x

Elkan Baggott Kesulitan Masuk Skuad Ipswich Town, Begini Respons dan Saran Indra Sjafri

Selasa, 8 Agustus 2023 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Elkan Baggott direkrut Cheltenham Town. (Foto: instagram@fcfutureballers)

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott tak masuk skuad Ipswich Town saat laga perdana EFL Championship 2023/2024 atau kasta kedua Liga Inggris melawan Sunderland di Stadium of Light pada Minggu (06/08/23) lalu.

Padahal, Elkan sempat dimainkan pada beberapa laga uji coba pramusim. Dia tampil apik, terutama saat bantu Ipswich Town kalahkan raksasa Liga Jerman, RB Leipzig dengan skor 1-0 di Innsbruck Cup 2023.

Baca Juga

Nasib Elkan masih abu-abu, apalagi sempat ada rencana dari tim pelatih untuk kembali meminjamkan bek jangkung itu, supaya dapat menit bermain yang cukup.

Sejak bergabung dengan Ipswich Town pada Januari 2021, Elkan Baggotttelah menjalani tiga kali masa pinjaman. Masing-masing ke King's Lynn Town pada 2021, Gillingham FC pada 2022, dan Chelthenham Town pada 2023.

Baca Juga

Menanggapi situasi Elkan Baggott, pelatih Timnas Indonesia U-24 yang juga direktur teknik PSSI, Indra Sjafri lantas angkat bicara.

Juru taktik 60 tahun itu menilai opsi pinjaman adalah pilihan terbaik bagi Elkan, apabila tak ada jaminan menit bermain yang cukup di Ipswich Town. 

Baca Juga

Pemain muda seperti Elkan yang baru 20 tahun dikatakan butuh pengalaman bertanding supaya menjadi lebih matang. 

Hal itu juga berlaku untuk beberapa pemain abroad Timnas Indonesia lainnya seperti Marselino Ferdinan (Belgia), Pratama Arhan (Jepang), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Rafael Struick (Belanda) hingga Ivar Jenner (Belanda). 

Baca Juga

“Saya nggak bisa ikut (campur) gimana suasana di sana (klub),” buka Indra Sjafri.

“Cuma yang penting untuk pemain timnas yang di luar, satu dia dapat jam terbang, kalau nggak dapat jam terbang di klub utama dia bermain, mungkin dengan pinjaman ke klub lain. Yang penting dia bermain, jangan dia sampai nggak bermain,” imbuhnya.

Baca Juga

“Itu poin pentingnya. Jadi misalnya dia dikontrak Barcelona tapi nggak main-main, lebih bagus nggak dikontrak Barcelona, ya kan? Kalau latihan doang mah nanti kita cari pelatih bagus untuk dia,” tambah pelatih asal Sumatera Barat itu.


1. 3 Klub Alternatif Bagi Elkan Baggott

Elkan Baggott dan Rizky Ridho di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Sementara itu, media asal Inggris, East Anglian Daily Times (EADT) yang kerap membahas Ipswich Town  secara khusus melaporkan ada tiga klub yang bisa jadi pelabuhan Elkan Baggott.

Jurnalis EADT, Alex Jones menyebut ada dua klub asal Inggris dan satu klub Skotlandia yang cocok jadi tim baru Elkan. Klub tersebut adalah Bradford City, Northampton Town dan St. Johnstone FC.

Elkan Baggott sejauh ini baru tiga kali bermain untuk Ipswich Town. Dua penampilan terjadi di League One atau kasta ketiga Liga Inggris pada musim 2021/2022.

Beberapa pemain senior yang diprediksi jadi saingan Elkan di tim utama Ipswich adalah Cameron Burgess, George Edmundson, Janoi Donacien dan Luke Woolfenden. Mereka  punya pengalaman jauh di atas bek skuad Garuda.

Dilansir dari website resmi Ipswich Town, Elkan masuk dalam 29 nama yang masuk ke tim utama, di mana ia akan menggunakan nomor punggung 26.

Timnas IndonesiaIpswich TownElkan Baggott

Berita Terkini