x

Bedah Formasi Skuat Pelapis Chelsea Usai Belanja Pemain Rp 4 Triliun: Era Baru The Blues!

Senin, 7 Agustus 2023 13:15 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi para pemain Chelsea usai Nicolas Jackson mencetak gol ke gawang Newcastle pada laga pramusin. (Foto: chelseafc)

INDOSPORT.COM – Dengan dana fantastis di bursa transfer musim panas ini, Chelsea bakal punya kedalaman skuat mematikan dan siap bersaing di tangga juara Liga Inggris 23/24.

Sepanjang bursa transfer musim panas 23/24, Chelsea jadi salah satu klub terboros di Liga Inggris dalam urusan belanja pemain.

Berdasarkan data Transfermarkt, diketahui bahwa The Blues sudah menghabiskan dana mencapai 253 juta euro atau setara dengan 4 triliun rupiah untuk menggaet enam bintang anyar.

Jumlah biaya transfer Chelsea musim panas ini hanya kalah dari Arsenal yang sudah menghabiskan dana 231 juta euro, sekaligus jadi klub terboros di Liga Inggris 23/24.

Dari total belanja tersebut, Christopher Nkunku jadi pembelian termahal Chelsea sejauh ini dengan harga 60 juta euro.

Baca Juga

Jika melihat dari rapor pertandingan pramusim, pengeluaran fantastis Chelsea tersebut terbilang cukup sebanding dengan performa The Blues.

Terbukti, Chelsea berhasil jadi kampiun Premier League Summer Season di Amerika Serikat usai raih dua kemenangan dan sekali seri.

Baca Juga

Bersama pelatih Mauricio Pochettino, tampaknya starting inti Chelsea musim depan akan alami sedikit perubahan seiring dengan hadirnya pemain baru.

Dengan formasi 4-2-3-1, nama Kepa Arrizabalaga masih akan jadi penjaga gawang utama The Blues. Kemudian ada kuartet pertahan yang berisi Marc Cucurella, Axel Disasi, Wesley Fofana serta Reece James.

Di lini tengah, duet Enzo Fernandez dan Conor Gallagher bakal jadi tumpuan buat mengalirkan bola. Kemudian trio Raheem Sterling, Christopher Nkunku serta Mykhaylo Mudryk sebagai gelandang serang untuk membantu Nicolas Jackson di ujung tombak.

Dengan aktivitas belanja besar-besaran musim panas ini, Chelsea punya skuat pelapis yang tak kalah mengerikan dengan starting utama.

Lantas seperti apa kekuatan skuat pelapis Chelsea musim depan? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT merangkum:

Baca Juga

1. Lini Belakang Tangguh

Thiago Silva berduel dengan Mark Noble di laga Chelsea vs West Ham (24/04/22). (Foto: Reuters/Peter Cziborra)

Masih dengan formasi 4-2-3-1 ala Mauricio Pochettino, empat pemain akan jadi tembok pertahanan Chelsea sepanjang musim depan.

Untuk posisi ini, Chelsea punya banyak sekali bek berkualitas dan bakal membuat Mauricio Pochettino pusing untuk memilih.

Namun jika melihat dari pengalaman serta jam terbang musim lalu, kuartet Ben Chilwell, Thiago Silva, Trevoh Chalobah dan Malo Gusto tampaknya bakal jadi pilihan pas buat tim pelapis.

Selain itu, Chelsea juga masih punya Benoit Badiashile, Levi Colwill serta Malang Sarr yang bisa jadi opsi.

Keempat pemain bertahan tersebut akan membantu kiper anyar Chelsea, Robert Sanchez di skuat pelapis The Blues.

Baca Juga

Kemudian di lini tengah, ketangguhan Andrey Santos sebagai gelandang bertahan bakal berduet dengan Cesare Casadei sebagai playmaker.

Sepanjang pramusim, baik Andrey Santos dan Cesare Casadei sama-sama tampil apik di posisi ini sehingga keduanya cocok jadi pelapis Enzo Fernandez serta Conor Gallagher.

Baca Juga

Namun jika Chelsea berhasil mendapatkan Moises Caicedo di sisa bursa transfer musim panas ini, maka sang gelandang bakal langsung mengisis pos utama lini tengah menggantikan Conor Gallagher.

Di depan gelandang tengah, bakal ada gelandang serang serta dua winger yang membantu goal getter dalam mencetak gol.

Pada posisi ini, Chelsea juga punya banyak pilihan setelah jor-joran di bursa transfer sejak musim dingin lalu.

Baca Juga

2. Bintang Muda The Blues Siap Bersinar

Armando Broja, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

Mulai dari barisan winger, untuk skuat pelapis nanti bakal diisi Noni Madueke serta pemain muda Ian Maatsen.

Khusus Ian Maatsen, meski posisi aslinya adalah winger namun sepanjang pramusim pemain 21 tahun tersebut cukup apik saat dipasang agak kedepan.

Bahkan saat menghadapi Wrexham, ia mampu mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 Chelsea.

Sedangkan Noni Madueke adalah salah satu winger muda Inggris yang telah bersinar saat memperkuat PSV Eindhoven.

Duet kedua winger tersebut bakal semakin komplit dengan kehadiran Carney Chukwuemeka di posisi advance playmaker.

Dalam tiga pertandingan pramusim terakhir, pemain 19 tahun tersebut selalu jadi pilihan utama Pochettino dan berhasil buktikan kualitasnya.

Pada posisi striker, Armando Broja yang sempat tampil apik saat dipinjamkan ke Southampton bakal jadi pelapis sempurna Nicolas Jackson.

Selain Armando Broja, ada juga Romelu Lukaku yang bisa jadi alternatif Chelsea buat lini depan jika mereka masih mempertahankan sang pemain.

Berikut Perkiraan Formasi Skuat Pelapis Chelsea Musim Depan:
(4-2-3-1):
Robert Sanchez; Ben Chilwell, Thiago Silva, Trevoh Chalobah, Malo Gusto; Andrey Santos, Cesare Casadei; Ian Maatsen, Carney Chukwuemeka, Noni Madueke; Armando Broja.

Bursa TransferChelseaLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini