x

4 Fakta Menarik Usai Barcelona Kandaskan Tottenham di Final Joan Gamper Trophy

Rabu, 9 Agustus 2023 04:07 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain depan Barcelona Ferran Torres merayakan dengan rekan setimnya usai mencetak gol pada babak kedua melawan Real Madrid di Stadion AT&T. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik hadir usai pertandingan final Joan Gamper Trophy antara Barcelona vs Tottenham Hotspur.

Duel seru tersaji di pertandingan uji coba pramusim dalam tajuk final Joan Gamper Trophy antara Barcelona vs Tottenham Hotspur di Stadion Camp Nou, pada Rabu (09/08/23) dinihari WIB.

Bermain di markasnya sendiri, Barcelona menang 4-2. Mereka unggul lebih dahulu melalui gol cepat Robert Lewandowksi di menit ke-3, melalui aksi sepakan voli jarak dekat.

Tottenham baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-24. Oliver Skipp menaklukkan Marc-Andre ter Stegen setelah mendapat bola muntah yang membentur mistar gawang.

Tim tamu berbalik unggul jadi di menit ke-36. Skor 1-2 mampu dipertahankan hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Barcelona berhasil menyamakan skor jadi 2-2 di menit ke-81.

Baca Juga

Ferran Torres mencetak gol tap-in di depan gawang Tottenham Hotspur, memaksimalkan umpan tarik Lamine Yamal. 

Jelang berakhirnya pertandingan, Blaugrana kembali memimpin lewat gol Ansu Fati menit ke-90 dan Abde Ezzalzouli di menit ke-90+3.

Baca Juga

Skor 4-2 bertahan hingga laga usai untuk kemenangan Barcelona. Usai pertandingan sejumlah fakta menarik pun hadir, apa saja itu?

Barcelona Pertegas Dominasi

Turnamen pramusim Joan Gamper Trophy sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1966 atau 57 tahun lalu. Barcelona jadi tim yang cukup dominan memenangkannya.

Sejauh ini mereka sudah mengoleki 46 gelar Joan Gamper Trophy, terbaru diraih usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor akhir 4-2. 

Selain itu, Barcelona juga tak terkalahkan dalam 11 turnamen terakhir artinya sejak tahun 2013, tim asal Catalan itu selalu memenangkannya. 

Baca Juga

1. Tim Lain yang Pernah Juara

Selebrasi pemain depan Barcelona Ferran Torres merayakan dengan rekan setimnya usai mencetak gol pada babak kedua melawan Real Madrid di Stadion AT&T. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

Sampdoria jadi tim lain terakhir yang pernah meraih gelar Joan Gamper Trophy ini pada tahun 2012 lalu. Kala itu mereka berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 1-0,

FC Koln dari Jerman jadi tim lain terbanyak yang pernah meraih trofi Joam Gamper dengan koleksi 2 gelar. Sisanya, tim lain hanya bisa meraih 1 trofi dan selebihnya didominasi oleh Barcelona.

Gol Cepat Lewandowski

Pertandingan turnamen Joan Gamper Trophy tahun 2023 ini diwarnai oleh gol cepat dari Robert Lewandowski di menit ke-3 melawan Tottenham Hotspur.

Pertahanan garis tinggi Tottenham sukses ditembus Raphinha, yang kemudian memberi umpan ke tiang jauh kepada Robert Lewandowski. Gol.

Gol itu juga merupakan salah satu gol tercepat dalam karier penyerang asal Polandia itu. Dalam ajang resmi, Lewandowski sudah beberapa kali melakukannya.

Baca Juga

Bahkan di antara gol tercepatnya, pernah ada yang masuk dalam buku rekor dunia, Guinness Book of Records saat ia masih bermain di Bayern Munchen.

Rekor itu adalah saat Lewandowksi membuat lima gol hanya dalam waktu kurang dari 1 menit yakni 59 detik ke gawang Wolfsburg, saat menang 5-1.

Baca Juga

Tak Ada Harry Kane

Pelatih Tottenham, Ange Postecoglou, tidak menyertakan Harry Kane ke dalam skuad buat hadapi Barcelona.

Absennya Kane terjadi di tengah negosiasi alot Bayern Munchen dengan pihak Spurs guna mengakuisisi dirinya pada bursa transfer musim panas ini.

Otomatis ketiadaan sang kapten timnas Inggris di partai tersebut dikaitkan dengan tanda-tanda hijrah ke Bundesliga.

Akan tetapi menurut laporan jurnalis kondang Sky Sports, Kaveh Solhekol, menghilangnya Kane  tak ada hubungannya dengan rencana pindah ke Jerman, karena Kane dinilai hanya diistirahatkan.

Baca Juga
BarcelonaTottenham HotspurTrofi Joan Gamper

Berita Terkini