x

Erick Thohir: FIFA Setuju 4 Stadion Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023, JIS Salah Satunya?

Selasa, 8 Agustus 2023 04:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ketua Unum PSSI, Erick Thohir press conference update soal persiapan Piala Dunia U-17 di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (25/07/23). (Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengungkapkan bahwa FIFA telah menyetujui empat stadion menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

Saat ditemui selepas menghadiri peresmian Indonesia Arena, GBK, Senayan, Jakarta, Senin (07/08/23), Erick Thohir hanya memberi kisi-kisi terkait daerah dari stadion tersebut.

Baca Juga

Sebab, dirinya menuturkan bahwa yang berhak mengumumkan stadion mana yang layak menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 secara resmi ialah FIFA.

Sebelumnya, sebanyak 8 stadion telah diajukan PSSI kepada FIFA sebagai calon dari venue Piala Dunia U-17 2023 yang mulai dihelat pada 10 November mendatang.

Kedelapan stadion tersebut ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadiom Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Pakansari (Bogor), dan Stadion Jakabaring (Palembang).

FIFA sendiri sebelumnya sudah melakukan peninjauan ke empat stadion, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Manahan (Solo).

Oleh karenanya, kuat kemungkinan bawa keempat venue tersebut lah yang disetujui FIFA sebagai venue Piala Dunia U-17 2023.

“Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 dan tentu dana yang harus digelontorkan harus seefisien mungkin. Karena itu dari 8 stadion, sesuai hasil rapat dengan FIFA, kita sepakat empat stadion,” jelas Erick Thohir saat ditemui di kawasan Indonesia Arena, GBK, Senayan, Jakarta, Senin (07/08/23).

Dikatakan Erick Thohir bahwa alasan hanya empat stadion yang disepakati untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 ialah lantaran permasalahan logistik yang harus diperhitungkan.

“Karena itu ada kesepakatan dengan FIFA, tapi yang akan mengumumkan FIFA ya bukan saya, bahwa nanti untuk di Jakarta ada dua grup, lalu di Bandung di Si Jalak Harupat dua grup, di Surabaya satu grup dan Solo satu grup,” pungkas Erick Thohir.

Laga Pembuka di Jakarta

Lebih lanjut, Erick Thohir juga menuturkan bahwa PSSI mengusulkan untuk laga pembuka Piala Dunia U-17 2023 dilaksanakan di Jakarta.

“Kita juga mengusulkan tim nasional main di Jakarta, lalu pembukaan di Jakarta, semifinal dan final di Solo seperti yang U-20,” ujar Erick Thohir.

Dari kesepakatan tersebut, Erick Thohir mengatakan bahwa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menggelar rapat pada Rabu (09/08/23) besok.

Adapun yang bakal ikut hadir di dalam rapat tersebut diantaranya ialah Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Dito Aritedjo, Gurbenur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, dan Gurbenur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Tentunya, highlight utama yang bakal dibahas pada rapat tersebut ialah menyangkut persiapan kedatangan FIFA kembali yang dijadwalkan bakal tiba pada 26 Agustus mendatang.

Erick Thohir juga mengatakan bahwa menjelang kedatangan kedua FIFA ke Indonesia, Jakarta International Stadium (JIS) bakal dilakukan renovasi terutama di bagian akses keluar masuk.

Baca Juga

“Tadi pak Basuki cerita ke saya bahwa Jakpro DKI akan merenovasi di dalam Jakarta International Stadium (JIS), karena memang ini kan aset yang dimiliki DKI. Walaupun pemerintah pusat membantu loh aset itu, karena pembangunan itu dana PEN,” jelas Erick Thohir.

“Silakan cek, tetapi pemerintah pusat akan membantu yang di luar. Begitu kira-kira. Tapi keputusannya nanti Rabu, ini keceplosan saya,” tutup pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Baca Juga
FIFAPSSIPiala Dunia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini