x

Profil 2 Pemain Asing Persiba Balikpapan, Ada Jebolan Timnas Brasil

Selasa, 8 Agustus 2023 08:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Logo Persiba Balikpapan.

INDOSPORT.COM - Kontestan Liga 2 2023/24, Persiba Balikpapan telah melengkapi kuota pemain asing. Ada dua nama yang diperkenalkan pekan lalu, yang berasal Brasil dan Iran.

Pemain yang didatangkan berposisi sebagai striker dan gelandang bertahan itu sesuai kebutuhan tim pelatih Persiba Balikpapan.

Untuk posisi striker ditempati oleh Luiz Junior dari Brasil. Sedangkan gelandang dihuni oleh Ali Nouri dari Iran yang mengisi slot pemain Asia. 

"Another new goal getter from Brasil to Balikpapan, Luiz Junior," tulis Persiba saat perkenalkan striker asingnya. 

"A new chapter begins to a prince," tambah klub Beruang Madu ketika umumkan Ali Nouri. 

Baca Juga

Luiz Junior merupakan pemain berusia 33 tahun. Dia pernah bela Brasil U-17 di Piala Dunia U-17 2007 lalu. 

Striker bertinggi 181 cm ini sejatinya bukan nama baru di sepak bola Indonesia. Luis Junior sudah membela tiga klub di Tanah Air pada beberapa waktu lalu. 

Luiz pertama kali tiba di Indonesia pada 2016 lalu dan membela Barito Putera. Ia mainkan 12 pertandingan dengan catatan 11 gol.

Setelahnya, dia pindah ke Madura United pada Januari 2017. Tapi, tak lama setelahnya Luiz Junior dipinjam ke Persija Jakarta dan tampil dalam 15 laga dengan raihan tiga gol. 

Setelah dari Persija, jebolan Botafogo U-20 itu menyebrang ke klub Yordania, Al-Jazeera pada Agustus 2017.

Baca Juga

Selanjutnya Luiz Junior ke klub Oman, Mirbat Sports Club (2018), klub Mesir - El Mokawloon SC (2018), klub Malaysia - Sabah (2019), klub Singapura - Tanjong Pagar (2020), klub Salvador - CD Aguila (2022) dan klub Bangladesh - Fortis FC (2022). 

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Luiz bisa beraksi di striker tunggal, winger dan gelandang serang. Dia sudah mainkan 94 pertandingan dengan 36 gol dan delapan assist. 

Adapun kisaran harga pasar Luiz Junior saat ini adalah diangka Rp2,17 miliar. Itu tergolong murah untuk pemain asing. 

Sementara itu, Ali Nouri berusia 27 tahun. Dia mahir berperan sebagai bertahan, box to box dan gelandang serang. 

Selama karir profesionalnya, Ali bermain di Liga Oman, Azerbaijan, Irak dan Qatar. Tidak banyak catatan yang terekam, sehingga minim informasi soal eks Sabah FK itu. 

Baca Juga

Kedua pemain asing Persiba tersebut pun sudah tiba di Balikpapan. Luiz Junior dan Ali bahkan sudah terlihat ikut latihan bersama rekan baru. 

Musim ini, Persiba ditangani oleh pelatih lisensi AFC Pro yakni Nil Maizar. Dia adalah mantan juru taktik klub Liga 1, Dewa United. 

Target pertama yang diusung adalah bawa Persiba lolos ke babak 16 besar Liga 2 2023. Setelahnya, target dicanangkan secara bertahap dengan harapan tembus papan atas.  

Baca Juga
Persiba BalikpapanLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 2

Berita Terkini