wing back. Di sektor kiri kemungkinan masih akan ditempati oleh Federico Dimarco, sedangkan di sektor kanan ada Denzel Dumfries. 

Kehadiran Cuadrado di Inter menambah opsi untuk kedalaman skuad, jika pemain utama absen. Sementara di lini pertahanan, kuartet Alessandro Bastoni, Francesco Acerbi dan Mateo Darmian sulit tergantikan.

Ketiga sudah padu dalam menjaga pertahanan Inter Milan. Mereka bakal beradaptasi dengan kiper baru, Yann Sommer, sebab tipe gaya bermainnya sedikit berbeda dengan Onana yang aktif mambantu bangun serangan dari bawah.

Hal itu dibuktikan dengan statistik Yann Sommer tercatat punya persentase penyelamatan sebanyak 74,2 persen per 90 menit, dan hanya membiarkan 1,3 gol saja bersarang ke gawangnya per 90 menit.

Beralih ke kemampuan menggunakan kaki atau sebagai pembangun serangan, Yann Sommer rata-rata melepaskan 8,42 operan per 90 menit dan membuat 3,12 operan sukses saja dengan akurasi operan sebesar 37,1 persen.
 
Nah di lini depan, satu tempat sudah pasti akan diisi oleh Lautaro Martinez. Pemain asal Argentina itu bakal sering berganti tandem, jika Balogun datang karena mereka juga sudah punya Marcus Thuram.

Marcus Thuram sendiri merupakan salah satu penyerang muda berbakat di sepak bola Eropa. Musim lalu ia tampil trengginas bersama Borussia Monchengladbach dengan membuat 16 gol dan 7 assist dari 32 penampilan di semua ajang.

Lalu Balogun juga tak kalah mentereng dengan mencatatkan 21 gol dari 37 pertandingan disertai dengan dua assist atas namanya

Jika dilihat dari catatannya, keduanya sama-sama tampil menjanjikan musim lalu dan membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang masa depan.

Simone Inzaghi pun bakal dibuat pusing memilih yang terbaik di antara yang bagus Marcus Thuram atau Falorin Balogun untuk jadi tandem Martinez musim depan di Inter Milan.

Formasi Inter Milan 3-5-2:

Yann Sommer; Mateo Darmian, Federico Acerbi, Alessandro Bastoni; Denzel Dumfies, Nicolo Barella, Lazar Samardzic/Davide Frattesi, Hakan Calhanoglu, Federico Dimarco; Lautaro Martinez, Marcus Thuram/Folarin Balogun.

Baca Juga
Inter MilanLiga Italia

Berita Terkini