x

Siapa Deivid Washington? Bocah Brasil Milik Santos yang Bakal Gabung Chelsea

Minggu, 6 Agustus 2023 06:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, terus mengoleksi pemain muda dengan dilaporkan akan menggaet bocah asal Brasil, Deivid Washington.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Chelsea, terus mengoleksi pemain muda dengan dilaporkan akan menggaet bocah asal Brasil, Deivid Washington.

Chelsea dilaporkan tengah menjajaki kemungkinan menggaet Deivid Washington dari klubnya, yakni Santos, di bursa transfer musim panas 2023 ini

Baca Juga

Dilaporkan oleh Fabrizio Romano, tim berjuluk The Blues itu bergerak cepat untuk mendatangkan pemain yang baru berusia 18 tahun tersebut.

Dalam laporannya, disebutkan bahwa Chelsea menawarkan mahar yang cukup fantastis, yakni 20 juta euro atau setara Rp334 miliar.

Tawaran masif untuk pemain yang masih remaja itu kabarnya akan diterima Santos, kendati mahar yang diminta sebelumnya adalah sekitar 30 juta euro (Rp501 miliar).

Karena telah disepakati, Chelsea pun bisa dipastikan selangkah lagi akan mendapatkan jasa Deivid Washington dari Santos di bursa transfer musim panas 2023 ini.

Baca Juga

Alih-alih membawanya ke tim utama, Fabrizio Romano menyebutkan bahwa Chelsea akan mengirim calon rekrutan barunya itu ke Strasbourg yang jadi klub kedua sang pemilik.

Deivid Washington sendiri adalah salah satu bintang muda yang tengah naik daun di Brasil. Ia lahir pada 5 Juni 2005 lalu di Itumbiara.

Kariernya bermula di Gremio sebelum akhirnya bergabung Santos pada usia 11 tahun. Hanya butuh waktu lima tahun, Washington mendapat kontrak profesional dengan klausul rilis 18,5 juta euro.

Baca Juga

Di awal kariernya yang belum genap 17 tahun, Washington mampu menjadi top skor kejuaraan U017 di Brasil dengan torehan 16 gol.

Bahkan di usia 17 tahun, ia sudah masuk tim Santos U-20 yang berlaga di Campeonato Paulista U-20 dengan mencetak total 17 gol pada tahun 2022.

Pada tahun 2023 ini, Deivid Washington masuk menjadi bagian utama Santos, dan membuat Chelsea merekrutnya. Lalu, bagaimana dengan kualitasnya di kancah profesional?

Baca Juga

1. Kualitas Deivid Washington

Penyerang muda Santos, Deivid Washington. (Foto: Instagram@deividwashington_)

Deivid Washington resmi masuk ke tim senior Santos usai tim U-20 nya tersingkir di semifinal Campeonato Paulista U-20 pada 2023 ini, di mana ia mencetak 3 gol dari 4 laga.

Di tim senior Santos, Washington mencatatkan debutnya pada 11 April 2023 lalu saat masuk sebagai pemain pengganti di Copa do Brasil kala menang 2-0 atas Botafogo.

Baca Juga

Debutnya itu pun dianugerahi kontrak berdurasi tiga tahun hingga 2026. Usai meneken kontrak baru, Washington mampu mencatatkan gol debutnya.

Ia mencetak gol debutnya bagi Santos di ajang Serie A Brasil pada 11 Mei 2023 dengan mencetak gol pembuka timnya saat menang 3-0 atas Bahia.

Sejak debutnya pada April 2023 lalu, Washington telah mencatatkan total 16 penampilan dan mencetak dua gol bagi tim utama Santos.

Dengan torehan yang tak cukup apik bagi penyerang tengah, mengapa Chelsea mau menebusnya dengan harga hingga Rp334 miliar dari Santos?

Baca Juga

Jawabannya adalah di potensi Washington. Ia merupakan tipikal penyerang yang sempurna dengan teknik mumpuni, sering terlibat dalam Build Up permainan dan kemampuan Finishing yang baik.

Di Serie A Brasil, ia hanya tampil sebagai starter lima kali dengan rataan menit bermain sebanyak 49 menit dengan torehan dua gol.

Jika dilihat dari angka, Washington mencetak gol sebanyak 0,2 gol per laga dan mencetak satu gol setiap 221 menit bermain dengan konversi tembakan berbuah gol sebesar 12 persen.

Lalu soal Build Up, Washington rata-rata punya akurasi operan 74 persen dan mampu melepaskan 0,3 umpan kunci per laga.

Selain itu, mampu memenangkan 3,4 duel per 90 menit dan mampu membuat rata-rata 1 dribel per 90 menit kala membela Santos.

Melihat catatannya, Washington punya potensi menjadi penyerng top masa depan. Tapi itu semua tergantung perlakuan yang diberikan Chelsea terhadap perkembangannya di usia yang masih muda ini.

Baca Juga
Bursa TransferChelseaIn Depth SportsTransfer PemainIndepth

Berita Terkini