x

3 Pilar Persis Dipanggil Timnas U-23, Leonardo Medina Bicara Opsi Lawan Persib

Senin, 7 Agustus 2023 17:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mendukung penuh pemanggilan tiga pilar tim oleh Timnas Indonesia U-23. Ramadhan Sananta dkk. lebih dahulu menjadi opsi melawan Persib Bandung, Selasa (08/08/23).

PSSI sempat mengumumkan daftar pemain yang dipanggil menuju Piala AFF U-23 2023. Dari deretan nama yang dipanggil, Shin Tae-yong menyertakan tiga pilar Persis Solo.

Baca Juga

Ketiganya adalah Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari dan Muhammad Kanu Helmiawan. Hanya saja, rilis itu kemudian dihapus oleh PSSI.

Belum diketahui alasan dari dihapusnya rilis 26 nama tersebut. Namun ada kemungkinan bahwa hal itu karena PSSI salah mencantumkan asal klub dari Haykal Alhafiz.

Baca Juga

Awalnya, Haykal tercantum berasal dari Persija Jakarta. Padahal, eks Persikab Bandung itu berstatus sebagai pilar PSIS Semarang. Kesalahan itu sempat dikritisi para netizen.

Namun, andaikata tiga nama dari Persis Solo dipanggil Timnas U-23, tim kepelatihan Laskar Sambernyawa akan memberikan dukungan. Leo Medina mengatakan Sananta, Kanu dan Jauhari merupakan pemain berkualitas.

Baca Juga

"Kita punya tiga pemain yang dipanggil ke timnas. Ini adalah hal yang bagus sekali," kata Leo Medina, Senin (7/8/23) sore.

Namun begitu, sebelum ketiganya berangkat ke Jakarta, Persis Solo akan menjadikan mereka sebagai opsi melawan Persib Bandung pada laga pekan ketujuh Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

Partai yang akan berlangsung di Stadion Manahan ini sangat penting bagi Persis Solo. Leo Medina menegaskan keinginan timnya untuk mengunci tiga poin.

"Ya, besok (lawan Persib), mereka bisa main, tapi kita harus evaluasi, sama seperti yang sering kalian bilang, tentang evaluasi tim," tutur Leo Medina.

Baca Juga

1. Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-23

Duel antara striker Persis Solo, Ramadhan Sananta dengan kapten Borneo FC, Diego Michiels (kanan) pada laga pekan ketiga Liga 1 2023/2024 di stadion Manahan, Sabtu (15/07/23).

Piala AFF U-23 menjadi bagian dari persiapan menuju babak kualifikasi Piala Asia U-23. Indonesia yang tergabung di Grup K akan melawan Turkmenistan dan Chinese Taipei pada 6-12 September 2023 di Solo.

Leo Medina ingin ketiga anak asuhnya tampil maksimal bersama Timnas U-23. Ketiganya bukan saja menjadi kebanggaan Persis Solo, namun juga Indonesia.

"Mungkin mereka bisa main melawan Persib, dan setelah itu saya berharap mereka bisa menunjukkan bagaimana performa mereka di timnas. Saya mau mereka menjadi top player," jelas Leo Medina.

Bagi Sananta, Kanu dan Jauhari, pemanggilan ini mengulang momen di SEA Games 2023 lalu. Ketiganya sempat dipanggil untuk seleksi dan kemudian hanya Sananta serta Jauhari yang berangkat ke Kamboja.

Di Liga 1 2023-2024, Sananta, Kanu dan Jauhari merupakan langganan line up Persis Solo. Sananta yang sudah tampil enam laga sukses mencetak enam gol.

Sementara Jauhari dimainkan dalam lima pertandingan dan Kanu Helmiawan bermain tiga kali. Di Persis Solo, Kanu menjadi opsi untuk menambal lini belakang.

Kini, klub-klub Liga 1 masih menunggu rilis terbaru dari PSSI setelah rilis pertama dihapus. Ada kemungkinan terjadi pergantian nama, terutama pilar-pilar yang berstatus klub luar negeri, seperti Ivar Jenner dan Rafael Struick.
 

Persis SoloTimnas Indonesia U-23Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini